uploads/article/2023/08/generasi-anak-band-hadir-6436269394912c5.png

Generasi Anak Band Hadir untuk Temukan Band Paling Keren dan Berbakat Se-Indonesia



Salah satu perubahan dalam tren musik di Indonesia adalah mulai menghilangnya keberadaan musisi band di kancah musik Indonesia. Kini, tren musik di Indonesia bisa dibilang fokus di tren musik solois saja. Meskipun para solois ini memiliki band pengiring, namun keberadaan band pengiring rasanya berbeda 180 derajat dengan band-band yang kita kenal seperti Sheila on 7, Nidji, Peterpan, dan lain sebagainya yang sempat merajai skena musik Indonesia pada tahun 2000an.

Dengan membawa semangat untuk mencari generasi baru band di Indonesia, Radio Gen 98.7 FM melakukan kolaborasi dengan Musica Studios, NET TV, dan Vidio untuk menggelar ajang pencarian bakat musik yang fokus mencari generasi baru anak band Indonesia. Generasi Anak Band diharapkan dapat menjadi wadah untuk musik bandu untuk kembali eksis di skena musik Indonesia. 

BACA JUGA: Mengapa Musik dengan Format Band Sudah Jarang Ditemui?

“Setiap hari, banyak sekali demo musik band yang kami terima. Sayangnya, tidak semua bisa kami tayangkan di radio. Dari sinilah kami merasa perlunya wadah yang lebih besar dan terarah bagi talenta band untuk unjuk kebolehan.”, jelas Adrian Syarkawie, President Director Gen 98.7 FM yang juga tergabung dalam grup Mahaka Radio Integra (MARI). 

Generasi Anak Band sendiri akan memulai audisinya di dua kota, yaitu Jakarta dan Surabaya. “Kami akan menggelar audisi di dua kota, yaitu Jakarta dan Surabaya. Keseluruhan rangkaian programnya juga akan tayang di platform on-air maupun digital sehingga seluruh Indonesia dapat menjadi bagian dari momen bersejarah ini.”, tambah Andika Januar, Program Director Gen 98.7 FM. 

Pada press conference yang digelar pada hari Rabu (09/08/2023) kemarin, hadir Adrian Syarkawie (President Director Gen 98.7 FM / MARI), Surya Hadiwinata (Business Development & Sales Marketing Director NET TV), Gumilang Ramadhan (Managing Director PT Musica Studios) dan Eva Stephanie Kurnia (Senior Vice President Content Vidio) yang mengumumkan bahwa sederet nama besar dan berpengaruh di industri musik Indonesia akan terlibat dalam penjurian Generasi Anak Band. 

Terbuka untuk Semua Genre Musik

Salah satu value dari musik anak band adalah genre yang sangat beragam. Dan di Indonesia sendiri, genre musik band pun beberapa kali mengalami perubahan. Di tahun 70an, berbagai band populer membawakan berbagai genre musik seperti pop yang populer dengan kehadiran Koes Plus. Kemudian di tahun 80an muncul berbagai band dengan genre pop dan juga disko. 

Di tahun 90an yang disebut sebagai golden era musik Indonesia muncul band-band dengan genre pop seperti Dewa 19 yang lagunya masih menjadi populer hingga sekarang. Kemudian di era 2000an dengan band dengan genre pop seperti Sheila on 7, Nidji, dan lain sebagainya. Selain itu, di era ini lahirlah para musisi indie, seperti Mocca, The Adams, dan lain sebagainya

Di era 2010an masuk ke era pop melayu yang sukses melahirkan nama-nama band seperti Wali, ST12, Kangen Band, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 3 Band Pop Melayu yang Masih Aktif di Indonesia

Dari adanya berbagai perubahan genre di tiap era, band sebagai sebuah format musik rasanya menawarkan berbagai macam variasi genre yang dapat dibawakan. Dan inilah yang coba dibawakan oleh Generasi Anak Band. Dimana semua band dengan segala bentuk genre diberi kesempatan untuk ikut serta di Generasi Anak Band. Sehingga, nantinya Generasi Anak Band akan diisi berbagai jenis band dengan genre yang variatif. 

Hadirkan Juri dan Mentor Berkualitas

Salah satu kesempatan yang luar biasa apabila mengikuti Generasi Anak Band adalah kesempatan untuk bertemu dan juga kesempatan untuk dimentori oleh musisi-musisi ternama Indonesia.

Tentunya, sebagai anak band yang sedang merintis bandnya, kesempatan ini dapat dijadikan momen penting untuk karir mereka ke depannya. Selain mendapatkan bimbingan langsung dari musisi-musisi ternama yang akan menjadi juri. Pemenang dari Generasi Anak Band pun akan mendapatkan kontrak minimal dua tahun dari Musica Studios. Yang mana hal ini disampaikan oleh Gumilang Ramadhan selaku Managing Director Musica Studios. 

Tentunya kesempatan ini akan menjadi momentum untuk para anak band untuk memperkuat karir mereka di dunia musik Indonesia. Terlebih, Musica Studios pun merupakan salh satu label musik Indonesia yang fokus untuk mencetak musisi lokal berkualitas dan Musica Studios pun sukses mencetak berbagai musisi besar di Indonesia. 

Segera Daftar Generasi Anak Band

Untuk pendaftaran Generasi Anak Band dapat mengakses link di bawah ini: 

Link pendaftaran Generasi Anak Band: GENerasi Anak Band 

 

banner