uploads/article/2023/09/3-alasan-mengapa-sheila-42627a4e82f2c40.png

3 Alasan Mengapa Sheila On 7 Menjadi Band Favorit Masyarakat Indonesia!

Musik Indonesia terus mengalami perkembangan, termasuk musisinya. Meski kini era band sudah tidak sepopuler dulu, nyatanya terdapat satu band yang selalu dinanti oleh masyarakat Indonesia. 

Baik Sobat Gen yang masih muda maupun tua, tentunya mengenai band asal Yogyakarta ini. Saking populernya, banyak orang yang menganggap band satu ini tidak memiliki haters. Band tersebut adalah Sheila On 7.

Sheila On 7 yang kini beranggotakan Duta (vokalis), Eross (Gitaris), dan Adam (bassist) tampil di Pestapora 2023 dengan luar biasa. Dari foto yang diambil oleh akun X @tuantria, Sobat Gen dapat melihat lautan manusia yang mengerubungi stage tempat Sheila On 7 tampil.

BACA JUGA: Sejarah dan Perkembangan Festival Musik di Indonesia 

Penonton Sheila On 7 di Pestapora 2023 (Foto: @tuantria)



Dari adanya foto tersebut, setidaknya kita dapat menyepakati bahwa Sheila On 7 pada dasarnya merupakan band populer di Indonesia. Klaim ini pun dapat dibuktikan dengan kesuksesan  Sheila On 7 yang sukses menjual album fisik hingga tembus 1 juta copy. Album-album tersebut adalah ‘Self Titled (1999)’, ‘Kisah Klasik untuk Masa Depan (2000)’, dan ‘07 Des (2002)’.

Lantas, mengapa akhirnya Sheila On 7 dapat menjadi salah satu band terpopuler di Indonesia? Apa yang membuat Sheila On 7 sukses bertahan di era solois ini?

1. Kualitas Musikalisasi 

Salah satu alasan utama yang akhirnya membuat Sheila On 7 dapat bertahan di industri adalah kualitas musik yang mereka berikan. Kesuksesan Sheila On 7 sebagai “Band Satu Juta Copy’ rasanya menjadi bukti kecil dari kualitas musik Sheila On 7 di industri musik Indonesia. 

Lagu-lagu Sheila On 7 yang easy listening menjadi bukti bahwa kualitas musik dari Sheila On 7 digemari oleh masyarakat Indonesia. Sehingga, dengan kualitas musik yang rasanya tidak akan lekang oleh waktu ini, akhirnya membuat lagu-lagu Sheila On 7 terus dinyanyikan dari generasi ke generasi. 

BACA JUGA: Generasi Anak Band Hadir untuk Temukan Band Paling Keren dan Berbakat Se-Indonesia

2. Lagu yang Relatable

Selain kualitas musik, lagu-lagu dari Sheila On 7 pun rasanya cukup relatable dengan masyarakat Indonesia. Sobat Gen tentunya pernah memainkan lagu-lagu dari Sheila On 7 kan? Misalnya, ketika lagi nongkrong bersama teman, Sobat Gen tentunya pernah jamming lagu Sheila On 7 yang berjudul “Sebuah Kisah Klasik’ bersama teman nongkrong. Atau contoh lainnya adalah ketika Sobat Gen sedang galau, tentunya dalam momen-momen galau tersebut, Sobat Gen sempat sing a long lagu-lagu Sheila On 7 yang bertemakan mengenai patah hati, seperti ‘Berhenti Berharap’ atau yang lainnya. 

Lagu-lagu Sheila On 7 pada akhirnya menjadi lagu wajib yang dinyanyikan oleh masyarakat Indonesia di momen-momen tertentu. Selain karena lagunya easy listening, lirik-lirik yang relatable menjadi alasan lain mengapa akhirnya lagu-lagu Sheila On 7 tetap dimainkan dari generasi ke generasi.

3. Attitude 

Terlepas dari sisi musik dan lagu, Sheila On 7 nyatanya menjadi salah satu band yang dikenal memiliki attitude yang baik dan tidak neko-neko. Sheila On 7 pun bisa dibilang menjadi salah satu band yang jarang memiliki pemberitaan negatif dari media. Selain itu, Sheila On 7 pun nyatanya menjadi salah satu band favorit para event organizer karena dianggap nggak neko-neko dan memiliki riders yang simpel jika dibandingkan dengan band besar lainnya.

BACA JUGA: Bandung dan Lahirnya Musisi-Musisi Populer Indonesia 

Dengan adanya dua hal tersebut, rasanya cukup fair untuk mengatakan Sheila On 7 sebagai salah satu band dengan attitude yang baik. Meskipun, pada akhirnya kita tidak memiliki hak untuk mengetahui kehidupan privasi tiap personilnya, setidaknya sebagai musisi, Sheila On 7 dirasa memiliki attitude yang baik. 

3 hal tersebut rasanya menjadi daya tarik tersendiri dari Sheila On 7 yang akhirnya mampu membuat mereka bertahan di industri musik Indonesia. Meskipun kini personil aktifnya hanya tersisa 3 orang, nyatanya kecintaan masyarakat Indonesia terhadap band asal Yogyakarta ini makin besar dan membuat kita para penggemarnya atau Sobat Gen memiliki ‘Sebuah Kisah Klasik’ yang dapat kita ceritakan di hari tua nanti.(*/)

(RRY)

 

banner