uploads/article/2023/08/3-musisi-indonesia-yang-231255dc604ea47.png

3 Musisi Indonesia yang Mengadaptasi Budaya Populer Jepang

Jepang tidak bisa dipungkiri jadi salah satu kiblat budaya populer di seluruh dunia. Berbagai macam budaya populer seperti anime, manga, dorama, Harajuku, dan tentunya J-Pop menjadi satu dari sekian banyaknya budaya populer Jepang yang dikenal oleh dunia.

Kini, budaya populer Jepang seperti anime, dan manga menjadi dua budaya populer Jepang yang sangat amat populer di Indonesia. Dan salah satu budaya populer yang terbawa dari kepopuleran anime di Indonesia adalah Musik J-Pop.

BACA JUGA: 5 Tren Musik yang Hadir di Indonesia 

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya festival musik yang diadakan di Jakarta beberapa waktu lalu. Berbagai musisi J-Pop pun hadir di Jakarta untuk menghibur para fansnya. Memang, di era sekarang band Indonesia dengan aliran J-Pop atau berkiblat dengan budaya populer Jepang sudah sulit dijumpai. Tapi, tahukah kalian kalau nyatanya terdapat beberapa musisi asal Indonesia yang mengadaptasi berbagai budaya populer Jepang?

1. JKT48

JKT48 pada dasarnya merupakan sister group dari idol grup AKB48 yang merupakan produk original dari Jepang. Tentunya, sebagai sister group dari AKB48, JKT48 tentunya mengadaptasi berbagai budaya populer dari Jepang.

Mulai dari musik yang menggunakan tema J-Pop, fashion, sampai ke berbagai sapaan ataupun hal-hal kecil lainnya nyatanya mengadaptasi beberapa budaya populer Jepang. 

Meskipun mengadaptasi budaya populer Jepang, JKT48 pun tetap merepresentasikan identitas Indonesia mereka. Mulai dari lagu yang diubah ke bahasa Indonesia, berbagai event yang berasal dari hari-hari penting di Indonesia, sampai ke single original mereka yang full menggunakan bahasa Indonesia.

2. J-Rocks

Nggak lengkap rasanya jika membahas musisi Indonesia yang mengadaptasi budaya populer Jepang tanpa menyebutkan nama band J-Rocks. 

Sama seperti namanya, band J-Rocks beraliran Japanese rocks atau J-Rocks ataupun Japanese Pop. Sehingga, rasanya J-Rocks menjadi salah satu band populer Indonesia yang mengadaptasi musik Jepang secara langsung. 

Selain mengapatasi genre musik, J-Rocks pun mengadaptasi berbagai budaya populer lain dari Jepang seperti style Harajuku yang mereka terapkan di penampilan mereka. Namun, meskipun begitu, J-Rocks nyatanya tetap mempromosikan budaya asli Indonesia seperti batik.

3. Vierratale

Meskipun tidak sepenuhnya membawa J-Pop sebagai genre utama mereka, Vierratale nyatanya sempat mengusung tema J-Pop di salah satu single mereka. Melalui lagu berjudul ‘Faith’ Vierratale membawakan berbagai unsur budaya populer Jepang dalam lagu mereka. 

Mulai dari lagu yang tentunya bernuansa Japanese pop, video klip yang membawakan tema anime, cosplay, dan berbagai unsur budaya populer Jepang lainnya. 

Sebenarnya masih banyak lagi band-band ataupun musisi Indonesia yang membawakan berbagai kebudayaan populer Indonesia. Namun, kebanyakan band-band tersebut bersifat indie dan belum memiliki label musik. 

BACA JUGA: Generasi Anak Band Hadir untuk Temukan Band Paling Keren dan Berbakat Se-Indonesia |

Untuk kalian yang memiliki band dengan aliran J-Pop, kalian dapat mendaftarkan band kalian untuk mengikuti Generasi Anak Band yang terbuka untuk seluruh band-band di Indonesia dan juga tidak dibatasi oleh genre apapun. 

Kalian dapat mendaftarkan band kalian melalui link di bawah ini:

GENerasi Anak Band (mari.co.id)

 

banner