uploads/article/2024/01/ingin-terapkan-pola-hidup-386067269932fdd.png

Ingin Terapkan Pola Hidup Produktif? Lakukan 5 Hal Ini!

Ngomongin pergantian tahun, sebagai manusia yang menginginkan perubahan di dalam dirinya, pastinya Sobat Gen cenderung mencari berbagai hal yang dirasa mampu memberikan perubahan ke arah positif di dalam hidup Sobat Gen. Karena, tentunya selama menjalani kehidupan, kita menginginkan diri kita untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Salah satu momen yang tepat untuk memulai atau berkembang menuju arah yang lebih baik tentunya ketika berada di awal tahun. Sobat Gen, kita baru saja merasakan pergantian tahun dari tahun 2023 menjadi 2024.. Tentunya, selama menjalani tahun 2023, kita memiliki catatan evaluasi yang harus kita benahi atau kita upgrade demi menyusung kehidupan yang lebih baik di tahun 2024. 

Dengan demikian, makanya terdapat suatu hal bernama ‘resolusi’ guna membantu kita untuk berkembang menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Nah Sobat Gen, salah satu resolusi yang dirasa paling umum adalah menerapkan pola hidup produktif dan sehat. Karena, dengan menerapkan prinsip pola hidup produktif dan sehat, tentunya Sobat Gen dapat berkembang menjadi manusia yang lebih baik. 

Lantas, bagaimana sih pola hidup produktif yang sehat itu?

BACA JUGA: Alasan Mengapa Banyak Orang Membenci Hari Senin

1. Bangun Pagi

Pernah Sobat Gen mendengar istilah ‘jangan bangun siang, nanti rejeki dipatok ayam.’ Kayaknya istilah tersebut dapat Sobat Gen tanamkan guna membantu Sobat Gen untuk bangun tidur lebih pagi. Karena, dengan bangun lebih pagi, Sobat Gen dapat menikmati segarnya udara di pagi hari, menikmati cahaya matahari, sekaligus membantu Sobat Gen untuk tidak terburu-buru sebelum memulai aktivitas seperti sekolah, kuliah, maupun bekerja. 

Selain itu, dengan bangun lebih pagi pun Sobat Gen dapat melakukan aktivitas produktif seperti berolahraga, memasak sarapan dan bekal, atau sekadar membaca buku untuk memulai hari.  

2. Berolahraga 

Salah satu kebiasaan dari pola hidup produktif dan sehat adalah berolahraga. Kalau Sobat Gen mudah pusing dan stres selama bekerja di sepanjang tahun 2023, mungkin hal tersebut disebabkan karena Sobat Gen jarang berolahraga. Karena, olahraga nyatanya mampu menjaga kesehatan fisik sekaligus mental Sobat Gen.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Untuk menjalani gaya hidup yang produktif, penting untuk memastikan bahwa Sobat Gen mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang memadai untuk menghadapi aktivitas yang menantang. Mengkonsumsi vitamin atau suplemen dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung keseharian yang produktif. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan, kamu dapat mengurangi risiko penyakit. Jangan lupakan pentingnya sarapan, karena ini memberikan energi tambahan yang sangat diperlukan untuk memulai hari dengan baik.

BACA JUGA: Kapan Seharusnya Kita Memulai Diet? 

4. Seimbangkan Hobi dan Pekerjaan

Salah satu prinsip utama dari hidup produktif adalah keseimbangan. Sobat Gen harus bisa menyeimbangkan pekerjaan sekaligus hobi ataupun hal-hal yang Sobat Gen suka. Karena, nggak bisa dipungkiri pekerjaan sering kali menjadi ‘beban’ pikiran sekaligus mental, sehingga kita membutuhkan pengalihan sementara dari bekerja itu sendiri, yaitu dengan menjalankan hobi atau suatu hal yang kita suka. 

5. Nggak Gampang Menyerah

Individu yang mengadopsi pola hidup yang produktif umumnya memiliki ketahanan yang tinggi. Mereka cenderung percaya pada diri sendiri, penuh keyakinan, dan selalu memandang segala hal dengan sikap positif. Ketika menjalankan suatu tugas, berpikir negatif secara berlebihan dapat mengakibatkan terus-menerus membayangkan kegagalan dan dampak buruk. Sebaliknya, memiliki pola pikir yang positif akan mendorong semangat dan konsentrasi yang tinggi dalam menyelesaikan tugas.

Lima hal ini dirasa menjadi kunci keberhasilan untuk membentuk pola hidup yang produktif sekaligus sehat. Namun, yang lebih penting adalah Sobat Gen harus bisa menikmat hidup tersebut tanpa beban dan bahagia. (*/)

(RRY)

 

banner