uploads/article/2023/10/bikin-konten-tapi-nggak-763110f83731eb7.png

Bikin Konten tapi Nggak Pernah Viral? Ikuti 3 Langkah Ini!

Sobat Gen, di zaman sekarang siapa sih yang nggak mau viral? Kayaknya, jadi viral di era digital sekarang sudah menjadi kebanggaan buat banyak orang, terutama anak muda seperti Gen Z. Belum lagi, banyaknya platform media sosial seperti TikTok, Instagram, dan X semakin bikin anak muda zaman sekarang makin ingin terkenal.

Umumnya, cara termudah untuk viral atau terkenal adalah dengan membuat konten viral. Karena balik lagi, berbagai platform media sosial kini sangat mudah diakses oleh banyak orang. Makanya, nggak jarang orang-orang berlomba-lomba membuat bikin konten yang viral.

BACA JUGA: Kenapa Banyak Gen Z Ingin Menjadi Content Creator? 

Tapi, pada kenyataannya bikin konten viral nggak semudah yang dibayangkan loh. Banyak proses dan bahkan terdapat trik-trik agar konten yang kita buat cepat viral. Nah, Sobat Gen, melalui artikel ini, kami akan membagikan tips-tips atau langkah-langkah agar konten yang dibuat oleh Sobat Gen cepat viral. Apa saja sih caranya?

1. Meremake Konten Viral 

Salah satu cara agar konten yang kita buat cepat viral adalah dengan cara melakukan remake terhadap konten yang sudah viral.

Loh, bukannya kalau kaya gitu copas?” 

Remake di sini, bukan serta-merta benar-benar mengkopi konten orang begitu saja ya Sobat Gen. Agar konten yang dibuat Sobat Gen tetap original, Sobat Gen dapat memberikan sentuhan baru pada konten yang ingin Sobat Gen remake. Misalnya, mengambil sudut pandang yang berbeda, menggunakan twist yang lebih fresh, atau menambahkan elemen baru yang membuat konten Sobat Gen lebih terasa fresh dibandingkan dengan konten yang Sobat Gen remake.

Dengan demikian, konten yang Sobat Gen buat akan lebih relatable dengan masyarakat kebanyakan. Tapi, jangan lupa cantumin akun yang menginspirasi Sobat Gen ya! Bahkan, Sobat Gen pun bisa meminta izin terlebih dahulu sebelum meremake konten dari seorang content creator.

2. Buat Konten Seorganik Mungkin

Sobat Gen tentunya sepakat kalau konten yang settingan cenderung ngebosenin dan nggak menghibur. Makanya, konten settingan cenderung nggak laku, dan kalaupun laku, isi comment sectionnya kebanyakan adalah hujatan. 

Maka dari itu Sobat Gen, apabila Sobat Gen ingin konten yang dibuat viral, buatlah konten ‘organik’ mungkin. Meskipun konten yang dibuat sudah diatur, Sobat Gen harus bisa mengemas konten tersebut seorganik mungkin. 

Salah satu cara termudahnya adalah dengan merekam keseruan atau hal-hal unik di sekitar Sobat Gen. Misalnya, Sobat Gen sedang nongkrong bersama teman-teman dan kebetulan ada momen menarik yang terjadi. Dibandingkan hanya ngetawain momen tersebut, Sobat Gen sebenarnya dapat merekam momen menarik tersebut dan kemudian dibagikan ke berbagai platform media sosial, sehingga reach yang dapat dihasilkan jauh lebih luas. 

BACA JUGA: Bukan Sekadar Gambar Lucu, Berikut Sejarah dan Fakta yang  Wajib Kamu Ketahui dari Meme! 

Akan tetapi, Sobat Gen harus tetap menjaga privasi teman Sobat Gen dengan cara  menanyakan ke teman Sobat Gen, apakah mereka berkenan apabila momen tersebut dibagikan ke media sosial atau tidak.

3. Gunakan Segala Fitur 

Setelah melakukan dua hal di atas, hal terakhir yang dapat Sobat Gen lakukan adalah memanfaatkan segala fitur yang dirasa mampu berdampak terhadap algoritma suatu platform media sosial. Karena, nggak bisa dipungkiri, algoritma memainkan peran penting dalam membuat suatu konten viral. Mau selucu apapun konten tersebut, kalau algoritma tidak merekomendasikan konten tersebut, pada akhirnya konten yang dibuat akan tetap sepi.

Berbagai fitur mulai dari musik, hastag, tag, dan lain sebagainya nyatanya punya pengaruh penting dalam mendorong algoritma untuk merekomendasikan konten kita. 

Nah Sobat Gen, tiga hal di atas adalah tiga langkah yang dapat Sobat Gen lakukan jika ingin membuat konten yang viral. Meskipun begitu, konten viral nggak melulu tentang drama, kasus, atau hal-hal yang berkonotasi negatif ya! Buatlah konten viral yang positif, mampu menghibur banyak orang. (*/)

(RRY)

 

banner