uploads/article/2023/09/rilis-hari-ini-berikut-14700f796e8ac13.png

Rilis Hari Ini, Berikut 7 Spesifikasi iPhone 15 yang Wajib Sobat Gen Ketahui!

Hari ini, Selasa (12/09/2023), Apple baru saja merilis produk terbaru iPhone mereka yaitu iPhone 15. iPhone 15 sendiri merupakan seri terbaru dari Apple dalam kategori smartphone mereka. 

iPhone 15 sendiri kabarnya akan dirilis pada acara dengan tajuk ‘Wanderlust’ yang akan diselenggarakan di Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat. Selain merilis iPhone 15 hari ini, Apple pun akan merilis produk lainnya yaitu Apple Watch. 

Rilis 4 Produk iPhone 

iPhone bisa dibilang menjadi salah satu smartphone yang sudah memiliki pasarnya tersendiri di Indonesia. Bahkan, banyak masyarakat Indonesia yang berusaha untuk memiliki iPhone entah karena sesuai dengan spesifikasinya atau hanya sebagai pemuas gengsi saja.

Rencananya, hari ini Apple akan merilis iPhone 15. Tentunya, iPhone 15 ini tidak hanya memiliki 1 model saja. Kabarnya, iPhone 15 yang akan dirilis nanti akan memiliki 4 model, yaitu model iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max yang dikabarkan akan berubah nama menjadi iPhone 15 Ultra. 

BACA JUGA: 3 Alasan Foto Prewedding Bukan Menjadi Kebutuhan Penting Pernikahan

Untuk Sobat Gen yang tertarik untuk membeli iPhone 15, berikut bocoran spesifikasi dari produk kebanggan Apple ini:

1. Layar

Kabarnya, untuk iPhone 15 sendiri nantinya akan memiliki layar yang sama seperti seri terdahulu, yaitu iPhone 14. Sehingga, dikabarkan untuk ukuran layar dari iPhone 15 dan iPhone 15 Pro sendiri akan memiliki layar dengan spesifikasi 6,1 inci. Sementara itu, iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro Max sendiri dikabarkan akan memiliki layar dengan spesifikasi 6,7 inci. 

Selain ukuran layar, nantinya layar dari seri iPhone 15 sendiri akan menggunakan teknologi ProMotion Display yang akan memungkinkan iPhone 15 untuk menampilkan refresh rate 120Hz .

2. Beralih Menggunakan Kabel Type C

Salah satu perubahan yang paling signifikan dari iPhone 15 adalah penggunaan kabel type c untuk mencharge iPhone 15. Awalnya, beberapa seri iPhone terdahulu masih menggunakan kabel lightning untuk mencharge iPhone. Namun, berdasarkan dari keterangan yang diberikan oleh VP Apple Greg Joswiak, Apple dikabarkan akan menggunakan kabel type c sebagai bentuk mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Uni Eropa. 

"Jelas, kami harus mematuhi persyaratan Uni Eropa", kata VP Apple Greg Joswiak tahun lalu.

Akan tetapi, analis Apple, Ming-Chi Kuo mengatakan, penggunaan type c hanya akan digunakan pada seri kelas atas seperti iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Sehingga, nantinya iPhone 15 dan iPhone 15 Plus dikabarkan akan tetap menggunakan kabel lighting

BACA JUGA: 5 Keuntungan Jika Kamu Menguasai Bahasa Isyarat! 

3. Dynamic Island

Menurut laporan terbaru, seri terbaru dari iPhone dikabarkan akan mengadopsi fitur Dynamic Island, yang direncanakan untuk menggantikan notch yang telah ada selama bertahun-tahun pada layar iPhone.

Alan Dye, Wakil Presiden Desain Apple, menjelaskan bahwa Dynamic Island memiliki kemampuan untuk menampilkan peringatan, pemberitahuan, dan tindakan yang sedang berlangsung secara waktu nyata tanpa batasan yang jelas antara komponen perangkat keras dan perangkat lunak.

4. Menggunakan Bingkai Titanium dan Bezel yang Diklaim Lebih Tipis

Bingkai yang terbuat dari titanium dan bezel yang lebih tipis dikabarkan akan menjadi fitur utama pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang akan datang. Penggunaan material titanium ini diharapkan akan meningkatkan kekuatan, mengurangi berat, serta memberikan tampilan yang lebih eksklusif pada seri produk pro yang baru.

Selain itu, bezel yang lebih tipis juga diperkirakan akan menjadi bagian dari perangkat iPhone 15 Pro / Pro Max yang sedang dalam pengembangan oleh Apple menggunakan teknologi yang disebut sebagai low-injection pressure over-moulding, atau "LIPO."

  1. Action Button

Seri iPhone 15 Pro kemungkinan akan dilengkapi dengan sebuah tombol aksi yang mirip dengan yang ada pada Apple Watch Ultra. Tombol yang dapat diatur sesuai kebutuhan ini akan menggantikan tombol mute yang biasanya berada di sisi kiri atas iPhone versi pro. Fungsionalitas yang mungkin bisa dijalankan melalui Action Button (berdasarkan informasi yang ditemukan di iOS 17) termasuk meluncurkan kamera, mengaktifkan senter ponsel, mengaktifkan Fokus, membuka fitur aksesibilitas, atau menggantikan fungsi mute standar dengan sekali ketuk.

6. Upgrade Kamera

Peningkatan pada kamera yang kemungkinan akan terjadi adalah pengenalan lensa periskop baru yang akan menjadi eksklusif untuk iPhone 15 Pro Max. Lensa ini akan menggunakan prisma untuk memutar atau melengkungkan cahaya yang diterima oleh sensor, memungkinkan untuk mencapai zoom optik sebesar lima hingga enam kali tanpa menambah ukuran fisik ponsel. Sebagai perbandingan, kamera iPhone 14 Pro hanya mendukung zoom optik hingga tiga kali.

BACA JUGA: Apa yang Membedakan Frugal Living dan Minimalisme?

7. Chipset

Dikabarkan bahwa iPhone 15 Pro dan Pro Max akan mengadopsi chip dengan teknologi 3 nm, yang kemungkinan akan dinamai sebagai A17 Bionic. Chip ini diharapkan akan membawa peningkatan kinerja yang signifikan dan mungkin juga meningkatkan daya tahan baterai.

Di sisi lain, iPhone 15 dan 15 Plus dikabarkan akan mengikuti langkah yang sama seperti yang dilakukan oleh perusahaan pada tahun 2022, yaitu menggunakan kembali chip kelas atas dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, iPhone 15 dan 15 Plus mungkin akan menggunakan chip A16 Bionic yang sebelumnya digunakan dalam iPhone 14 Pro.

Dengan 7 kabar sepsifikasi ini, apakah Sobat Gen sudah tertarik untuk membeli seri Iphone 15 ini? Kalau iya, jangan lupa untuk merogoh kocek dalam-dalam ya! Karena, harga dari tipe-tipe dari iPhone 15 sendiri diperkirakan mencapai angka 15-20 juta ke atas!

(RRY)




banner