uploads/article/2023/08/-3-kompetisi-menyanyi-indonesia-69869baebe4c1e7.png

 3 Kompetisi Menyanyi Indonesia yang Sukses Lahirkan Talenta Musik Indonesia

Salah satu cara untuk mengembangkan talenta dan bakat adalah dengan ikut serta dalam suatu kompetisi. Indonesia tidak bisa dipungkiri memiliki talenta-talenta musik yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Salah satu cara untuk menemukan talenta tentu melalui kontes atau kompetisi menyanyi.

Berbagai musisi Indonesia yang dikenal sekarang adalah buktinya. Nama-nama seperti Marion Jola, Brisia Jodie, Mahalini, dan lain sebagainya nyatanya merupakan lulusan dari kompetisi menyanyi.

BACA JUGA: 3 Band Pop Melayu yang Masih Aktif di Indonesia 

Lantas, sebenarnya ada apa saja sih kompetisi menyanyi di Indonesia?

1. Indonesian Idol


(Sumber: Instagram.com/indonesianidolid)

Salah satu kompetisi menyanyi yang paling populer di Indonesia adalah Indonesia Idol. Kompetisi yang melahirkan sosok-sosok idol baru di Indonesia seperti Lyodra dan Tiara Andini ini nyatanya menjadi salah satu kompetisi menyanyi paling lama di Indonesia.

Indonesian Idol pertama kali hadir pada tahun 2004 dengan melahirkan Joy Tobing sebagai juara. Sempat vakum di edisi 2009 & 2011, kini Indonesian Idol hampir selalu hadir melahirkan sosok bintang baru musisi Indonesia.

Tidak hanya untuk usia dewasa, Indonesian Idol pun memiliki edisi untuk para talenta musisi cilik di Indonesia bernama Indonesian Idol Junior.

2. X-Factor Indonesia


(Sumber: Instagram.com/xfactoridofficial)

Selain Indonesia Idol, kompetisi menyanyi lainnya yang sangat populer di Indonesia adalah X-Factor. Kompetisi ini hadir di Indonesia pertama kali pada tahun 2012. Dan saat ini, X-Factor sedang menggarap untuk edisi 2023-2024.

BACA JUGA: Mengapa Musik dengan Format Band Sudah Jarang Ditemui?

Salah satu kontestasi X-Factor yang memukau di Indonesia adalah Fatin Shidqia. Tidak tanggung-tanggung ketika audisi, Fatin menyanyikan lagu dari Bruno Mars yang berjudul ‘Grenade’. Dan kerennya, audisi Fatin tersebut diunggah oleh Bruno Mars di website pribadinya. 

3. The Voice Indonesia


(Sumber: MNC Media)

Salah satu kompetisi menyanyi lainnya yang hadir di Indonesia adalah The Voice Indonesia. Kompetisi ini hadir pertama kali pada tahun 2013. Dan tahun lalu, The Voice Indonesia mengadakan The Voice All Stars yang mempertandingkan para juara di musim-musim sebelumnya. 

Sama seperti Indonesian Idol yang memiliki edisi kompetisi untuk anak-anak, The Voice Indonesia pun sempat mengadakan The Voice Kids yang diperuntukan untuk anak-anak hingga remaja.

BACA JUGA: Seberapa Ngeselin Polisi Skena? 

3 kompetisi menyanyi tersebut rasanya selalu melahirkan sosok-sosok talenta musik Indonesia. Sebenarnya masih ada kompetisi lain seperti, Akademi Fantasi Indosiar (AFI) namun acara tersebut sudah lama vakum di Indonesia. 

Jadi, jika ada kompetisi menyanyi di Indonesia, kalian jangan ragu untuk mendaftar ya! Siapa tahu kalian mampu menjadi calon musisi bintang berkat kompetisi menyanyi tersebut.

(RRY)

 

banner