uploads/article/2023/10/4-alasan-mengapa-stand-655706d078aac54.png

4 Alasan Mengapa Stand Up Comedy Sangat Populer di Indonesia

Indonesia adalah negara komedi. Karena, bisa dibilang aneka ragam jenis genre komedi ada di Indonesia. Mulai dari genre komedi berbentuk film seperti yang dipopulerkan oleh Warkop, genre komedi berbentuk sketsa seperti Opera Van Java, sampai jenis komedi tunggal seperti stand up comedy.

Sobat Gen tentunya sudah mengenal apa itu stand up comedy. Stand up comedy sendiri adalah suatu pertunjukan komedi tunggal yang dilakukan oleh seorang komika dengan cara menarasikan jokes yang sudah mereka persiapkan. 

Keberadaan stand up comedy di Indonesia sendiri kini bisa dikatakan sebagai salah satu genre komedi yang paling populer di era sekarang. Sobat Gen yang mungkin tidak awam dengan stand up comedy pun rasanya mengenal satu nama komika atau bahkan pernah menonton stand up comedy di YouTube atau platform streaming lainnya. 

Lantas, sebenarnya apa sih yang membuat stand up comedy dapat diterima oleh masyarakat Indonesia?

BACA JUGA: KOMIKA KOLABORASI BERSAMA YOUTUBER? PECAH! 

1. Komedi Cerdas 

Salah satu daya jual dari stand up comedy adalah komedi yang ditawarkan. Berbeda dengan sketsa komedi yang mengandalkan komedi slapstick dan gimik, para komika diharuskan menulis materi komedi sebelum disampaikan dalam suatu pertunjukan. 

Dengan kata lain, diperlukan kemampuan menulis dan juga sense of comedy dari seorang komika untuk menulis materi komedi yang baik dan tentunya lucu. Sehingga, fair rasanya untuk mengatakan stand up comedy sebagai komedi cerdas. Karena, dibutuhkan kemampuan menulis dan juga sense of humour terhadap suatu isu agar bisa disampaikan dengan bumbu komedi. 

2. Komedi Jujur

Selain cerdas, seorang komika pun harus bisa ‘jujur’ dalam ber stand up comedy. Pada dasarnya, materi komedi yang dibawakan dalam stand up comedy berasal dari keresahan seorang komika. Sehingga, rasanya komedi yang disampaikan dalam stand up comedy merupakan kejujuran seorang komika mengenai keresahan yang tengah mereka rasakan.

Selain keresahan pribadi, materi dalam stand up comedy pun dapat berasal dari keresahan banyak orang. Keresahan banyak orang inilah yang akhirnya membuat banyak orang merasa relatable dengan materi komedi yang disampaikan oleh seorang komika. 

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Drakor untuk Menemani Weekend  

3. Banyak Sub-Genre

Materi komedi yang disampaikan dalam suatu stand up comedy pun memiliki subgenre. Untuk mereka yang menyukai komedi gelap, terdapat dark jokes. Untuk mereka yang menyukai politik, terdapat jokes mengenai politik, dan untuk mereka yang menyukai tren roasting, dalam stand up comedy pun terdapat teknik roasting.

Dengan variasi sub-genre komedi yang ada di stand up comedy inilah yang akhirnya membuat stand up comedy diminati oleh banyak orang. Karena, pilihan genre komedi yang ditawarkan sangatlah beragam. 

4. Selalu Memiliki Nama Baru

Alasan lain yang akhirnya membuat stand up comedy sangat populer di Indonesia adalah kemunculan nama-nama baru. Jika dulu era suatu komedi hanya memiliki nama yang sangat populer, era stand up comedy justru selalu melahirkan nama-nama komika baru. Hal ini pada dasarnya disebabkan oleh stand up comedy di Indonesia yang memiliki beragam komunitas di berbagai daerah. Sehingga, bibit-bibit komedian baru pun terus bermunculan tiap tahunnya. 

Stand up comedy pada akhirnya menjadi jenis komedi yang kini disukai oleh masyarakat Indonesia. Untuk Sobat Gen yang tertarik dengan kesenian ini, Sobat Gen dapat mengunjungi komunitas-komunitas stand up comedy yang ada di daerah Sobat Gen ya!(*/)

(RRY)

 

banner