uploads/article/2023/10/5-istilah-yang-seringkali-184748a1de9e470.png

5 Istilah yang Seringkali Kamu Lihat di Konser dan Festival Musik

Sobat Gen, kalian pasti sepakat kalau belakangan ini makin banyak konser atau festival musik di Indonesia. Saking banyaknya konser atau festival musik di Indonesia, bisa dibilang hampir tiap minggu terdapat festival atau konser musik, baik dalam skala kecil maupun besar.

Bisa dibilang, banyaknya festival ataupun konser musik di Indonesia disebabkan karena dalam kurun waktu 2 tahun, festival atau konser musik di Indonesia sempat mati total akibat pandemi covid-19. Selain itu, makin banyaknya musisi dan juga antusiasme masyarakat, bisa dibilang menjadi alasan kenapa festival dan konser musik makin banyak di Indonesia.

Tapi nih, Sobat Gen emangnya sudah sepaham apa sih dengan hal-hal terkait festival atau konser musik? Sudahkah Sobat Gen memahami arti kata CAT, FOH, Festival, dan lain sebagainya yang seringkali muncul di berbagai postingan seputar festival atau konser musik?

Kalau Sobat Gen belum paham apa arti dari istilah-istilah di atas, tenang. Melalui artikel ini, penulis akan membagikan arti dari berbagai istilah yang seringkali Sobat Gen temui.

BACA JUGA: Siapa yang Perlu Kita Ajak saat Ingin Menonton Konser? 

1. CAT

Kata ‘CAT’ disini bukan berarti kucing dalam bahasa Inggris ya Sobat Gen. CAT disini merupakan akronim dari kata ‘Category’ dalam bahasa Inggris atau ‘kategori’ dalam bahasa Indonesia.

Kata CAT mungkin sering Sobat Gen lihat ketika promotor konser atau festival musik membagikan denah atau price list dari tiket festival atau konser musik yang akan mereka adakan. 

Nantinya, setiap CAT ini memiliki harga yang berbeda sesuai dengan denah tempat duduk yang akan Sobat Gen dapatkan. Biasanya, CAT yang dekat dengan panggung akan memiliki harga yang relatif lebih mahal, dan CAT yang berada jauh dari panggung akan mendapatkan harga yang relatif lebih murah. 

2. FOH

FOH, terdengar sebagai sesuatu yang tidak ada arti, namun nyata memiliki arti. FOH adalah Front of House. FOH sendiri seringkali terlihat di dalam layout tempat duduk yang dibagikan oleh promotor. FOH sendiri merupakan istilah yang ditujukan kepada tim utama yang bertugas mengontrol perangkat dari sound system (soundman), lighting, dan multimedia. Sederhananya, FOH merupakan bagian dari tim yang menjalankan konser atau festival musik. 

BACA JUGA: 4 Langkah yang dapat Dilakukan Apabila Sobat Gen Menjadi Korban Pelecehan Seksual di Festival Musik! 

3. Festival

Ada istilah ‘festival’ di dalam festival musik? Maksudnya gimana sih? Masih seputar CAT, nantinya suatu CAT akan dibagi lagi menjadi berbagai pilihan termasuk festival ini. Jadi, festival disini merupakan bagian dari kategori yang disediakan promotor untuk para calon pembeli. 

Yang spesial dari kategori festival ini adalah mereka yang membeli tiket festival akan menonton konser atau festival musik dengan berdiri tanpa tempat duduk. Meskipun berdiri, tiket konser festival merupakan tier kategori yang paling mahal karena paling dekat dengan panggung dan juga memiliki benefit lain. 

4. Early Bird

Early bird merupakan istilah yang merujuk terhadap jenis tiket yang dijual sebelum presale. Jadi, apabila Sobat Gen membeli tiket early bird, biasanya Sobat Gen tidak akan tahu mengenai line-up musisi yang akan tampil dari festival musik tersebut. 

BACA JUGA: Sejarah dan Perkembangan Festival Musik di Indonesia 

Selain itu, beberapa penyelenggara juga mengenakan ketentuan terkait pemegang tiket early bird untuk mendapatkan early entry. Early entry adalah pembatasan yang diberlakukan oleh penyelenggara acara konser kepada pemegang tiket khusus, yang memungkinkan mereka memasuki area konser sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Biasanya, sebelum konser atau festival dimulai, pemegang tiket early bird diharuskan sudah berada di tempat acara tersebut, yaitu Sobat Gen. 

5. Soundcheck

Sesuai dengan namanya, soundcheck merupakan proses pemeriksaan dan penyesuaian suara sebelum konser atau festival musik tersebut. Nah, Sobat Gen, biasanya salah satu benefit yang didapatkan oleh Sobat Gen jika membeli tiket festival adalah dengan mendapatkan akses menonton soundcheck. Sehingga, experience yang Sobat Gen rasakan lebih terasa dibandingkan dengan menonton konser pada biasanya. 

5 istilah tersebut adalah istilah yang seringkali muncul ketika akan diselenggarakan suatu festival atau konser musik.(*/)

(RRY)

 

banner