uploads/article/2023/12/film-horror-dominasi-film-971292bd590cb38.png

Film Horror Dominasi Film Terpopuler di Indonesia di Sepanjang Tahun 2023

Dari banyaknya film yang rilis di Indonesia di sepanjang tahun 2023, terdapat beberapa film yang sukses menjadi film terpopuler di sepanjang tahun 2023 ini. Terlebih, pasca pandemi Covid-19 sendiri, industri film di Indonesia bisa dibilang cukup produktif untuk memproduksi film-film baru. 

Melalui artikel ini, penulis akan membagikan list film Indonesia terpopuler di sepanjang tahun 2023 ini. Sebagai reminder, kepopuleran ini didasari dengan jumlah penonton ya, Sobat Gen! 

BACA JUGA: 5 Series Terpopuler di Netflix yang Wajib Kamu Tonton!

1. Sewu Dino


Sutradara Kimo Stamboel dari MD Pictures sekali lagi menunjukkan keahliannya dalam menyutradarai film horor yang sangat diminati oleh penonton. Sewu Dino mencapai prestasi sebagai film Indonesia terlaris sepanjang tahun 2023, dengan 4,8 juta penonton yang menonton film ini yang dibintangi oleh Mikha Tambayong.

2. Di Ambang Kematian


Di Ambang Kematian berhasil mempertahankan popularitasnya sejak rilis pertama pada 28 September 2023. Film yang diadaptasi dari utas viral @jeropoint ini, diproduksi oleh MVP Pictures, berhasil menggabungkan elemen horor dengan narasi yang kuat. Diarahkan oleh Azhar Kinoi Lubis, film ini juga menampilkan penampilan terbaik dari para pemainnya seperti Taskya Namya, Wafda Saifan, Teuku Rifnu Wikana, dan Kinaryosih. Di Ambang Kematian berhasil mencapai total penonton sebanyak 3,3 juta.

3. Air Mata di Ujung Sajadah


Air Mata di Ujung Sajadah membuktikan bahwa selera penonton Indonesia tidak hanya terbatas pada film horor. Produksi dari Beehave Pictures ini, yang menempati peringkat ketiga dengan total 3,1 juta penonton, memberikan pengalaman dramatis yang mendalam. Kisah mengharukan yang diperankan oleh Titi Kamal berhasil menyentuh hati penonton dan memicu reaksi emosional yang menguras air mata.

BACA JUGA: Mengapa Film Horor 2010an Sering Menggunakan Bumbu ‘Porno”

4. Petualangan Sherina 2


Petualangan Sherina 2 sukses menarik perhatian penonton dengan sentuhan nostalgia dan cerita yang segar. Film karya Miles Films ini meraih posisi keempat dengan total penonton mencapai 2,4 juta. Kolaborasi antara Sherina Munaf dan Derby Romero menghadirkan nuansa nostalgia setelah dua dekade lamanya.

5. Waktu Maghrib


Waktu Maghrib kembali memperkuat reputasi Rapi Films sebagai produsen film horor unggulan di Indonesia. Film ini, yang disutradarai oleh Sidharta Tata, berhasil meraih kesuksesan dengan jumlah penonton sebanyak 2,4 juta, hanya sedikit terpaut dari Petualangan Sherina 2.

6. Suzzanna: Malam Jumat Kliwon


Suzzanna: Malam Jumat Kliwon, film horor dari Soraya Intercine Films yang diadaptasi dari film tahun 1986, menempati peringkat keenam. Dengan Luna Maya kembali memerankan karakter Suzzanna, film kedua dari proyek "Suzzanna Reborn" ini berhasil menarik perhatian 2,1 juta penonton selama penayangan di bioskop.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Series On Going yang Bisa Kamu Tonton!

7. 172 Days


172 Days merupakan film terakhir yang berhasil menembus angka dua juta penonton sepanjang tahun 2023. Film drama produksi Starvision Plus ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Nadzira Shafa. Jumlah penontonnya masih terus bertambah karena film ini masih tayang di berbagai bioskop di Indonesia.

Tujuh film di atas menjadi film-film terpopuler di indonesia di sepanjang tahun 2023 ini. Dari ketujuh film tersebut, Sobat Gen sudah menonton yang mana saja? (*/)

(RRY)

banner