uploads/article/2024/01/apa-sih-arti-lagu-389299cd8ef34f3.png

Apa Sih Arti Lagu '11 Januari' Milik Band GIGI?

Lagu dengan tema cinta-cintaan tentunya menjadi jenis lagu yang paling disuka oleh masyarakat Indonesia. Karena, nggak jarang lagu cinta-cintaan sering kali dianggap menggambarkan perasaan seseorang, makanya pada akhirnya lagu cinta-cintaan sering dianggap relatable oleh masyarakat Indonesia.

Nah Sobat Gen, salah satu lagu dengan tema cinta-cintaan yang cukup ikonis di Indonesia sallah satunya adalah '11 Januari' yang dibawakan oleh band legendaris Indonesia, yaitu Gigi. Band dengan sosok Armand Maulana sebagai vokalis ini nyatanya membuat lagu cinta-cintaan yang cukup ikonis di Indonesia yang bahkan hampir di setiap bulan Januari menjadi lagu yang wajib dibawakan.

Jika 'Back To December' milik Taylor Swift menceritakan tentang penyesalan Taylor Swift setelah mengambil keputusan di masa lalu. Lagu '11 Januari' milik Gigi justru sangat amat romantis dan punya cerita yang cukup dalam. 

BACA JUGA: Mengubah dan Mewarnai Rambut Jadi Ciri Depresi, Kok Bisa?

Kado Anniversary

Biasanya seorang musisi akan mencurahkan segala keresahannya melalui lagu yang mereka buat, makanya nggak jarang tema dari sebuah lagu yang dibuat musisi sangat variatif. Karena, memang menyesuaikan dengan kondisi hati si musisi itu sendiri.

Sebenarnya, cukup banyak lagu yang membawakan nama bulan di kalender. Seperti lagu 'September' dari Earth, Wind, and Fire, 'Back to December' dari Tayllor Swift, atau 'Wake Me Up When September Ends' dari Green Day. Tapi, dari lagu-lagu tersebut, baik Taylor Swift, Green Day, atau Earth, Wind, and Fire nggak spesifik menyebutkan tanggal seperti '11 Januari' dari Gigi.

Dengan demikian, tentunya Sobat Gen bertanya-tanya, sebenarnya apa sih makna 11 Januari bagi Gigi atau Armand Maulana? 

Setelah ditelusuri lebih lanjut, nyatanya 11 Januari merupakan momen istimewa bagi Armand Maulana. Karena, di tanggal tersebut Armand Maulana menikahi sosok yang kini menjadi istrinya, yaitu Dewi Gita pada tanggal 11 Januari 1994.

"Setiap tahun ada yang saya tunggu - tunggu, di 11 Januari. Surat cinta. Surat yang setiap tahun selalu saya dapat dari istri tercinta, menemani sebuah kado pernikahan," tulis Armand di akun Instagram @armandmaulana04.

Jadi Pengingat

Sobat Gen, pada dasarnya ingatan adalah sesuatu hal yang rapuh. Dengan semakin menuanya seseorang, nggak jarang akhirnya mereka melupakan segala hal yang terjadi pada hidup mereka, nggak terkecuali tanggal pernikahan. 

Lagu '11 Januari' ini pada dasarnya Armand Maulana buat sebagai pengingat untuk dirinya tentang anniversary pernikahannya dengan Dewi Gita. Karena, pada anniversary yang ke-10, nyatanya Armand sempat lupa dengan ulang tahun pernikahannya. 

Pada akhirnya, dikarenakan lupa, akhirnya Armand mendapatkan 'surat peringatan' dari sang istri yang mengatakan, "Kalau tahun depan lupa lagi anniversary, surat cinta ini akan berubah jadi surat talak". Sehingga, akhirnya lagu '11 Januari' menjadi lagu untuk mengingatkan Armand Maulana mengenai momen penting dalam hidupnya.

BACA JUGA: Perkembangan Tema Lagu Indonesia: Dulu Percintaan, Kini Malah Membahas Kesehatan Mental

Lagu Romantis Indonesia

Meskipun alasan terciptanya lagu '11 Januari' terkesan sangat personal. Nyatanya, lagu ini tetap menjadi salah satu lagu romantis yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Dengan lirik yang sederhana, nyatanya lagu '11 Januari' tetap memberikan kesan romantis dan hangat bagi pendengarnya. 

Dengan demikian, lagu '11 Januari' menjadi lagu wajib yang harus Sobat Gen setel ketika berada di bulan Januari, atau bahkan ketika Sobat Gen sedang merasakan perasaan berbunga-bunga, dan ketika Sobat Gen sedang bersama pasangan Sobat Gen. (*/)

(RRY)

banner