uploads/article/2023/11/bukan-cuma-anime-4-891448c563d1ca3.png

Bukan Cuma Anime, 4 Musisi Jepang Ini Pun Populer di Indonesia

Anime di Indonesia bisa dibilang sudah menjadi tontonan wajib bagi banyak orang nih, Sobat Gen. Terlebih, sejak anime bisa diakses dari berbagai platform layanan streaming seperti Netflix, Disney+, dan bahkan YouTube, masyarakat Indonesia semakin sering buat nonton anime sebagai pilihan hiburan mereka. 

Nah, selain anime yang semakin populer, pop culture dari Jepang lainnya pun semakin populer di Indonesia, salah satunya adalah musik J-Pop. Nggak bisa dipungkiri, kepopuleran anime kayaknya cukup membuat musik J-Pop semakin populer di Indonesia. Karena, nggak jarang anime-anime ini menggunakan lagu-lagu dari musik J-Pop sebagai ost anime mereka, makanya pada akhirnya semakin banyak juga orang Indonesia yang dengerin lagu-lagu J-Pop.

Tapi, Sobat Gen tau nggak sih kalau sebenarnya sudah cukup banyak musisi-musisi J-Pop yang populer di Indonesia, dan bahkan menginspirasi musisi-musisi nasional, seperti Vierratale dan J-Rocks.

Melalui artikel ini, penulis ingin memberikan informasi untuk Sobat Gen tentang musisi-musisi Jepang yang populer di Indonesia. Siapa saja musisi-musisi tersebut?

BACA JUGA: Kenapa Karaoke Night Kini Populer di Kalangan Anak Muda? 

1. Mayumi Itsuwa

Untuk Sobat Gen yang besar di tahun 90-an, sosok Mayumi Itsuwa bisa dibilang jadi salah satu musisi Jepang yang lebih populer di Indonesia dibandingkan di Jepang nih, Sobat Gen! Lagu Mayumi Itsuwa yang berjudul ‘Kokoro No Tomo’ jadi salah satu lagu Jepang yang populer di Indonesia. 

Lagu ini bahkan jadi lagu wajib yang disetel kalau Indonesia sedang mengadakan event resmi diplomatik dengan Jepang. Bahkan, lebih gokilnya lagi, lagu Kokoro No Tomo lebih dulu populer di Indonesia dibandingkan di Jepang. 

2. L’Arc~en~Ciel

L’Arc~en~Ciel atau lebih dikenal dengan Laruku bisa dibilang menjadi salah satu band Jepang paling populer di Indonesia. Band yang terbentuk pada tahun 1991 ini sempat mengadakan konser di Indonesia pada tahun 2012. 

Laruku mengalami masa populernya di Indonesia pada awal tahun 2000-an dan salah satu lagu favorit masyarakat Indonesia adalah ‘Stay Away’ yang video klipnya dimainkan di berbagai stasiun televisi di Indonesia. 

BACA JUGA: Nujabes: Sosok Penting di Balik Kesuksesan Musik Lo-Fi 

3. One Ok Rock

Selain Laruku, band rock lain yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah One Ok Rock. One Ok Rock sendiri baru saja mengadakan konser di Indonesia September kemarin. Bahkan, saking antusiasnya masyarakat Indonesia dengan One Ok Rock, pihak promotor dan One Ok Rock pun sepakat untuk menambah hari konser dari One Ok Rock. 

Salah satu alasan banyak masyarakat Indonesia yang menyukai One Ok Rock adalah karena band satu ini memiliki nuansa musik yang nggak kejepangan layaknya band-band Jepang pada umumnya. Terlebih, One Ok Rock pun memiliki lagu berbahasa Inggris yang cukup banyak, sehingga memudahkan masyarakat Indonesia untuk memahami arti dari lagu tersebut. 

BACA JUGA: Ramai Dibahas Dibahas Oleh Para Wibu, Berikut Arti dar ‘Waifu’ dan ‘Husbando’!

4. Yoasobi

Salah satu musisi Jepang yang kecipratan kepopuleran anime di Indonesia adalah Yoasobi. Yoasobi sendiri merupakan grup musik yang berisikan duo musisi, dengan Lilas Ikuta sebagai vokalis dan Ayase sebagai komponis. 

Salah satu lagu paling populer dari Yoasobi adalah ‘Yoru Ni Kakeru’. Salah satu daya tarik dari lagu Yoasobi adalah lagu-lagunya yang bertemakan tentang kondisi mental seseorang yang kini menjadi topik yang erat di kalangan anak muda.

Empat musisi di atas menjadi musisi-musisi Jepang yang populer di Indonesia. Dari era 90an, 2000an, hingga era sekarang, lagu-lagu dari musisi Jepang nyatanya selalu diterima oleh masyarakat Indonesia. (*/)

(RRY)

 

banner