uploads/article/2023/12/bikin-nostalgia-5-kartun-54392a7c465eec8.png

Bikin Nostalgia: 5 Kartun Ini Menjadi Tontonan Wajib Anak Sekolah Era 2000an

Kartun nggak bisa dipungkiri menjadi salah satu tontonan wajib anak sekolahan di era 200an. Buat Sobat Gen yang besar di era 2000an, terdapat kartun-kartun yang wajib banget Sobat Gen tonton sebelum berangkat sekolah, maupun setelah pulang sekolah. 

Keberadaan kartun di Indonesia di tahun 2000an pun sebenarnya cukup masih. Nggak cuma kartun-kartun dari Disney atau Nickelodeon, kartun-kartun dari Jepang atau anime pun nyatanya turut serta menghiasi layar kaca Sobat Gen di masa kecil dulu. 

Nah Sobat Gen, untuk sekilas mengingat kembali memori-memori ketika Sobat Gen kecil dulu. Penulis ingin membagikan lima kartun yang dulu menjadi tontonan wajib anak sekolahan di era 2000an. Apa aja kartun tersebut?

BACA JUGA: Sering Dianggap Sama, Berikut Perbedaan dari Studio Animasi Pixar dan DreamWorks

1. Spongebob SquarePants


Meskipun sampai sekarang SpongeBob SquarePants masih diproduksi oleh Nickelodeon, namun rasanya nggak adil kalau penulis nggak memasukan SpongeBob SquarePants ke dalam list kartun wajib anak sekolah di era 2000an. 

Menceritakan tentang kehidupan di bawah laut, sosok sponge yang bekerja sebagai koki di restoran burger, Krusty Krab membagikan berbagai kisah-kisahnya bersama teman-temannya, seperti Patrick si ‘Bintang laut’, Squidwards, Mr Krab, dan lain sebagainya. 

Spongebob SquarePants sendiri dulu biasa tayang di jam sebelum berangkat sekolah yaitu di sekitar jam 06.00 sampai 06.30 WIB di Global TV.

2. Chalkzone


Yang nggak kalah wajib selain SpongeBob SquarePants adalah Chalkzone. Kartun yang kayaknya nggak bakal Sobat Gen tinggalin sebelum berangkat sekolah ini nggak bisa dipungkiri menjadi salah satu kartun yang wajib masuk ke dalam list kartun wajib anak sekolah di era 2000an. 

Kartun yang menceritakan petualangan sosok bernama ‘Rudi Tabuti’ di dunia kapur ini sukses menjadi salah satu kartun yang memorable bagi anak-anak tahun 2000an. Terlebih, sosok karakter ‘Rudy’ pun merupakan sosok pelajar sekolah yang akhirnya membuat Chalkzone semakin dikenang oleh anak 2000an.

Chalkzone sendiri biasanya tayang pada jam 05.30 sampai 06.00 WIB, sehingga sangat bertepatan dengan jam anak-anak sekolahan sedang bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah. 

3.  Avatar: The Legend Of Aang


Untuk Sobat Gen yang menyukai kartun aksi-komedi, Avatar: The Last Airbender menjadi kartun wajib anak sekolah di era 2000an. Avatar: The Legend Of Aang sendiri menjadi kartun yang lumayan sering menjadi penyebab anak sekolah telat karena jadwal tayangnya yang mepet dengan bel masuk sekolah. 

Tayang di jam 07.00 WIB setelah Chalkzone, Avatar: The Legend Of Aang sendiri menceritakan kisah seorang ‘Avatar’ pengendali elemen udara bernama ‘Aang’ yang harus menyelamatkan dunia dari ‘Raja Api’ bernama ‘Ozai’ dengan cara mempelajari kelima elemen yang ada di dunia Avatar, yaitu air, tanah, api, dan udara. 

BACA JUGA: Sering Dikatakan Sama, Berikut 4 Perbedaan Antara Anime dengan Kartun 

4. Hey Arnold!


Berpindah ke jam pulang sekolah, salah satu kartun wajib anak sekolah adalah ‘Hey Arnold!’. Kartun yang menceritakan tentang pertemanan anak-anak sekolah di suatu lingkungan perkotaan ini terbilang ikonik di Indonesia. Karena, dari segi penggambaran tokohnya terbilang cukup unik. Misalnya, sosok ‘Arnold’ dalam kartun ini digambarkan memiliki kepala berbentuk bola rugby. 

Selain penggambaran tokoh yang unik, salah satu plot cerita dari ‘Hey Arnold!’ pun cukup sederhana dan relatable dengan anak-anak sekolah di zaman itu. Sosok ‘Helga’ yang jika bertemu ‘Arnold’ selalu bersikap ketus dan seakan membencinya, justru menyukai dan mencintai Arnold selayaknya kisah cinta ‘monyet’ di zaman SD dulu. 

Hey Arnold! sendiri tayang di jam 15.30 sehingga sangat pas dengan jam pulang anak sekolah atau sangat pas untuk ditonton setelah tidur siang. 

5. Naruto 


Terakhir, nggak lengkap kalau penulis nggak memasukan salah satu anime legendari yang sukses menemani anak sekolah di era 2000an. Naruto, menjadi anime atau kartun wajib anak-anak sekolah di jam malam menjelang tidur untuk persiapan sekolah.

Mengisahkan sosok ninja yatim piatu bernama ‘Naruto’, anime Naruto mengajarkan para anak-anak sekolah untuk terus mengejar cita-citanya, yang mana dalam anime Naruto sendiri, cita-cita dari Uzumaki Naruto adalah untuk menjadi Hokage atau pemimpin di desa bernama Konohagakure. 

Tayang di jam 18:00 - 19.00 WIB, anime Naruto mungkin menjadi salah satu anime yang memperkenalkan anak-anak sekolah dulu ke berbagai anime lainnya. 

Nah Sobat Gen, kelima kartun di atas adalah kartun yang dirasa cukup memorable untuk anak-anak sekolah di era 2000an. Sebenarnya, masih banyak kartun-kartun lain yang terkenang di memori anak sekolah di era 2000an lainnya. Jadi, apa kartun favorit Sobat Gen? (*/)

(RRY)

 

banner