uploads/article/2023/08/3-band-pop-melayu-68548839fb91d99.png

3 Band Pop Melayu yang Masih Aktif di Indonesia

Di era sekarang, bisa dibilang musisi Indonesia dengan format band sudah jarang dijumpai. Kini, lebih banyak musisi Indonesia yang memilih untuk menjadi solois dibandingkan membentuk band.

Jauh sebelum format musik solois di Indonesia menjadi tren, di era 2000-an format musik dengan menggunakan band menjadi salah satu format musik yang digemari masyarakat Indonesia. Band seperti Nidji, Peterpan, Sheila on 7, dan lain sebagainya menjadi salah satu band yang digandrungi anak muda kala itu.

Namun, selain band-band seperti yang disebutkan sebelumnya, nyatanya terdapat band dengan aliran musik yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia, yaitu pop melayu. 

BACA JUGA: Rich Brian dan NIKI Musisi Lokal yang Dicintai Hingga Level Internasional

Apa Itu Pop Melayu?

Pop melayu pada dasarnya adalah genre musik pop rock dengan menggunakan irama Melayu. Umumnya, genre musik ini populer di Indonesia dan juga Malaysia. Band-band seperti ST12, Kangen Band, Raja, Wali, dan lain sebagainya menjadi salah satu pioneer lahirnya band-band pop melayu di Indonesia.

Namun, meskipun menjadi genre populer di Indonesia, nyatanya banyak orang yang menganggap musik pop melayu sebagai aliran yang ‘norak’. Namun, ironisnya, kini musik pop melayu seringkali menjadi tema karaoke di berbagai event festival musik di Indonesia.

Alasannya sederhana, lagu-lagu pop melayu nyanya mempunyai daya tarik dari sisi nostalgia. Banyak orang yang dulu menganggap lagu pop melayu sebagai genre yang ‘norak’ namun kini menganggap lagu pop melayu sebagai lagu yang asik untuk dinyanyikan bersama-sama.

Meskipun kini musisi band pop melayu sudah jarang tayang atau tampil di layar kaca atau festival musik. Nyatanya, masih terdapat band-band pop melayu yang aktif mengikuti atau menjadi bintang tamu di berbagai festival musik, dan bahkan dikenal oleh dunia internasional. Siapa sajakah band tersebut?

 Wali


Wali, band yang memiliki aliran pop melayu dengan nuansa religi ini menjadi salah satu band pop melayu tereksis di Indonesia dan bahkan Malaysia. Band pop melayu yang berdomisili di Ciputat, Tangerang ini nyatanya memiliki nama yang besar di Malaysia. Mereka beberapa kali tampil di sana untuk menghibur para fans nya. 

Hits-hits dari Wali seperti ‘Tobat Maksiat (Tomat), ‘Cari Jodoh’, ‘Baik-Baik Sayang’, dan lain sebagainya menjadi sekian dari lagu Wali yang masih eksis dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Di tahun 2020 kemarin, Wali merilis album berjudul ‘20.20’ yang berisikan 12 lagu. Wali menjadi salah satu band pop melayu yang hingga sekarang masih aktif dalam skena musik Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian 1 juta pendengar di tiap bulannya di platform streaming musik. 

Armada 


(Sumber: Instagram Armada)

Armada menjadi salah satu band pop melayu terpopuler di Indonesia. Lagu-lagu yang mereka miliki seringkali menjadi soundtrack berbagai serial FTV di Indonesia sehingga membantu band yang berasal dari Palembang ini makin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: 3 Perubahan Nama Fitur di Twitter 

Dengan lagu-lagu hits seperti “Asal Kau Bahagia’, ‘Mabuk Cinta’, ‘Mau Dibawa Kemana’, dan lain sebagainya menjadi salah satu hits dari Armada. Nama Armada pun seringkali mengisi OST berbagai film di Indonesia seperti mengisi OST dari salah satu film legendaris Indonesia yaitu ‘Si Doel The Movie’ dengan lagu ‘Si Doel Anak Sekolahan’.

Setia Band (Eks ST12)


(Sumber: Setia Band)

Sejarah Setia Band bermula dari perjalanan panjang band sebelumnya, ST12. Setelah mengalami perubahan formasi dan dinamika internal, akhirnya terbentuklah Setia Band sebagai kelanjutan dari perjalanan musik mereka. Dengan vokalisnya yang karismatik, Setia Band mampu menghadirkan lagu-lagu yang mampu menyentuh perasaan banyak orang. Lirik-lirik lagu mereka sering kali berbicara tentang cinta, pengorbanan, dan perjuangan, hal-hal yang mudah ditemukan dan dirasakan oleh pendengar di berbagai kalangan.

BACA JUGA: Menjelang Musim Ospek, Berikut 3 Kegiatan Ospek yang Mesti Dilakukan

ST12 atau Setia Band nyatanya memiliki daya tarik tersendiri. Vokalis mereka, Charly Van Houten nyatanya memiliki daya tarik melalui fashion yang digunakannya. Gaya rambut ala harajuku atau poni belah tengahnya nyatanya mampu memikat pecinta pop melayu di Indonesia

Kini Setia Band menjadi salah satu musisi pop melayu yang paling aktif di Indonesia. Mereka baru saja merilis single baru berjudul ‘Bukan Ku tak Sudi’.

Selain 3 band pop melayu yang disebutkan. Masih banyak band-band pop melayu yang ada di Indonesia. Namun, karir bermusiknya tidak lagi seaktif seperti di masa jaya mereka sebelumnya. Jadi, apakah musik pop melayu masih terlihat ‘norak’ di telinga kalian?

(RRY)

 

banner