uploads/article/2024/02/4-pekerjaan-yang-bisa-32830801ef2afd8.png

4 Pekerjaan yang Bisa Kamu Tekuni Apabila Memiliki Suara yang Bagus

Punya suara bagus tentunya menjadi harapan banyak orang. Karena, selain suara kita jadi enak didengar, dengan memiliki suara yang bagus pun dapat Sobat Gen manfaatkan sebagai peluang karir yang menjanjikan. Utamanya, kalau orang punya suara bagus, kita pasti akan menebak profesi mereka sebagai seorang penyanyi Padahal, penyanyi bukan satu-satunya profesi yang mengandalkan suara loh!

Selain menjadi penyanyi, nyatanya terdapat profesi lain yang dapat Sobat Gen tekuni apabila memiliki suara yang bagus. Karena, suara bagus nggak melulu tentang kemampuan bernyanyi. Salah satu faktor suara seseorang dikatakan bagus adalah karakter dari suara itu sendiri. Misalnya, suara berat seperti Bapak Tom Lembong, atau suara cempreng seperti Nycta Gina bisa dikatakan bagus karena karakter khasnya. 

Jadi, apa saja kah profesi yang bisa Sobat Gen tekuni apabila memiliki suara yang bagus dan khas?

BACA JUGA: Bukan Cuma Serak Basah, Berikut 4 Jenis Suara yang Wajib Kamu Ketahui!

1. Penyiar Radio

Salah satu profesi yang bisa Sobat Gen tekuni apabila memiliki suara bagus yang berkarakter dan khas adalah penyiar. radio Karena, salah satu daya tarik dari siaran radio adalah suara dari penyiarnya. Tentunya, karena kita nggak bisa melihat visual dari penyiar yang sedang siaran, tentunya suara menjadi satu-satunya hal yang dapat kita rasakan ketika mendengarkan radio.

Dengan demikian, tentunya untuk Sobat Gen yang memiliki suara yang bagus, khas, dan berkarakter. Menjadi seorang penyiar radio tentunya bisa Sobat Gen pertimbangkan sebagai jenjang karir ke depan. Tapi, selain harus memilliki suara yang bagus, Sobat Gen pun harus memilliki kemampuan berkomunikasi yang baik juga ya! Sehingga, obrolan dalam siaran yang dilakukan dapat membuat para pendengar merasa dillibatkan dalam siaran tersebut

2 Host Podcast

Menjadi host podcast kayaknya 11-12 dengan menjadi seorang penyiar radio. Mungkin perbedaanya host podcast memiliki jenis 'siaran' yang lebih bervariasi. Mulai dari cerita horor, pengalaman sehari-hari, sampai monolog kayaknya menjadi jenis-jenis podcast yang bisa Sobat Gen temukan diberbagai platform podcast. Tentunya menjadi host podcast pun membutuhkan suara yang bagus, berkarakter,, dan khas. Karena, nggak jarang para pendengar podcast ini adalah orang-orang yang sulit tidur, sehingga butuh 'teman' tidur. Sehingga, seorang podcaster setidaknya harus memilliki suara yang enak dan nyaman untuk didengar.

Apalgi, untuk jenis podcast monolog. Suara menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Mereka yang memiliki suara berat, dan cenderung 'adem' biasanya akan lebih populer apabila membuat podcast monolog. 

BACA JUGA: Kenapa Penggunaan 'Aku' dan 'Kamu' Identik dengan Pacaran?

3. VO Talent

Untuk Sobat Gen yang punya karakter suara yang khas, menjadi VO talent kayaknya jadi sallah satu alternatif lain jenjang karir di dunia persuaraan. Karena, tentunya dengan menjadi VO talent suara Sobat Gen akan sangat dibutuhkan oleh brand-brand untuk menjadi pengisi suara di campaign ataupun iklan yang tengah digarap. Selain itu, jenjang karir di dunia VO pun cukup beragam. Mulai dari dubbing, pengisi suara iklan, pengisi suara layanan masyarakat, dan lain sebagainya. 

Selain itu, VO talent pun biasanya merangkap pekerjaan-pekerjaan di atas juga loh. Karena, pada dasarnya penyiar dan podcaster masuk dalam ranah VO talent juga. 

4. Master Ceremony (MC)

Jenis profesi lain yang dbisa Sobat Gen tekuni apabila memiliki suara yang bagus adalah master ceremony atau MC. Dengan menjadi MC, Sobat Gen dapat menyalurkan suara Sobat Gen untuk memandu berbagai event. Selain itu, menjadi seorang MC pun dapat melatih skilll public speaking Sobat Gen juga loh!. 

BACA JUGA: Unik! Cuma di Indonesia Bayar Kuliah Pake Pinjol

Empat jenis pekerjaan di atas kayaknya layak untuk Sobat Gen tekuni apabila Sobat Gen memiliki suara yang bagus, khas, dan berkarakter. Untuk Sobat Gen yang tertarik untuk mengasah skill dalam bidang voice over, Sobat Gen bisa nantikan kelas-kelas voice over yang diadakan oleh @MariInstitue yang tentunya mengundang para VO talent kelas nasional. (*/)

(RRY) 

banner