uploads/article/2024/03/serem-orang-ini-setiap-118480046299953.png

Serem! Orang Ini Setiap Harinya Melihat Sosok Iblis di Wajah Orang

Setan atau iblis bisa dibilang menjadi salah satu sosok yang ditakuti oleh manusia. Wujud fisiknya yang memang seram, dan juga motif kehadirannya yang sering kali membawa kematian, pada akhirnya membuat sosok iblis menjadi sosok yang sangat ditakuti oleh manusia. 

Akan tetapi, secara logika, manusia nggak memiliki kemampuan untuk 'melihat' sosok astral tersebut. Mungkin, di beberapa kasus manusia dapat melihat kehadiran atau wujud fisik dari iblis secara nggak sengaja. Tapi, bagaimana jadinya jika manusia nyatanya dapat dan bahkan selalu melihat wujud iblis?

BACA JUGA: Mengapa Film Horor 2010an Sering Menggunakan Bumbu ‘Porno”

Fenomena Prosopometamorphopsia (PMO)

Pada kenyataannya, manusia nyatanya mampu melihat wujud 'iblis' di kehidupan nyata. Hal ini terjadi pada seorang pria asal Tennessee, Amerikqa Serikat, Victor Sharrah yang mengindap sebuah sindrom langka.

Dalam kesehariannya, Sharrah dipaksa untuk melihat wajah-wajah orang lain selayaknya iblis atau monster. Dalam sudut pandangnya, Sharrah akan melihat wajah orang lain menjadi sosok yang terlihat menyeringai dan tentunya hal tersebut pun membuat dirinya takut. 

"Anda tak dapat membayangkan betapa menakutkannya itu," ujar Sharrah, mengutip dari CNN. 

Sebagaimana wujud iblis, Sharrah akan melihat wajah orang lain sebagai sosok yang memiliki senyuman yang menyeringai aneh, mata yang panjang, dan juga ditambah dengan berbagai luka goresan yang dalam. Ketika seseorang yang dilihatnya menoleh, Sharrah akan melihat seseorang tersebut memiliki telinga yang panjang selayaknya sosok iblis. 

Secara medis, kondisi yang dialami Sharrah disebut dengan prosopometamorphopsia (PMO). Dengan kondisi ini, otak akan membuat kita melihat wahah orang lain tampak terdistorsi, baik dalam bentuk, tekstur, posisi dan warna. 

Adapun dalam jurnal yang dipublikasikan di The Lancet, sindrom PMO ini biasa disebut dengan 'demon face syndrome' atau 'sindrom wajah iblis'. Dalam riset ini pula, peneliti melakukan riset terhadap apa yang terjadi terhadap Sharrah. 

BACA JUGA: Orang Indonesia dan Fenomena Indigo yang Meresahkan

Nggak Cuma Wajah 'Iblis'

Dalam kasus lain, para penderita PMO nggak hanya melihat sosok iblis saja, melainkan ada yang melihat sosok naga atau kepala ikan, lengan yang justru berada di wajah, dan berbagai gambaran absurd lainnya. Di mata penderita PMO, dunia terlihat sureal. 

"Wanita yang melihat manusia berkepala naga itu dimulai sejak kecil. Jadi ada perkembangan kasus PMO, di mana orang tumbuh dengan kondisi tersebut dan tak tahu bahwa wajah seharusnya terlihat berbeda," ujar Brad Duchaine, profesor psikologi dan neurologi di Dartmouth College. Duchaine sendiri tergabung dalam studi kasus yang meneliti kondisi Sharrah.

Setidaknya, dari tinjauan yang dilakukan di tahun 2021, terdapat 81 kasus PMO di dunia. Akan tetapi, Duchain memprediksi, setidaknya kasus penderita PMO jauh lebih banyak dibandingkan tinjauan yang terakhir kali dilakukan di tahun 2021. (*/)

(RRY)

banner