uploads/article/2024/03/tayang-saat-lebaran-siksa-76196f9a1b6bcdc.png

Tayang Saat Lebaran: Siksa Kubur Joko Anwar Jadi Film yang Bawakan Tema Horor Religi?

Setelah beberapa waktu lalu sutradara horor ternama Indonesia, yaitu Joko Anwar merilis teaser dari film horor terbarunya, yaitu 'Siksa Kubur'. Kemarin, Rabu (13/003/2024) trailer resmi dari film ke-10 besutan Joko Anwar tersebut akhirnya rilis secara resmi bersamaan dengan press conference official launching trailer 'Siksa Kubur'. 

Dalam trailer tersebut, sosok Faradina Mufti diplot sebagai karakter utama yang skeptis dengan kebenaran agama. Masa lalunya yang kelam karena harus menyaksikan kedua orang tuanya bunuh diri lah yang akhirnya membentuk sosok Sita, tokoh yang diperankan Faradina Mufti nggak percaya dengan adanya agama. 

BACA JUGA: 'Siksa Kubur' Siap Hadir Lebaran 2024 Mendatang

Horor 'Religi'

Sederhananya, dari sinopsis yang dibagikan oleh Joko Anwar melalui akun X-nya. Film 'Siksa Kubur' bisa dibilang menjadi film horor religi. Dalam sinopsis yang dibagikan oleh Joko Anwar, dikatakan bahwa film 'Siksa Kubur' menceritakan sosok Sita yang tidak percaya dengan agama akibat kematian kedua orang tuanya.

Berangkat dari masa lalu tersebut, tujuan hidup Sita hanya satu, yaitu mencari orang yang paling berdosa dan ketika orang tersebut meninggal, Sita akan ikut 'dikuburkan' untuk membuktikan bahwa siksa kubur dan agama itu tidak nyata. Namun, Sita lupa, segala sesuatu tentunya ada konsekuensinya.

Penjelasan Sita sebagai sosok yang mencari orang yang paling berdosa untuk membuktikan agama sebagai sesuatu yang tidak nyata diperlihatkan dengan monolog dalam trailer yang dilakukan oleh Sita. Dalam monolog tersebut, Sita memperkenalkan dirinya sendiri sebagai sosok yang tidak percaya dengan agama dan akan membuktikannya.

"Nama saya Sita. Saya menghabiskan waktu saya sejak remaja untuk mencari orang paling berdosa," ujar Sita dalam monolog saat awal trailer.

"Kalau agama benar, dan manusia akan mendapat balasan sesuai dengan apa yang dia lakukan di dunia, orang yang saya cari itu pasti akan mendapatkan siksa di dalam kubur," lanjutnya.

"Dan saya ingin menyaksikannya," sambung Sita mengisyaratkan bahwa dirinya ingin melihat langsung siksa kubur.

Berangkat dari sinopsis dan trailer tersebut, nggak berlebihan rasanya jika menganggap film 'Siksa Kubur' sebagai sebuah horor 'religi'. Unsur keagamaan, seperti siksa kubur yang dipercaya oleh suatu kepercayaan yang dianut oleh masyarakat Indonesia, konsep orang yang berdosa akan mendapat ganjarannya, dan tentunya soundtrack dalam trailer yang menggunakan lagu religi yang dibawakan oleh musisi religi Indonesia, yaitu Opick yang berjudul 'Bila Waktu T'ah Berakhir' yang tentunya semakin menguatkan bahwa film 'Siksa Kubur' merupakan film horor 'religi'.

BACA JUGA: Joko Anwar Bagikan Line Up Pemeran Film ‘Siksa Kubur’

Hadirnya Jajaran Cast Berkualitas

Selain Faradina Mufti, dalam trailer 'Siksa Kubur' pun Sobat Gen akan melihat jajaran cast lainnya yang akan bermain dalam film horor besutan pria kelahiran Medan tersebut. Nama-nama aktor nasional seperti Reza Rahardian, Christine Hakim, Arswendy Bening Swara, Slamet Rahardjo, Fachry Albar , dan jajaran cast lainnya. Ditambah dengan jajaran cast aktor-aktor muda seperti, Muzakki Ramdhan dan Widuri Puteri tentunya semakin memperkaya jajaran aktor yang akan bermain di film Siksa Kubur.

Tayang 10 April

Rencananya, film ke-10 Joko Anwar yang diadaptasi dari short movie dengan judul yang sama ini akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia mulai dari tanggal 10 April 2024. Sehingga, tentunya film 'Siksa Kubur' ini akan rilis berdekatan dengan perayaan Idul Fitri 1445, sehingga dapat menjadi tontonan yang menarik, sekaligus 'reflektif' bagi masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Orang Indonesia dan Fenomena Indigo yang Meresahkan

Trailer Siksa Kubur

banner