uploads/article/2023/10/5-musisi-indonesia-yang-233224fcab08560.png

5 Musisi Indonesia yang Punya Lebih dari Satu Band

Sobat Gen, nyatanya menjadi seorang musisi di suatu band atau tampil menjadi seorang solois nggak menutup kemungkinan untuk para musisi ini manggung dengan band berbeda loh. Musik sebagai sarana kesenian yang eksploratif nyatanya memberikan kesempatan untuk para musisi ini untuk tampil tidak di satu band saja. 

Nah Sobat Gen, melalui artikel ini, penulis akan membagikan 5 musisi Indonesia yang nggak tampil di satu panggung aja. Siapa sajakah musisi tersebut?

1. Baskara Putra (.Feast dan Hindia)


Baskara Putra bisa dibilang menjadi musisi hits di Indonesia di era ini. Bersama .Feast, Baskara membawakan lagu-lagu bergenre rock dengan aktif menyuarakan kritik-kritik terhadap isu sosial melalui lagu-lagunya. Bersama .Feat, Baskara sudah merilis 2 album dan 2 mini album.

Sukses bersama .Feast, Baskara kayaknya nggak cukup dengan satu band aja nih, Sobat Gen! Selain di .Feast, Baskara Putra juga tampil sebagai solois dengan nama panggung ‘Hindia’. Hindia sendiri membawakan musik bergenre pop, dan juga lagu-lagu dari Hindia fokus terhadap kisah asmara, dan juga beberapa isu mengenai kesehatan mental dan self development. Sebagai Hindia, Baskara memiliki 2 album dan seringkali melakukan kolaborasi dengan musisi-musisi lain seperti Sal Priadi, Rara Sekar, Petra Sihombing, dan lainnya. 

BACA JUGA: Seberapa Berpengaruh Kritik dalam Sebuah Lagu 

2. Ahmad Dhani (Dewa 19, T.R.I.A.D, Mahadewa, The Rock, dan Ahmad Band)


Karir Ahmad Dhani sebagai musisi sangatlah lengkap. Mulai dari ngeband, sampai menjadi produser telah dilakukan oleh Ahmad Dhani. Ahmad Dhani juga memiliki proyek sampingan di samping band yang ia dirikan, Dewa 19. Pada tahun 2007, ia membentuk sebuah kelompok musik yang dikenal dengan nama The Rock. The Rock dikenal karena lagu "Munajat Cinta" yang termasuk dalam album Master Mister Ahmad Dhani I.

Dalam proyek musik ini, Ahmad Dhani, yang memuja band Queen, bekerja sama dengan tiga musisi dari Fire Shark, sebuah grup musik underground asal Australia. Namun, seiring berjalannya waktu, grup musik ini mengubah namanya menjadi TRIAD (The Rock Indonesia Ahmad Dhani), dan seluruh anggotanya adalah warga negara Indonesia, termasuk Ahmad Dhani sendiri. TRIAD tetap aktif di dunia musik Indonesia hingga sekarang.

3. Yovie Widianto (Kahitna dan Yovie and Nuno)


Yovie Widianto adalah seorang musisi yang merupakan anggota Kahitna. Ia telah menjadi bagian dari Kahitna selama beberapa dekade hingga sekarang. Selain aktif bersama Kahitna, ia juga memiliki proyek musik lain yang disebut Yovie and Nuno.

Grup musik tersebut telah ia dirikan sejak tahun 2001 dan meraih kesuksesan dalam dunia musik Indonesia, sebagaimana yang telah diraih bersama Kahitna. Namun, pada tahun 2019, Yovie memutuskan untuk meninggalkan grup musik yang ia dirintis tersebut, dan posisinya digantikan oleh Ady Julian. Meskipun ia telah keluar dari anggota resmi grup musik tersebut, Yovie, yang lahir pada tanggal 21 Januari 1968, masih aktif sebagai produser untuk Yovie and Nuno.

BACA JUGA: 3 Band Pop Melayu yang Masih Aktif di Indonesia 

4. Eros Candra (Sheila On 7 dan Jagostu)


Eros memang lebih dikenal sebagai gitaris dan pencipta lagu-lagu di Sheila On 7. Tapi, selain menjadi seorang gitaris di Sheila On 7, Eros nyatanya merupakan seorang gitaris lain di band lain bernama ‘Jagostu’.  Di band tersebut, Eross juga mengundang Brian Kresna Putro, rekan sebandingnya dari Sheila on 7, untuk memainkan peran sebagai drummer. Namun sayangnya, kelompok musik ini sekarang tidak lagi aktif dan tidak banyak yang mendengar tentang mereka, hanya merilis satu album.

5. Andra Ramadhan (Dewa 19 dan Andra The Backbone)


Sama dengan Ahmad Dhani, selain tampil bersama Dewa19, Andra Ramadhan yang merupakan gitaris dari Dewa19 pun memiliki side project lain bernama ‘Andra The Backbone’. Proyek ini dibuat oleh Andra sebagai tempat untuk mencurahkan pemikiran kreatif mengenai musik yang ingin dibuatnya. Karena, sebagian besar proses kreatif dalam Dewa 19 adalah tanggung jawab Dhani, dan Andra sering kali tidak memiliki kesempatan berkontribusi secara signifikan. Akibatnya, ia kemudian mendirikan Andra and the Backbone bersama dengan dua temannya, Dedy dan Stevi Item, seorang gitaris dari Deadsquad. 

BACA JUGA: Mengapa Musik dengan Format Band Sudah Jarang Ditemui? 

Bersama Andra and the Backbone, Andra memiliki kesempatan lebih besar untuk menggembangkan berbagai ide kreatifnya, dan dia menciptakan banyak lagu rock dengan riff gitar yang lebih kuat dan khas.

5 musisi tersebut adalah musisi-musisi yang punya lebih dari satu band. Sebenarnya, masih ada musisi-musisi Indonesia lain yang memiliki band lebih dari satu. Mulai dari Bimbim ‘Slank’, Jerinx, dan lain sebagainya.(*/)

(RRY)

 

banner