uploads/article/2023/10/shena-malsiana-talenta-musik-520352ac103a32f.png

Shena Malsiana: Talenta Musik Indonesia yang Berpulang

Sobat Gen, Rabu, 25 Oktober kemarin, Indonesia kehilangan sosok talenta musiknya. Sosok Shena Malsiana harus berpulang dan meninggalkan dunia selamanya. Meskipun fisiknya telah meninggalkan dunia, karya dan segala hal baik yang pernah dilakukannya tentunya akan terus ada.

Shena Malsiana lahir pada 14 Oktober 1991 merupakan sosok yang serba bisa. Sosok Shena dikenal sebagai seorang musisi, penyiar radio, dan bahkan sempat merasakan menjadi seorang model di usia mudanya. Rasanya, segala hal yang berkaitan dengan menghibur banyak orang dapat dilakukannya. 

Talenta Dunia Hiburan

Sobat Gen mungkin kini mengenal Shena sebagai sosok penyanyi nasional. Namun, nyatanya saat kelas 3 SD, sosok Shena justru aktif di dunia modeling dan jug akting. Shena kecil saat itu didaftarkan ibunya ke sebuah sanggar akting dan juga modeling, dengan tujuan agar Shena memiliki kepercayaan diri yang lebih baik. Hasilnya, Shena sukses menjadi juara kedua dalam kompetisi model se-Indonesia. 

BACA JUGA: Mengenal 5 Solois Populer di Indonesia 

Pada akhirnya, karir modeling Shena justru membuka jalan Shena untuk menjadi seorang penyanyi. Ketika dirinya sukses menjuarai kompetisi modeling se-Indonesia, Shena diminta untuk bernyanyi. Dari situlah akhirnya bakat Shena dalam bernyanyi mulai terlihat. Shena langsung memilih untuk berhenti dari dunia modeling dan langsung mendaftarkan diri ke salah satu les vokal ternama di Indonesia. 

“Saat itu yang menang disuruh nyanyi. Terus aku nyanyi-lah di panggung. Mama baru lihat, ‘Lho, anak ini suaranya bagus!’. Dari situ aku berhenti sekolah model dan langsung les vokal ke Elfa Secioria,” ujar Shena 

Perjalanan Musik Shena

Sosok Shena memulai perjalanan musiknya jauh sebelum dirinya dikenal ketika mengikuti ajang X-Factor 2013, saat itu dirinya sukses masuk ke babak 5 besar. Namun, jauh sebelum itu Shena sudah sempat mengikut ajang kompetisi bernyanyi lainnya. Sebelum X-Factor, Shena mengikuti audisi Indonesian Idol. Namun, Indonesian Idol belum menjadi rezekinya. Shena harus menerima kenyataan, bahwa dirinya harus gagal di enam kali percobaannya mengikuti audisi Indonesian Idol.

Akan tetapi, meskipun 6 kali gagal audisi di Indonesian Idol, semangat Shena untuk bernyanyi tidak berhenti begitu saja Sobat Gen. Berkat semangat bermusiknya, Shena sukses lolos dari audisi X-Factor 2013 dan bahkan sukses masuk hingga babak 5 besar. 

BACA JUGA: 5 Musisi Indonesia yang Punya Lebih dari Satu Band 

Sedikit cerita unik mengenai kesuksesan Shena pada ajang X-Factor 2013. Awalnya, alasan Shena mengikuti kompetisi tersebut adalah karena ingin move on dari seorang laki-laki. Dan nyatanya, Shena tidak hanya sukses move on dari laki-laki yang menyakitinya, melainkan dirinya pun sukses move ke panggung utama X-Factor yang kala itu menjadi kompetisi menyanyi bergengsi di Indonesia.

‘Tapi tujuan aku waktu X Factor memang beda sih, karena sakit hati sama cowok. Aku berpikir, pokoknya di audisi X Factor aku mau kenalan sama banyak orang. Tadinya mikirnya begitu. Ya sudah akhirnya nyoba audisi X Factor, eh kok masuk ya,” tuturnya.

Sukses di X-Factor, Shena pun berkarir musik. Tercatat, Shena sudah merilis 1 album dan juga 7 singles. Album “Fragmen” yang rilis di tahun 2022 menjadi karya musikalisasi terakhir yang dapat kita nikmati dari Shena Malsiana. 

Sosok Shena menjadi contoh dari arti sebuah perjuangan. Enam kali gagal audisi bukan berarti semuanya usai begitu saja. Selagi masih ada keinginan, semuanya dapat diwujudkan. (*/)

(RRY)

 

banner