uploads/article/2024/02/zaman-sudah-berubah-berikut-652470ef48f172c.png

Zaman Sudah Berubah: Berikut 5 Pekerjaan yang Diincar Oleh Gen Z!

Dulu, beberapa orang tua dari Sobat Gen tentunya memiliki cita-cita untuk menjadi PNS, pegawai korporat, atau abdi negara seperti tentara atau polisi. Tentunya, cita-cita tersebut lahir karena di era orang tua Sobat Gen hidup, jenis pekerjaan tersebut jadi jenis pekerjaan yang paling populer dan menjanjikan. Namun, seiring berkembangnya zaman, variasi dari jenis pekerjaan pun semakin berkembang.

Dengan demikian, nggak bisa dipungkiri kalau akhirnya Sobat Gen yang merupakan Gen Z punya cita-cita yang berbeda dengan orang tua Sobat Gen. Apalagi, sejak adanya perkembangan teknologi dan informasi, variasi dan jenis pekerjaan pun semakin beragam. 

Akan tetapi, dari berbagai variasi pekerjaan yang kini ditawarkan. Terdapat beberapa jenis pekerjaan yang menjadi incaran atau cita-cita dari Gen Z. Apa saja kah jenis pekerjaan tersebut?

BACA JUGA: Ingin Terapkan Pola Hidup Produktif? Lakukan 5 Hal Ini! 

1. Digital Marketer

Sebagaimana yang Sobat Gen sudah tau. Sejak berkembangnya teknologi dan informasi, beberapa sektor pekerjaan pun mulai mengalami transisi digital. Salah satu sektor yang terdampak adalah marketing. Kalau dulu merketing dilakukan secara door to door, kini berkat internet, para marketer nggak perlu menjual produknya secara fisik. Cukup melalui online shop, campaign di media sosial, dan kegiatan digital marketing lainnya. Kini, para marketer bisa menjangkau pasar yang lebih luas. 

2. Social Media Specialist

Beririsan dengan digital marketing. Salah satu jenis pekerjaan yang dibutuhkan dan diincar oleh Gen Z adalah social media specialist. Biasanya, social media specialist akan bertanggung jawab atas akun media sosial brand, klien, atau perusahaan tempat mereka bekerja. Berbagai pekerjaan, mulai dari pembuatan konten dengan berbagai tujuan (awareness, selling, dan lain sebagainya), analisis traffic, menentukan brand voice di media sosial, dan berbagai pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan media sosial. 

BACA JUGA: 4 Pekerjaan yang Bisa Kamu Tekuni Apabila Memiliki Suara yang Bagus 

3. Video Editor

Dengan banyak content creator di Indonesia, maka pekerjaan sebagai video editor pun semakin dibutuhkan. Terlebih, untuk menjadi video editor pun biasanya tidak dituntut untuk memiliki 'sertifikasi' atau ijazah kuliah dan lain sebagainya. Selain itu, menjadi seorang video editor pun setidaknya membuat Gen Z dapat menuangkan kreativitas mereka melalui editan-editan yang keren, lucu, dan juga menghibur.

4. Data Analyst

Salah satu dampak dari perkembangan teknologi dan informasi adalah perkembangan data yang semakin pesat. Sehingga, pada akhirnya keberadaan sosok data analyst sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Dengan tingkat kesulitan bekerja yang tinggi, maka jaminan untuk mendapat gaji yang tinggi pun menjadi alasan bagi Gen Z untuk mengincar jenis pekerjaan ini. 

BACA JUGA: Alasan Mengapa Banyak Orang Membenci Hari Senin

5. Content Creator

Konsep bekerja untuk diri sendiri kayaknya udah menjadi cita-cita bagi para Gen Z. Selain berbisnis jenis pekerjaan lain yang dapat menerapkan konsep ini adalah menjadi content creator. Pada dasarnya, menjadi content creator adalah pekerjaan yang 'mudah' namun menantangSobat Gen harus menentukan karakter, jenis konten yang dibuat, atau bahkan harus bisa mengedit konten sendiri apabila nggak mempunyai video editor. Namun, dengan konsep bekerja untuk diri sendiri inilah yang akhirnya membuat Gen Z tertarik untuk menekuni profesi sebagai content creator.

BACA JUGA: Kenalan dengan Sosok Maria Zhang: Sosok Pemeran Suki di Avatar The Last Airbender yang Buat Penonton Tersuki-Suki 

Lima jenis pekerjaan di atas rasanya menjadi jenis pekerjaan yang sering kali dicita-citakan oleh Gen Z. Terlepas dari cita-cita di atas, apa pun pekerjaannya, selagi Sobat Gen merasa nyaman dan mampu memberikan kontribusi terhadap masyarakat berkat pekerjaan tersebut semua pekerjaan ya sama saja. (*/)

banner