uploads/article/2023/08/belum-tentu-plagiat-berikut-6067070e5f6b9a3.png

Belum Tentu Plagiat, Berikut 3 Alasan Mengapa Sebuah Lagu Memiliki Kesamaan dengan Lagu lain

Nyatanya, kesamaan sebuah lagu dengan lagu lain belum tentu merupakan bentuk plagiasi

Pernahkah kalian mengecap sebuah lagu sebagai sebuah bentuk plagiasi dari lagu yang kalian suka? Tentunya plagiasi dalam dunia musik adalah hal terlarang yang tidak boleh dilakukan oleh seorang musisi.

Namun, seringkali sebuah lagu yang memiliki kesamaan dengan lagu lain belum tentu merupakan sebuah bentuk plagiasi. 

Pada kenyataannya, dengan industri yang kian berubah-ubah, beberapa lagu memang memiliki kesamaan dengan lagu lain tanpa maksud melakukan plagiasi. 

BACA JUGA: 5 Tren Musik yang Hadir di Indonesia 

Ada beberapa hal yang membuat sebuah lagu yang mirip dengan lagu lain dapat dikatakan tidak melakukan plagiasi. Apa sajakah hal-hal tersebut?

1. Menggunakan Sample Lagu Lain

Seringkali, nada dari sebuah lagu di era sekarang memiliki nada yang mirip atau bahkan persis dengan musik-musik klasik. Tentunya, beberapa orang seringkali menganggap lagu tersebut menjiplak terang-terangan musik klasik karena adanya kemiripan nada pada lagu tersebut.

Tapi, pada kenyataannya lagu-lagu yang memiliki nada yang mirip dengan musik klasik tidaklah menjiplak musik-musik klasik tersebut. 

Pada dasarnya, dibandingkan dengan menjiplak, lagu-lagu di era sekarang memang pada dasarnya menggunakan sampel dari musik-musik klasik tersebut. 

Apakah hal tersebut merupakan plagiasi dan ilegal?

Sampling dapat dikatakan ilegal dan merupakan bentuk dari plagiasi apabila si pengguna sampel dari musik lain tidak memiliki izin untuk menggunakan sample musik tersebut untuk lagunya. 

BACA JUGA: Fenomena TikTok: Ketika Semua Lagu Diremix Jedag-Jedug

Namun, jika si pengguna sample sudah mengantongi izin dari pemilik asli sample musik tersebut, tentu sampling tentunya menjadi legal dan tidak termasuk dalam kategori plagiasi. 

Dan tentunya banyak perjanjian-perjanjian yang dilakukan apabila ingin menggunakan sebuah sample musik untuk digunakan di lagu lain yang tengah diproduksi. Mulai dari, 

  • Durasi penggunaan sample, 
  • Bagian sample apa yang akan digunakan (beat, suara si penyanyi, dan lain sebagainya), 
  • Sample tersebut akan dijadikan apa?
  • Jumlah unit yang akan didistribusikan, dan 
  • Jenis media apa yang akan digunakan dalam pendistribusian lagu yang menggunakan sampel tersebut. 

Dan ketika produser atau musisi tersebut sudah mengantongi izin dari pemilik sampel yang dibeli. Tentunya, sampling menjadi hal yang legal dan juga tidak menjadi bentuk dari plagiasi. 

2. Memiliki Produser yang Sama

Selain penggunaan sampling alasan lain mengapa beberapa lagu memiliki kesamaan dengan lagu lain adalah produser yang memproduseri lagu kedua lagu tersebut adalah orang yang sama.

Pada kenyataannya, industri musik seringkali membuat para produser musik untuk mengerjakan lagu untuk berbagai musisi yang berbeda. Baik dari label atau agensi yang sama, maupun label ataupun agensi yang berbeda.

BACA JUGA: Mengapa Musik dengan Format Band Sudah Jarang Ditemui? 

Dan tentunya, seorang produser musik tentunya memiliki ciri khas tersendiri yang membuat lagu mereka memiliki ciri khasnya tersendiri. Sehingga, dengan adanya ciri khas si produser ini, seringkali dua lagu yang berbeda memiliki kesamaan. 

Apakah hal tersebut termasuk plagiasi?

Tentu tidak. Karena pada dasarnya, produser musik dari kedua lagu tersebut adalah dua orang yang sama. Dan tentunya, meskipun memiliki kesamaan dari segi beat dan lain sebagainya. Tentunya tetap terdapat hal yang berbeda yang akhirnya membedakan kedua lagu tersebut. 

3. Kolaborasi

Salah satu faktor yang akhirnya membuat sebuah lagu mirip dengan lagu lain adalah kolaborasi. Bisa jadi, adanya kemiripan suatu lagu dengan lagu lain disebabkan karena adanya kolaborasi antar dua musisi tersebut. Sehingga, kedua musisi tersebut saling memasukan ciri khas mereka di lagu tersebut sehingga lagu yang diproduksi terdengar sama. 

BACA JUGA: Generasi Anak Band Hadir untuk Temukan Band Paling Keren dan Berbakat Se-Indonesia

Jadi, jika kalian mendengarkan sebuah kemiripan dari sebuah lagu dengan lagu lain. Jangan langsung mengira lagu tersebut merupakan plagiasi ya! Bisa jadi lagu tersebut menggunakan sampel dari lagu lain, memiliki produser yang sama, atau bahkan merupakan bentuk kolaborasi antar musisi.

(RRY)

 

banner