uploads/article/2023/09/beda-generasi-beda-media-74890c259d65ef1.png

Beda Generasi Beda Media Sosial, Emang Iya?

Sobat Gen, di era sekarang, hampir setiap orang memiliki akun media sosial dari berbagai platform media sosial yang tersedia. Jika kini para Gen Z dan Gen Alpha cenderung memilih menggunakan TikTok dan Instagram sebagai platform media sosial favorit mereka, lantas apa media sosial favorit generasi-generasi sebelumnya.

1. Generasi Baby Boomers (1946-1964)

Generasi Baby Boomers memang tergolong generasi yang gaptek dan nggak terlalu memiliki pemahaman mendalam mengenai media sosial. Namun, jika berbicara mengenai media sosial yang menjadi favorit dari Baby Boomers, Facebook dirasa menjadi media sosial dari para Baby Boomers. 

Baby Boomers fokus menggunakan Facebook untuk menjaga hubungan dengan keluarga dan juga teman mereka. Baby Boomers juga menggunakan Facebook sebagai media nostalgia dan juga untuk mencari informasi-informasi terkini.

BACA JUGA: Mengapa Gen Z Harus Melakukan Detox Media Sosial 

2. Generasi X (1965-1980) 

Hampir sama dengan para Baby Boomers, Facebook menjadi media sosial favorit dari para Generasi X. Akan tetapi, muncul satu media sosial baru yang digunakan oleh para Generasi X, yaitu Twitter atau X.

Generasi X menggunakan Facebook sama seperti para Baby Boomers. Mereka menjalin dan menjaga hubungan dengan teman dan keluarga, dan mencari informasi terkini. Tapi di Twitter, para Generasi X dinilai lebih vokal dalam menyuarakan pendapat politik mereka.

3. Generasi Milenial (1981-1996)

Generasi Millenials tergolong menjadi generasi yang paling aktif dalam menggunakan segala jenis media sosial yang ada. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, sampai dengan TikTok.

BACA JUGA: Mengenal Cancel Culture: Budaya Media Sosial yang Penuh Pro-Kontra 

Generasi Milenial umumnya menggunakan media sosial sebagai wadah untuk berekspresi. Mereka menggunakan media sosial untuk merekam, dan membagikan momen-momen yang ada dalam kehidupan mereka. Selain itu, banyak dari para Milenial yang menggunakan media sosial sebagai wadah untuk berjualan atau berpromosi mengenai apa yang mereka jual. Selain itu, para Millenials pun menggunakan media sosial untuk mengikuti isu atau tren terkini.

4. Generasi Z dan Alpha (1997-2010 dan 2010-sekarang)

Gen Z dan Alpha dirasa memiliki banyak kesamaan jika berbicara mengenai penggunaan media sosial nih Sobat Gen. Bisa dibilang, alasan para Gen Z dan Alpha menggunakan media sosial merupakan gabungan dari generasi-generasi sebelumnya. 

Sama seperti Baby Boomers, Gen Z dan Alpha menggunakan media sosial untuk saling terhubung dengan teman mereka, dan juga menggunakan media sosial untuk mencari informasi terkini. Kemudian, sama seperti Gen X, beberapa Gen Z dan gen Alpha pun menggunakan media sosial untuk bersuara mengenai pandangan politik ataupun isu-isu lainnya. 

Selain itu, sama seperti Millennials, Gen Z dan Gen Alpha pun menggunakan media sosial untuk merekam momen-momen dalam hidup mereka dan memanfaatkan media sosial sebagai ajang untuk mempromosikan dagangan ataupun keahlian yang mereka miliki dan juga tempat untuk mereka mencari isu-isu terkini yang dapat mereka ikuti.

Pada akhirnya, alasan penggunaan media sosial dapat dikategorikan berdasarkan generasi nih, Sobat Gen. Sobat Gen sendiri, masuk kategori yang mana nih? (*/)

(RRY)

 

banner