uploads/article/2024/02/lebih-dari-sekadar-akun-851759f570ba730.png

Lebih dari Sekadar Akun Sepak Bola: Begini Cara Extra Time Indonesia Kuasai X

Media sosial nggak bisa dipungkiri menjadi salah satu sumber hiburan masyarakat Indonesia. Di era konten video ini, tentunya TikTok, Instagram, dan juga YouTube menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di kalangan warganet. Tapi, nggak bisa dipungkiri, platform media sosial lain seperti X (dulu Twitter) pun nggak kalah dalam hal menyajikan berbagai konten menarik yang ngakak kocak seperti TikTok ataupun Instagram. 

Utamanya, orang-orang yang masih aktif bermain X adalah orang-orang 'lama' yang sempat nggak aktif di Twitter, namun akhirnya kembali bermain Twitter dengan nama terbarunya, yaitu X. Biasanya, konten-konten atau akun dari X sendiri akan berisikan konten-konten berupa tulisan ataupun thread, makanya nggak jarang banyak para pecinta sepak bola yang menggunakan X sebagai platform media sosial untuk mencari update atau bahkan live score dari pertandingan sepak bola.

Dari banyaknya akun-akun sepak bola yang ada di X, salah satu yang paling populer adalah Extra Time Indonesia atau biasa disebut dengan ETI. ETI bisa dibilang menjadi akun sepak bola asal Indonesia terpopuler di X. Per siang hari ini, ETI sudah memiliki followers sebanyak 975 ribu lebih akun. 

Di awal branding-nya, ETI bisa dibilang merupakan akun sepak bola pada umumnya. Namun, dengan berkembangnya topik dan isu pembahasan di X, ETI pun akhirnya nggak jarang dan cenderung sering banget membahas hal-hal di luar sepak bola.

Dengan merambah di berbagai topik, ETI yang awalnya dikenal sebagai akun sepak bola, kini lebih dikenal sebagai akun 'hiburan'. Tapi, sebenarnya apa sih hiburan yang disuguhkan oleh ETI untuk followers-nya?

BACA JUGA: Spontan! Komeng Tiba-Tiba Jadi Caleg DPD!

'Memanusiakan' Akun Media Sosial

Salah satu cara ETI meraih popularitasnya di media sosial adalah dengan memanusiakan akun media sosial. Biasanya, admin akun-akun media sosial cenderung kaku atau bahkan nggak responsif ke followers-nya. Berbeda dengan akun-akun tersebut, ETI justru terlihat lebih hidup dengan melakukan interaksi dengan followers-nya, menunjukkan emosinya ketika sedang memberikan update live score (terutama Chelsea), aktif mengadakan Spaces, atau bahkan menjadi 'provokator' di berbagai permasalahan yang berujung munculnya titel 'pembawa kayu bakar' untuknya. 

Dengan memanusiakan akun media sosialnya, ETI akhirnya mendapatkan atensi dari para pengguna X. Terlebih, dengan memberikan emosinya, baik marah, sedih, senang, dan lain sebagainya ketika memberikan live update pada akhirnya membuat ETI relatable dengan pecinta sepak bola lainnya. 

Terlebih, interaksi dua arah yang dilakukan oleh ETI pun akhirnya membuat sosok ETI yang merupakan akun media sosial seakan-akan menjadi sosok akun media sosial yang memiliki karakter dan emosi selayaknya seorang manusia. 

BACA JUGA: Bikin Konten tapi Nggak Pernah Viral? Ikuti 3 Langkah Ini!

Membahas Segala Isu 

ETI pada dasarnya adalah akun sepak bola. Tapi. apakah ETI cuma membahas sepak bola aja? Tentu nggak. Sesuai yang udah dijelaskan di awal, ETI pada dasarnya membahas segala jenis fenomena isu yang lagi hits atau viral di media sosial. Misalnya, ETI pernah mendadak menjadi K-Popers yang ngestan Jisoo Blackpink atau Minji New Jeans. Atau, di musim Pemilu kemarin, ETI lah yang bertanggung jawab memberikan berbagai julukan untuk para paslon yang berkontestasi di Pilpres 2024. Mulai dari 'El Chef', 'El Gemoy', "El Chudai', 'El Slepet", 'El Sulfat', dan lainnya. 

Dengan hadirnya ETI di segala macam jenis isu, baik sepak bola maupun di luar sepak bola. Pada akhirnya, followers dari ETI nggak hanya berasal dari kalangan penggemar sepak bola saja, melainkan dari kalangan umum yang bahkan nggak ngerti dengan dunia sepak bola. 

BACA JUGA: Kenapa Akun dengan Foto Profil Idol K-Pop Dilarang Berargumen di Media Sosial?

'Kolaborasi' 

Terbaru, ETI kini sedang sering melakukan 'kolaborasi' dengan akun-akun sepak bola lainnya. Mulai dari akun fanbase klub, sampai akun sepak bola yang berasal dari luar negeri, seperti akun sepak bola Iraq yang cukup sering berinteraksi dengan ETI. 

Nggak hanya itu, ETI pun cukup sering 'berkolaborasi' dengan akun-akun di luar sepak bola, seperti K-Pop dan yang terbaru adalah dr. Tirta. Bahkan, ETI terbilang cukup akrab dengan dr. Tirta yang nggak jarang membuat banyak warganet menganggap dr. Tirta sebagai salah satu admin dari ETI. 

Dengan demikian, hadirnya ETI tentunya memberikan warna baru di X. X yang awalnya sempat 'mati' akibat banyak orang lebih memilih TikTok dan Instagram, perlahan kembali mengembalikan penggunanya yang dulu sempat hadir. (*/) 

(RRY)

banner