uploads/article/2023/08/gigs-tempat-kecil-untuk-726840351390900.png

Gigs: Tempat Kecil untuk Melahirkan Musisi Besar

Nggak ada yang lebih penting dari kehadiran gigs bagi seorang musisi. Terlebih, untuk para musisi yang baru saja memulai karir bermusiknya gigs merupakan hal yang sangat esensial untuk mereka lakukan.

Sebagaimana yang kita tahu, gigs bisa dibilang merupakan panggung pertama bagi para musisi-musisi yang baru merintis karirnya. Gigs sendiri adalah sebuah acara musik dengan skala yang lebih kecil dari konser ataupun festival musik. Umumnya, gigs fokus terhadap satu genre musik saja. Jadi, di suatu gigs biasanya akan berisikan musisi-musisi dari satu genre tersendiri.

BACA JUGA: Seberapa Sulit Menjadi Musisi Indie? 

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, dengan skala yang lebih kecil, tentunya gigs menjadi panggung utama bagi musisi-musisi yang sedang merintis karirnya. Banyak hal yang dapat diambil dari keikutsertaan seorang musisi ke suatu gigs. Apa sajakah hal tersebut?

  1. Pengalaman

Oke, kalian boleh merasa keren ketika sedang di studio ataupun ngeband bersama teman-teman kalian. Tapi, apa jadinya jika kaliang ngeband dan ditonton oleh banyak orang?

Nyatanya, meskipun skala gigs terbilang kecil, bukan berarti penonton yang hadir sedikit. Gigs pun nyatanya menghadirkan penonton dengan skala yang cukup banyak dan padat. Terlebih, ruangan gigs pun tidak terlalu besar sehingga kita akan menjadi fokus utama dari gigs tersebut.

Dengan adanya fakta tersebut, tentunya menghadiri gigs bagi seorang musisi menjadi pengalaman tersendiri untuk mereka. Jika biasanya mereka tampil di studio ataupun di depan teman, kini mereka dapat merasakan bagaimana rasanya tampil di atas panggung dan ditonton oleh banyak orang yang mungkin tidak mereka kenal. 

BACA JUGA: Generasi Anak Band Hadir untuk Temukan Band Paling Keren dan Berbakat Se-Indonesia

  1. Sarana untuk Belajar

Setelah membangun pengalaman dari gigs ke gigs, kalian pun nyatanya dapat saling belajar dari musisi lain mengenai skena musik, genre lagu, dan lain sebagainya. Karena, kembali lagi, dengan gigs yang biasanya menghadirkan satu genre musik, kesempatan untuk saling belajar pun makin besar. 

Selain dari segi musik, kalian pun dapat belajar bagaimana cara perform yang mampu menghibur para penonton, bagaimana cara agar tidak demam panggung, dan hal-hal penting yang berkaitan dengan penampilan musik. 

Selain belajar dari sesama musisi, kalian pun dapat belajar dari para penonton yang notabenenya merupakan sosok yang paham mengenai skena musik itu sendiri. Terlebih, gigs sendiri biasanya dibentuk oleh komunitas-komunitas musik, sehingga tentunya mereka yang hadir seringkali memiliki pengalaman di industri musik.

  1. Membangun Relasi dan Mencari Exposure 

Selain untuk mengasah skill, gigs pun nyatanya menjadi sarana untuk para musisi untuk memasarkan nama dan karya mereka. Dengan tampil di gigs, secara langsung kalian memperkenalkan brand musik kalian dan juga tentunya musik yang kalian mainkan ke para penonton yang hadir di sana. Dan sesuai yang disebutkan sebelumnya, para penonton ini bisa saja  berasal dari industri musik.

BACA JUGA: Bandung dan Lahirnya Musisi-Musisi Populer Indonesia 

Jika kalian mampu memanfaatkan kesempatan, kalian bisa saja tampil all out sehingga mampu menarik perhatian mereka. Selain itu, kalian pun dapat ‘menitipkan’ demo musik kalian ke mereka-mereka yang berkecimpung di dunia musik, 

Pada akhirnya, meskipun gigs merupakan skala terkecil dari konser maupun festival musik, nyatanya kelebihan yang mereka tawarkan setara dengan manggung di konser atau festival musik itu sendiri. Gigs menjadi hal yang penting bagi seorang musisi untuk membangun karir mereka. Karena, berawal dari hal yang kecil sesuatu pada akhirnya akan menjadi hal yang besar. 

banner