uploads/article/2023/09/5-keuntungan-jika-kamu-792012fe39be671.png

5 Keuntungan Jika Kamu Menguasai Bahasa Isyarat!

Seiring berkembangnya kebutuhan manusia, tentunya side skills menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh manusia. Side skills ini dapat berupa soft skills yang dapat kita pelajari secara otodidak di internet, maupun soft skills yang kita pelajari dari kursus-kursus yang tersedia.

Umumnya, side skills yang seringkali ditekuni oleh masyarakat Indonesia adalah kemampuan berbahasa asing. Berbagai bahasa asing yang dirasa memberikan keuntungan mulai dari Bahasa Jepang, Korea, Mandarin, dan lain sebagainya menjadi salah satu dari sekian banyaknya bahasa asing yang dipelajari oleh masyarakat Indonesia.

Namun, nyatanya terdapat side skills lain dalam bentuk bahasa yang nyatanya dapat kita pelajari. Bahasa tersebut adalah bahasa isyarat atau sign language. 

Nyatanya, sign language di era sekarang menjadi salah satu skills yang sangat penting untuk kita pelajari. Bahkan, berbagai lini mulai menggunakan interpreter bahasa isyarat guna membantu teman-teman berkebutuhan khusus. Sebagai contoh, kita seringkali melihat interpreter bahasa isyarat di pidato-pidato kenegaraan yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keberadaan interpreter bahasa isyarat ini tentunya membantu teman-teman berkebutuhan khusus untuk memahami apa yang disampaikan Presiden Jokowi pada pidatonya. 

BACA JUGA: Seberapa Penting Personal Branding? 

Maka dari itu, rasanya kemampuan menggunakan bahasa isyarat nyatanya memberikan berbagai keuntungan baik bagi kita pribadi maupun bagi teman-teman berkebutuhan khusus. Dan berikut ini, 5 keuntungan yang dapat kalian dapatkan dari kemampuan untuk menggunakan bahasa isyarat.

1. Membantu Teman-Teman Tunarungu

Salah satu keuntungan yang dapat kita dapatkan dari kemampuan menggunakan bahasa isyarat adalah kita dapat membantu teman-teman tunarungu. Setidaknya, dengan kemampuan bahasa isyarat yang kita miliki, kita dapat membantu teman-teman tunarungu sebagai interpreter ataupun penyambung komunikasi mereka dengan orang-orang yang belum bisa menggunakan bahasa isyarat. 

Dengan demikian, teman-teman tunarungu dapat merasa lebih aman dan tenang apabila banyak dari masyarakat Indonesia yang mampu menggunakan bahasa isyarat. Karena, mereka mampu menjadi penyambung komunikasi teman-teman tunarungu dengan masyarakat awam.

2. Membantu Kita Berkomunikasi dengan Teman Tunarungu

Sejalan dengan keuntungan pertama, dengan kita dapat menggunakan bahasa isyarat, tentunya akan memudahkan kita berkomunikasi dengan teman-teman tunarungu yang ada. Terlebih, beberapa perusahaan kini mulai mempekerjakan teman-teman tunarungu. Sehingga, dengan memiliki kemampuan menggunakan bahasa isyarat, hal tersebut tentunya akan semakin memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan mereka.

BACA JUGA: Apa yang Membedakan Frugal Living dan Minimalisme?

3. Menambah Pengalaman dan Teman

Selain dapat membantu teman-teman tunarungu, nyatanya memiliki kemampuan bahasa isyarat pun memiliki keuntungan bagi diri sendiri. Dengan memiliki kemampuan menggunakan bahasa isyarat, kita dapat memiliki pengalaman baru dan teman baru. Karena, nyatanya para pengguna bahasa isyarat seringkali tergabung dalam suatu komunitas. Sehingga, tentunya hal tersebut akan memberikan pengalaman baru bagi diri kita sendiri dan juga memperluas relasi kita dengan orang baru. 

4. Menambah Skills dan Peluang Kerja

Dengan memiliki kemampuan berbahasa isyarat, tentunya hal tersebut menjadi skill baru bagi diri kita. Dan tentunya, skill ini nantinya akan membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan yang memang membutuhkan skill tersebut. Sehingga, dengan memiliki skill untuk menggunakan bahasa isyarat tersebut, tentunya akan mempermudah kita untuk mendapatkan peluang kerja. 

BACA JUGA: 4 Hal yang Perlu Dilakukan agar Kamu Lulus Social Media Checking Ketika Melamar Pekerjaan

5. Meningkatan Awareness

Salah satu keuntungan lain dari kemampuan menggunakan bahasa isyarat untuk masyarakat  luas adalah meningkatkan awareness mengenai komunitas tunarungu terhadap masyarakat umum. Nyatanya, masih banyak masyarakat umum yang menganggap sebelah mata teman-teman tunarungu. Dengan mempelajari kemampuan menggunakan bahasa isyarat, tentunya hal tersebut akan meningkatkan awareness masyarakat umum mengenai teman-teman tunarungu dan pentingnya menguasai bahasa isyarat.

Dengan 5 keuntungan tersebut, tentunya kemampuan bahasa isyarat memberikan keuntungan bagi kita, teman-teman tunarungu, dan juga masyarakat luas. Sehingga, kemampuan ini rasanya wajib untuk dikuasai sebagai side skills yang ingin kita miliki. 

(RRY)

 

banner