uploads/article/2023/08/bandung-dan-lahirnya-musisi-musisi-468254e787bc7a1.png

Bandung dan Lahirnya Musisi-Musisi Populer Indonesia

Bandung sebagai kota kreatif nyatanya selalu sukses melahirkan musisi lokal yang sukses menjadi populer di Indonesia dan bahkan dunia.

Label Bandung sebagai kota kreatif jelas tidak bisa diganggu gugat lagi. Berbagai industri kreatif terdapat di Bandung. Dan selayaknya kota kreatif, salah satu industri kreatif yang paling dikenal dari Bandung adalah musiknya.

Di Indonesia sendiri, Kota Bandung dikenal sebagai kota yang selalu sukses menjadi Kota yang ramah terhadap para pecinta musik. Berbagai gigs, festival musik, konser, dan musisi indie seringkali lahir di Kota Kembang ini.

Rasanya dengan besarnya industri musik di Bandung, julukan untuk Kota Bandung pun akan bertambah. Selain menjadi Kota Kembang, kini perlahan Bandung ingin dikenal sebagai Kota Tembang. 

Lantas, mengapa akhirnya Bandung seringkali sukses melahirkan nama-nama besar di industri musik Indonesia?

BACA JUGA: Belum Tentu Plagiat, Berikut 3 Alasan Mengapa Sebuah Lagu Memiliki Kesamaan dengan Lagu lain

Keberadaan Komunitas yang Sustain

Salah satu yang membuat industri musik di Bandung bergerak dengan pesat adalah keberadaan komunitas yang sustain. Keberadaan komunitas pecinta musik di Bandung sendiri telah hadir sejak era dekade 80an. Kala itu, Gelanggang Olahraga (GOR) Saparua menjadi saksi terbentuknya komunitas skena musik yang ada di Bandung.

Berbagai skena musik dari berbagai genre pun hadir meramaikan komunitas yang diadakan di GOR Saparua tersebut. Bahkan, terdapat jargon khusus di sana, yaitu “dari barudak, oleh barudak, dan untuk barudak”.

BACA JUGA: Seberapa Ngeselin Polisi Skena?

Berbagai grup musik pun menjadi bukti keberadaan komunitas dan skena yang sustain akan melahirkan musisi-musisi populer di Indonesia. Nama-nama seperti Burgerkill, Pure Saturday, Forgotten, Pas Band, Cherry Bombshell, menjadi satu dari sekian banyaknya musisi-musisi yang lahir dari keberadaan komunitas musik.

Keberadaan Universitas-Universitas di Bandung

Seringkali, sebuah band terbentuk di masa sekolah ataupun masa kuliah. Bandung yang memiliki berbagai macam universitas dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta selain mampu melahirkan civitas akademika, nyatanya mampu melahirkan musisi-musisi besar Indonesia.

Selain itu, keberadaan universitas-universitas ini juga nyatanya memberikan panggung tersendiri bagi para musisi kampus yang ingin memperluas pasarnya. Tentunya, sebagaimana yang kita tahu, universitas seringkali menjadi penyelenggara event-event musik ataupun festival musik baik yang ditujukan untuk internal universitas maupun eksternal yang mengundang masyarakat umum. Seringkali, event-event musik yang diadakan oleh universitas mengundang musisi-musisi kampus untuk menjadi opener ataupun pengisi pada event tersebut.

Sehingga, nama musisi-musisi kampus ini akan makin dikenal, baik lingkungan kampus maupun lingkungan daerah universitas tersebut berada. 

Banyaknya Event yang Diselenggarakan

Hadirnya komunitas dan keberadaan universitas-universitas di Bandung tentunya membuat event-event musik di Bandung berjumlah masif. Sehingga, panggung untuk musisi lokal untuk menunjukan diri ke masyarakat yang lebih luas tentunya makin bertambah.

BACA JUGA: 3 Musisi Indonesia yang Mengadaptasi Budaya Populer Jepang

Panggung-panggung dari event musik inilah yang nantinya akan melahirkan musisi-musisi lokal yang akan dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. 

(RRY)

 

banner