uploads/article/2023/08/rich-brian-dan-niki-38010d7bb211630.png

Rich Brian dan NIKI Musisi Lokal yang Dicintai Hingga Level Internasional

Rich Brian dan NIKI menjadi bukti nyata dari kualitas musisi Indonesia. Keduannya nyatanya mampu menarik perhatian panggung internasional melalui karya-karya musiknya. 

Masuk ke dalam label musik Internasional seperti 88rising tentunya menjadi salah satu mimpi musisi muda Indonesia. Dan tentunya, sosok seperti Rich Brian dan NIKI pun nyatanya dapat menjadi inspirasi bagi musisi muda Indonesia. 

Lantas, apa yang menjadi kunci keberhasilan bagi Rich Brian, NIKI, atau musisi Indonesia yang sukses di level internasional?

Kualitas Bermusik

Kembali lagi, apa yang menjadikan Rich Brian dan NIKI sukses di industri musik Hollywood tentunya kembali ke kualitas musik yang mereka ciptakan.

Rich Brian dengan genre Hip Hop/Rap yang dimilikinya sukses menarik pasar Amerika Serikat yang notabenenya genre yang dimiliki Rich Brian relatif dimintai oleh mayoritas masyarakat di sana. 

Lalu, bagaimana dengan NIKI? 

Meskipun memiliki mayoritas musik yang bergenre R&B, nyatanya NIKI pun cukup adaptif dengan genre musik lain seperti Hip Hop/Rap ataupun musik Folk. Selain itu, NIKI pun seringkali berkolaborasi dengan musisi internasional lainnya seperti dengan Honne. Dan kolaborasi ini pun nyatanya menjadi bukti bahwa musisi internasional pun mengakui kualitas musik dari NIKI.

Bahkan, Rich Brian dan NIKI pun menjadi bagian dari pengisi soundtrack resmi dari salah satu film Marvel yaitu ‘Shang-Chi and the Legends of Ten Rings’ yang menunjukan kualitas musik mereka bahkan diakui oleh salah satu studio terbesar di dunia.

Selain itu, Rich Brian dan NIKI pun sukses masuk ke jajaran line up salah satu festival musik terbesar di Amerika Serikat yang berisikan musisi-musisi internasional kelas dunia yaitu Coachella. Dari sini, kita dapat melihat bahwa nyatanya musik dari Rich Brian dan NIKI pun diakui oleh festival musik internasional 

Representasi 

Selain kualitas musik, satu hal yang membuat musik dari Rich Brian dan NIKI diakui oleh industri internasional adalah representasi Indonesia dan masyarakat Asia yang mereka bawakan.

Nyatanya, nilai representasi inilah yang akhirnya membuat lagu-lagu yang dibawakan oleh Rich Brian dan NIKI terasa spesial. Rich Brian melalui lagunya yang berjudul ‘Kids’ menjelaskan bagaimana struggle dan harapannya sebagai etnis minoritas namun sukses di panggung dunia.

Kemudian lagu dari NIKI yang berjudul ‘High School in Jakarta’ merepresentasikan bagaimana pendidikan di Indonesia dan juga momen-momen bersekolah di Indonesia.

Selain melalui musik, aksi-aksi mereka pun nyatanya merepresentasikan diri mereka sebagai masyarakat Indonesia dan juga masyarakat Asia. Dan hal inilah yang akhirnya membuat masyarakat internasional mau menerima mereka. Rich Brian dan NIKI membawakan value yang belum pernah mereka temui, dan ketika mereka melihat hal tersebut, nyatanya value tersebut tepat sasaran ke hati masyarakat internasional.

(RRY)

 

banner