uploads/article/2024/03/dari-punchline-sampai-roasting--919939a0628f8f7.png

Dari Punchline Sampai Roasting: Berikut 10 Istilah yang Biasa Ditemui di Dunia Stand Up Comedy

Stand up comedy bisa dibilang jadi jenis tontonan komedi yang kini disukai oleh masyarakat Indonesia. Setelah sebelumnya komedi Indonesia pernah berada di era film komedi, komedi sketsa, dan sitcom, kini stand up comedy jadi salah satu bentuk komedi yang paling populer di Indonesia.

Dengan semakin populernya stand up comedy di Indonesia, kelahiran komika atau stand up comedian pun sekarang kian bertambah. Kayaknya, hampir setiap tahunnya selalu ada nama-nama komika baru yang selalu sukses menghibur masyarakat Indonesia. Belum lagi, variasi komedi yang ditawarkan dalam stand up comedy pun kian bertambah, sehingga kayaknya setiap komika di Indonesia punya market-nya masing-masing. 

Nah untuk Sobat Gen yang tertarik untuk menjadi seorang komika, melalui artikel ini penulis akan membagikan istilah-istilah yang biasanya muncul di dunia stand up comedy. Apa saja kah istilah-istilah tersebut?

BACA JUGA: 4 Alasan Mengapa Stand Up Comedy Sangat Populer di Indonesia

1. Set-Up 

Set-up bisa dibilang jadi istilah yang harus Sobat Gen ketahui sebelum masuk ke dalam dunia stand up comedy. Karena, di dalam penulisan materi stand up comedy, set-up memegang peran kunci dalam men-deliver jokes yang akan diberikan. Sehingga, set-up memegang peran kunci dalam mengembangkan situasi komedi yang sudah Sobat Gen tulis. 

2. Punchline

Sesuai namanya, stand up comedy tentunya harus memiliki unsur komedi. Nah, punchline inilah yang bisa dibilang menjadi titik kelucuan dari sebuah set-up. Punchline di sinilah yang akhirnya menjadikan stand up comedy sebagai acara komedi, sehingga diperlukan sense of humor untuk menentukan sebuah punchline di materi yang sudah Sobat Gen tulis. 

3. Setlist 

Untuk Sobat Gen yang pernah menonton stand up comedy show, biasanya seorang komika akan membawakan beberapa setlist. Nah, setlist ini adalah kumpulan bit-bit dalam rumpun yang sama. Misalnya, setlist mengenai pendidikan yang berisikan bit-bit materi yang berisikan tema pendidikan. Sehingga, biasanya seorang komika akan memiliki setlist-nya tersendiri untuk dibawakan di tiap show.

4. Open Mic

Istilah satu ini sempat ramai di komunitas stand up comedy dan bahkan masyarakat umum. Open mic sendiri merupakan momen atau tempat para komika mencoba atau melatih materi yang sudah ditulisnya, sehingga open mic biasanya menjadi tempat 'uji coba' para komika untuk mengetes materi barunya sebelum dimasukan ke sebuah setlist shownya.

5. One Liner

One line sendiri merupakan salah satu teknik dalam stand up comedy. One liner merupakan bentuk dari sebuah punchline yang fokus pertamanya adalah untuk mematahkan set-up atau premis yang sudah ditulis. Sehingga, penonton yang sudah terbawa suasana serius karena sebuah set-up nggak akan menduga kalau set-up tersebut akan dipatahkan dengan sebuah jokes

BACA JUGA: Zaman Sudah Berubah: Berikut 5 Pekerjaan yang Diincar Oleh Gen Z!

6. Rule of Three

Rule of three pun masuk sebagai salah satu teknik dalam stand up comedy. Secara konsep, rule of three sama seperti one liner, yaitu mematahkan set-up atau premis yang sudah dibangun si komika dalam materinya. Namun biasanya, rule of three akan memberikan contoh-contoh normal yang baru dipatahkan dengan contoh yang nggak 'normal' sebagai punchlinenya.

7. Act Out

Materi komedi nggak melulu harus disampaikan secara verbal. Act out menjadi salah satu jenis teknik dalam stand up comedy yang digunakan untuk menyampaikan punchline dengan melakukan gerakan tubuh. Biasanya, teknik ini digunakan oleh komika-komika yang ekspresif, seperti Praz Teguh, dan lain sebagainya. 

8. Bombslide

Menjadi seorang komika nggak berarti jokesnya akan selalu lucu. Tentunya, di satu kesempatan seorang komika akan ngebom atau nggak lucu dalam penyampaian materinya. Dalam situasi tersebut, komika biasanya akan melakukan bombslide dengan mengatakan, hal-hal mengenai ketidaklucuan dari materi yang mereka sampaikan, seperti "Nggak lucu ya?", "Pas open mic lucu, kok", dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Kenalan dengan Sosok Maria Zhang: Sosok Pemeran Suki di Avatar The Last Airbender yang Buat Penonton Tersuki-Suki 

9. Roasting

Roasting bisa dibilang menjadi istilah dalam dunia stand up comedy yang kini paling populer di Indonesia. Roasting sendiri adalah teknik komedi yang bertujuan untuk 'menjatuhkan' seorang sosok melalui materi komedi yang disampaikan. Jadi, yang perlu diingat, roasting bukan hanya ngatain orang ya, Sobat Gen! Dalam roasting harus tetap ada komedinya. 

10. Riffing

Jika roasting dilakukan dengan sepengetahuan dua pihak, maka riffing dilakukan secara spontan (nggak uhuy) terhadap penonton yang sedang hadir di show stand up comedy. Riffing bisa seperti roasting, tapi bisa juga digunakan untuk memuji penonton. Selain itu, riffing pun dapat dilakukan sebagai bentuk dari bombslide juga loh, Sobat Gen!

BACA JUGA: Resmi Undur Diri: Fanny Soegi Tetap Bawakan Asmalibrasi

Nah, Sobat Gen, 10 istilah di atas adalah istilah yang biasa Sibat Gen temui di dalam dunia stand up comedy. Jadi, setelah mengenal istilah-istilah di atas, sudahkah Sobat Gen tertarik untuk mempelajari stand up comedy? (*/)

(RRY)

 

banner