uploads/article/2024/03/sering-dianggap-sepele-berikut-606874453479be4.png

Sering Dianggap Sepele: Berikut Arti dan Contoh-Contoh dari Micro Cheating!

Selingkuh bisa dibilang menjadi salah satu hal yang paling ditakuti dalam sebuah hubungan. Perasaan takut dikhianati oleh pasangan yang Sobat Gen cintai tentunya menjadi perasaan yang paling takuti, makanya nggak jarang setiap kali ada perselingkuhan, nggak jarang pasangan tersebut akhirnya memilih untuk berpisah dan mengakhiri hubungan mereka. 

Pada dasarnya, baik mereka yang menjadi korban selingkuh, maupun mereka yang nggak jadi korban selingkuh keduanya memiliki kesamaan, yaitu sama-sama membenci tukang selingkuh. 

Akan tetapi, tahukah Sobat Gen kalau nyatanya hal-hal kecil yang Sobat Gen lakukan dalam sebuah hubungan bisa dikatakan sebagai bentuk dari perselingkuhan? Hal-hal kecil, seperti like foto artis perempuan, chatting-an dengan perempuan lain meskipun dalam konteks pertemanan, dan lain sebagainya bisa dianggap sebagai perselingkuhan. 

BACA JUGA: Jangan Putus tanpa Alasan: Berikut Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Memutuskan Pasangan

Mengenal Micro Cheating

Istilah micro cheating akhir-akhir ini menjadi istilah yang ramai dibicarakan di media sosial. Berawal dari video TikTok yang membahas mengenai micro cheating, kini istilah ini kembali ngetren dan dibicarakan kembali di media sosial. 

Jadi, apa itu micro cheatingMicro cheating adalah tindakan kecil yang menunjukkan ketertarikan terhadap pasangan. Lebih lanjut, seorang psikolog bernama Melanie Schilling melalui artikel yang ditulis di The Good Housekeeping menjelaskan micro cheating sebagai tindakan yang tampak kecil, namun mengindikasikan seseorang secara emosional atau fisik fokus terhadap seseorang di luar hubungannya. 

Dengan demikian, sederhananya micro cheating adalah tindakan 'sepele' yang sebenarnya memiliki pengaruh untuk merusak suatu hubungan seseorang dengan pasangannya. 

Terus, sebenarnya apa aja sih tindakan-tindakan 'sepele' yang bisa dikategorikan sebagai micro cheating?

1. Ngelike Postingan Lawan Jenis

Like postingan lawan jenis dapat dikategorikan sebagai micro cheating

Bentuk micro cheating pertama adalah ngelike postingan lawan jenis. Memang, kadang kita ngelike postingan lawan jenis bisa aja didasari karena ingin, fotonya bagus, atau sesederhana karena memang dia adalah mutual kita. Namun, ngelike foto lawan jenis ini bisa menjadi bentuk dari micro cheating apabila intensi dan jenis foto yang di-like mengarah ke merusak hubungan kita.

Tentunya, foto-foto seperti pemandangan, foto bareng bersama teman, dan foto-foto lain kecuali foto selfie dan foto sendirian dirasa cukup aman untuk di-like. Tapi, untuk foto yang konteksnya dapat menumbuhkan rasa atau intensi untuk memalingkan Sobat Gen terhadap pasangan Sobat Gen, baiknya dijauhi dan jangan di-like. Karena, kembali lagi, micro cheating adalah tindakan 'sepele' yang justru dapat berakibat fatal ke hubungan Sobat Gen. 

BACA JUGA: 4 Masalah yang Terjadi pada Pasangan LDR 

2. Stalking Media Sosial Orang Lain

Stalking lawan jenis bisa dianggap sebagai micro cheating

Next level dari ngelike postingan lawan jenis adalah stalking media sosial lawan jenis. Mungkin, kalau di level ngelike postingan lawan jenis, pembelaan masih dapat dilakukan, tapi kalau sampai di tahap stalking

Dari artikel yang ditulis goodmenproject, pada dasarnya media sosial adalah celah terbesar terjadi perselingkuhan. Berawal dari media sosial, seseorang dapat memiliki pikiran untuk menjalin hubungan dengan orang lain yang bukan pasangannya. 

3. Chatting-an dengan Lawan Jenis

Chattingan dengan lawan jenis bisa dianggap sebagai micro cheating

Semua hubungan berawal dari chatting-an. Rasanya, apabila Sobat Gen tengah berada di suatu hubungan, boundries harus Sobat Gen miliki, terlebih dalam hal chatting-an dengan lawan jenis. Sehingga, apabila Sobat Gen ingin chat lawan jenis, Sobat Gen punya konteks dan alasan yang jelas, sehingga pasangan Sobat Gen nggak merasa diselingkuhi. 

BACA JUGA: Kenapa Penggunaan 'Aku' dan 'Kamu' Identik dengan Pacaran?

4. Punya Hubungan Spesial dengan Lawan Jenis

Punya teman lawan jenis bisa dianggap sebagai micro cheating

Sobat Gen pernah dengar ungkapan "laki-laki nggak akan pernah bisa temenan dengan perempuan" bukan? Nah, kayaknya ungkapan ini punya tujuan untuk menjelaskan bahwa hubungan pertemanan yang intens antar lawan jenis punya kecenderungan salah satunya menaruh perasaan.

Dengan demikian, apabila Sobat Gen memiliki pasangan, namun di satu sisi memiliki sahabat yang merupakan seorang lawan jenis, penting rasanya untuk sedikit menjaga jarak kepada mereka. Karena, hal 'pertemanan' ini bisa menjadi rawan untuk menciptakan suatu perselingkuhan. 

BACA JUGA: Dapet Pacar Lewat Dating Apps, Emang Bisa?

Empat hal-hal 'sepele' ini nyatanya dapat dikategorikan sebagai micro cheating. Namun, sebenarnya empat hal ini tetap bisa Sobat Gen lakukan apabila Sobat Gen sudah membuat suatu komitmen bersama pasangan Sobat Gen. Karena, yang terpenting dalam sebuah hubungan adalah komitmen dan juga komunikasi dengan pasangan/ (*/)

(RRY)

banner