uploads/article/2023/12/sering-dianggap-sama-berikut-12578313b69411a.png

Sering Dianggap Sama, Berikut Perbedaan dari Studio Animasi Pixar dan DreamWorks

Salah satu studio animasi yang paling dikenal di dunia adalah Pixar dan juga DreamWorks. Meskipun kedua studio animasi ini punya nama yang jauh berbeda, nggak jarang orang-orang menganggap kalau dua studio animasi ini sama. 

Pada kenyataannya, Pixar dan DreamWorks adalah dua studio animasi yang berbeda. Memang, keduanya sama-sama berasal dari Amerika Serikat. Tapi, hal tersebut nggak serta merta membuat mereka menjadi satu studio animasi yang sama.

Sebagai contoh, film-film animasi yang diproduksi Pixar adalah seri Toy Story, seri Cars, Monster Inc, Monster University, Up, dan lainnya. Di sisi lain, film-film animasi dari DreamWorks antara lain, seri Shreks, seri Kung Fu Panda, seri Madagascar, Puss in Boots, dan lain sebagainya.

Nah Sobat Gen, melalui artikel ini penulis akan mencoba menjelaskan perbedaan dari dua studio animasi ini nih! Jadi, apa aja sih perbedaan dari keduanya.

BACA JUGA; Sering Dikatakan Sama, Berikut 4 Perbedaan Antara Anime dengan Kartun

Sejarah Pixar dan DreamWorks

Pixar Animation Studios atau Pixar merupakan studio animasi komputer yang berasal dari Amerika Serikat yang berlokasi di Emeryville, California. Awalnya, Pixar merupakan Lab Grafik Komputer dari Institut Teknologi New York di tahun 1974-1979. Barulah pada 3 Februari 1986, nama Pixar berdiri di Richmond, California. Salah satu daya tarik dari animasi Pixar adalah CGI dari film animasi Pixar dibuat dengan PhotoRealistic Renderman. 

Disney Pixar beda nggak sih dengan Pixar?

Sebenarnya, bisa dibilang baik Disney Pixar maupun Pixar adalah dua entitas yang sama. Pixar sebagai studio animasi membutuhkan biaya untuk mendistribusikan film mereka, makanya mereka bekerja sama dengan Walt Disney Pictures untuk mendistribusikan film mereka. Tapi, bukan berarti film animasi Pixar selalu terafiliasi dengan Disney ya! Makanya, untuk membedakan film animasi original Disney dengan yang berkolaborasi dengan Pixar, biasanya akan ada tambahan kata ‘Disney Classic’ yang original buatan Disney, dan ‘Disney Pixar’ yang merupakan hasil kerja sama Disney dan Pixar.

Sekarang, kita pindah ke kompetitor terbesar dari Pixar, yaitu DreamWorks. DreamWorks Animation, L.L.C. atau yang Sobat Gen kenal dengan DreamWorks Animation merupakan studio animasi yang berasal dari Amerika Serikat. Kalau Pixar terafiliasi dengan Disney, maka DreamWorks merupakan anak perusahaan dari Universal Studios.

DreamWorks sebagai kompetitor dari Pixar pun berdiri pada tanggal 12 Oktober 1994. Dirikan oleh kreator kartun legendary Spongebob SquarePants, yaitu Steven Spielberg. DreamWorks bisa dibilang menjadi studio animasi yang mampu menyaingi dan bahkan menyalip Pixar di berbagai kesempatan. 

BACA JUGA: Dari Wakanda sampai Konoha, Berikut Nama-Nama Lain Indonesia yang Kerap Digunakan di Media Sosial 

Pixar vs DreamWorks

Pada akhirnya, sebagai studio animasi paling populer di dunia. Kedua studio animasi ini akhirnya menjadi kompetitor. Bahkan, para fans dari kedua studio animasi tersebut beberapa kali berdebat untuk mendapatkan titel studio animasi terbaik. 

Tapi, satu hal yang pasti dari kedua studio animasi ini adalah keduanya selalu sukses memberikan film yang menemani masa anak-anak hingga dewasa kita. Karena, mau setua apapun umur kita, pada kenyataannya kita sebagai orang dewasa cenderung lebih dapat menikmati film-film dari Pixar maupun DreamWorks yang notabenenya merupakan film ‘anak-anak’. 

Nah Sobat Gen, tadi adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan dari Pixar dan DreamWorks. Jadi, apa film dari Pixar dan DreamWorks yang paling Sobat Gen tunggu? (*/)

(RRY)

 

banner