uploads/article/2023/11/4-masalah-yang-terjadi-771351a20be9e0a.png

4 Masalah yang Terjadi pada Pasangan LDR

Putus cinta udah jadi hal yang biasa. Saking biasanya putus cinta, berbagai alasan putus pun makin beragam. Salah satu alasan putus yang lumayan sering terjadi di masyarakat adalah putus karena long distance relationship atau LDR. 

LDR pada dasarnya merupakan jenis hubungan jarak jauh. Lebih lengkapnya, LDR adalah hubungan pasangan yang secara geografis terpisah satu sama lain karena jarak. Jadi, misalnya Sobat Gen tinggal di Bekasi, sedangkan pasangan Sobat Gen tinggal di Depok, meskipun nggak jauh-jauh amat, jika merujuk dari definisinya hubungan tersebut tetap bisa dianggap sebagai LDR.

Tapi, kalau melihat dari kasus putusnya hubungan akibat LDR, biasanya mereka yang putus benar-benar terpisah jarak yang terlampau jauh. Jadi, kalau masih beda wilayah kota, harusnya LDR nggak jadi masalah. Namun, untuk mereka yang terpisah antar provinsi, dan bahkan negara, LDR tentunya sering kali menyebabkan masalah.

BACA JUGA: Sering Salting Ketika Dipuji Pasangan? Berikut 5 Jenis Love Language yang Wajib Kamu Ketahui! 

Nah Sobat gen, sebenarnya apa aja sih masalah yang biasanya timbul akibat LDR. Apa sajakah masalah itu?

1. Komunikasi 

Meskipun kini komunikasi relatif mudah karena semakin berkembangnya internet, namun pada kenyataannya masalah komunikasi masih menjadi masalah bagi pasangan LDR. Karena, perbedaan waktu, kesibukan, dan lain sebagainya pada akhirnya memangkas waktu komunikasi pasangan LDR.

BACA JUGA: 10 Arti Emoji Hati yang Wajib Kamu Ketahui! 

Dengan demikian, komunikasi seringkali menjadi masalah utama bagi pasangan LDR. Nggak jarang, akibat masalah komunikasi pasangan LDR akan memilih putus karena nggak sanggup untuk berpacaran namun rasa ‘musuhan’ karena jarang berkomunikasi. 

Dengan demikian, pada akhirnya mempertahankan komunikasi menjadi hal yang penting ketika ingin menjalin hubungan LDR. Kesabaran, komitmen, dan rasa percaya menjadi kunci untuk tetap menjalin komunikasi dengan pasangan.

2. Hilangnya Rasa Percaya

Kalau kita masih berpacaran di satu daerah, atau kota, mungkin rasa percaya kita terhadap pasangan masih besar. Terlebih, kalau pasangan kita mau ‘bermain di belakang’ chance pasangan kita untuk kegep pun makin besar, karena bisa saja kita atau teman kita pas-pasan dengan pasangan kita. 

Akan tetapi, untuk mereka yang harus menjalin hubungan LDR? Rasanya rasa kepercayaan kita terhadap pasangan akan berkurang dan cenderung hilang. Kita cenderung memikirkan hal-hal yang nggak akan terjadi. Namun, karena khawatir akan pasangan kita melakukan hal tersebut, akhirnya rasa kepercayaan kita terhadap pasangan pun menghilang.

Dengan demikian, percaya terhadap pasangan menjadi hal krusial dalam menjalin hubungan. Bagaimana cara membangun rasa percaya terhadap pasangan? Komitmen. Dengan komitmen, mau sejauh apapun pasangan kita, selagi keduanya saling menghargai komitmen yang sudah dibuat, seharusnya hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. 

3.  Mudah Merasa Bosan

Setelah jarang berkomunikasi, hilangnya rasa percaya terhadap pasangan, hal berikutnya yang biasanya terjadi adalah bosan. Kita bosan dengan pasangan kita yang nggak ada kabar, sehingga kita mulai kehilangan kepercayaan. Pada akhirnya, dua masalah sebelumnya menjadi pemantik rasa bosan terhadap hubungan LDR yang tengah dijalani. Dan akhirnya, nggak ada yang lebih baik dari putus dari pasangan. 

BACA JUGA: Bukan Setan, Berikut 5 Hal yang Paling Ditakuti Orang Dewasa

Rasa bosan ini sebenarnya dapat dikurangi jika kita bisa paham apa arti komitmen dan juga menjalin komunikasi dan rasa percaya yang mendalam terhadap pasangan. Namun, lagi-lagi permasalahan hubungan LDR ini cukup sulit untuk diselesaikan. Sehingga, pada akhirnya nggak jarang pasangan LDR memutuskan untuk putus hubungan. 

4. Munculnya Orang Baru

Permasalahan lain yang berakibat dari ketiga masalah sebelumnya adalah munculnya orang bru. Ketika kita sudah jarang berkomunikasi, hilang rasa percaya terhadap pasangan, dan rasa bosan, sering kali kita mencari orang baru yang mampu memberikan apa yang kita butuhkan. Sehingga kehadiran orang baru seringkali menjadi puncak dari berakhirnya hubungan jarak jauh. (*/)

(RRY) 

 

banner