uploads/article/2024/03/ruy-iskandar-sosok-lieutenant-63160c2b3ab79cd.png

Ruy Iskandar: Sosok Lieutenant Jee di Avatar The Last Airbender yang Bangga Menjadi Orang Indonesia

Avatar: The Last Airbender Netflix nggak bisa dipungkiri menjadi salah satu series Netflix terpopuler di awal tahun 2024 ini. Banyaknya penonton dan penggemar yang cukup puas dengan live action dari kartun Nickleodeon ini tentunya jadi bukti bahwa series live action sukses menghibur para penontonnya. 

Nggak hanya itu, salah satu daya tarik dari Avatar: The Last Airbender Netflix adalah di jajaran castnya. Mulai dari Gordon Cornier yang memerankan karakter Aang, sampai sosok Maria Zhan yang memeran karakter Suki, rasanya jajaran cast dari Avatar: The Last Airbender membuat para penonton merasa puas.

Akan tetapi, selain Aang dan Suki, nyatanya terdapat satu karakter yang sukses mencuri perhatian masyarakat, terutama masyarakat Indonesia. Karakter tersebut nggak lain adalah Lieutenant Jee. 

BACA JUGA: Kenalan dengan Sosok Maria Zhang: Sosok Pemeran Suki di Avatar The Last Airbender yang Buat Penonton Tersuki-Suki

Ruy Iskandar sebagai Lieutenant Jee

Sebenarnya, di kartun original dari Avatar: The Last Airbender, sosok Lieutenant Jee nggak terlalu mendapat screen time yang banyak. Padahal, dari sisi jabatan Lieutenant Jee punya posisi yang lumayan tinggi di Negara Api. 

Berbeda dengan kartunnya, Lieutenant Jee di Avatar: The Last Airbender live action justru lumayan banyak mendapatkan screen time dan sukses mendapatkan spotlightnya tersendiri . Di versi live actionnya, Lieutenant Jee diperankan oleh Ruy Iskandar. Dari namanya aja, seharusnya Sobat Gen sudah tau asal negara sosok Ruy Iskandar bukan? 

Ruy Iskandar merupakan warga negara Indonesia yang kini sudah menetap di Indonesia sejak tahun 2021. Dalam wawancara eksklusif bersama Kompas, Ruy Iskandar menyatakan bahwa dirinya merupakan 100% warga negara Indonesia yang kedua orang tuanya sama-sama berasal dari Indonesia. Bahkan, Ruy pun mengatakan bahwa dirinya memiliki KTP dan juga NPWP sebagai bukti kalau dirinya merupakan warga negara Indonesia yang taat pajak. 

Ruy sendiri mengaku sudah merasakan tinggal di Indonesia selama kurang lebih 9-10 tahun. Lahir di Jakarta, tepatnya di Rumah Sakit Bunda. Ruy dengan bangga menyatakan bahwa dirinya merupakan warga negara Indonesia dan orang Betawi asli yang memiliki darah Tionghoa. Selain di Indonesia, Ruy pun beberapa kali berpindah-pindah negara, dirinya sempat tinggal di Singapura, Australia, dan Swiss sebelum akhirnya memutuskan untuk bersekolah akting di New York University's Graduate Acting Program di Amerika Serikat. Namun, Ruy akhirnya kembali ke Indonesia untuk merawat ibunya yang sakit di tahun 2021.

BACA JUGA: Avatar: The Last Airbender Akan Tayang Februari Nanti

Bintangi Sejumlah Teater

Salah satu alasan mengapa Ruy memilih untuk berkarir di luar negeri ketimbang di Indonesia adalah perbedaan culture industri. Menurut Ruy, industri perfilman di Indonesia 'nggak' membutuhkan sosok sepertia dia, makanya Ruy akhirnya memilih untuk fokus berkarir di luar negeri. 

Awal karir akting Ruy dimulai dari teater dengan membintangi sejumlah pertunjukan. Mengutip dari Geffen Playhouse, Ruy pernah membintangi sejumlah pertunjukan, seperti 'Macbeth' di Lincoln Center, 'The Tempest' di LA Philaharmonic, 'Dance and the Railroad' di Signature Theater, dan sejumlah pertunjukan lainnya. 

Karir akting Ruy pun terus berkembang, Ruy sempat membintangi salah satu series dari Warner Bros, yaitu 'Gotham'. Di series tersebut, Ruy berperan sebagai sosok bartender. 

BACA JUGA: Bikin Nostalgia: 5 Kartun Ini Menjadi Tontonan Wajib Anak Sekolah Era 2000an

Masuk Cast Avatar: The Last Airbender

Kecintaan Ruy terhadap dunia akting pada dasarnya disebabkan oleh kecintaannya terhadap bahasa. Sehingga, Ruy pun memang memiliki fokus pendidikan dan ketertarikan di bidang sastra. Namun, salah satu faktor yang akhirnya membuat Ruy masuk ke dalam jajaran cast Avatar: The Last Airbender adalah kegigihannya itu sendiri. 

Dari wawancara yang sama, Ruy mengungkap proses dirinya masuk ke jajaran cast Avatar: The Last Airbender. Awalnya, Ruy berada di satu produksi yang sama dengan salah satu kru di series Avatar: The Last Airbender. Dari sana lah akhirnya Ruy mendapatkan kesempatan untuk melakukan casting dengan sutradara Avatar: The Last Airbender.

Akan tetapi Sobat Gen, momen menarik dari casting sosok Ruy adalah dirinya nggak tahu kalau dirinya sedang melakukan casting untuk salah satu adapatasi live action dari komik dan kartun legendaris Nickleodeon. Ruy mengungkapkan bahwa dalam proses casting, dirinya hanya diminta untuk berakting sebagai seorang letnan pada umumnya, Ruy nggak tahu kalau dirinya sedang di-casting untuk memerankan sosok Lieutenant Jee yang merupakan sosok penting di Negara Api dalam dunia Avatar: The Last Airbender. 

BACA JUGA: Asal Usul 'Wkwk': Bentuk Ekspresi Tertawa Orang Indonesia yang Jadi Identitas di Mata Dunia

Pada akhirnya, berkat kemampuan aktingnya Ruy pun dipilih untuk mengisi sosok Lieutenant Jee. Berkat aktingnya, sosok Lieutenant Jee di Avatar: The Last Airbender Netflix pun menjadi karakter yang lebih hidup dan lebih menarik untuk dinikmati (*/)

(RRY)

banner