uploads/article/2023/10/sering-salting-ketika-dipuji-214392e3fcb8176.png

Sering Salting Ketika Dipuji Pasangan? Berikut 5 Jenis Love Language yang Wajib Kamu Ketahui!

Pada dasarnya, cinta adalah sesuatu yang abstrak. Sebagai manusia, kita tentunya nggak bisa melihat bentuk cinta dalam bentuk fisik. Namun satu hal yang pasti, cinta tentunya dapat kita rasakan, baik dalam bentuk fisik maupun kasat mata.

Nah Sobat Gen, seiring berjalannya waktu, banyak cara untuk menunjukan rasa cinta kita terhadap seseorang. Dan ternyata, wujud cinta seseorang nyatanya berbeda-beda. Sebagai seorang pasangan dari seseorang, tentunya kita memiliki rasa cinta terhadap pasangan kita. Namun, bagaimana cara kita menyampaikan rasa cinta tersebut seringkali berbeda dengan orang-orang.

Love language adalah istilah yang tepat untuk mendefinisikan bahasa cinta, baik dalam bentuk perilaku, tindakan, maupun sikap kita terhadap pasangan kita ataupun orang-orang yang kita cintai dan sayangi. 

Istilah love language sendiri pertama kali muncul di karya yang ditulis oleh Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul ‘The Five Love Languages: The Secret to Love that Lasts’. Love language yang dijelaskan dalam buku tersebut terbagi menjadi lima jenis, yaitu words of affirmation, quality time, receiving gifts, acts of service, dan physical touch.

BACA JUGA: Dapet Pacar Lewat Dating Apps, Emang Bisa? 

Nah Sobat Gen, melalui artikel ini penulis akan membahas mengenai 5 jenis love language versi Gary Chapman:

1. Words of Affirmation (Memberikan Pujian)

Siapa yang nggak senang ketika dipuji? Nyatanya, memberikan pujian merupakan bentuk dari love language seseorang terhadap orang yang mereka cintai dan sayangi. Selain pujian, words of affirmation ini pun dapat berbentuk kalimat-kalimat positif, seperti dukungan, motivasi, dan tentunya pujian. 

Untuk Sobat Gen yang sering mendapatkan atau memberikan kalimat-kalimat positif terhadap seseorang, bisa jadi love language yang Sobat Gen miliki merupakan words of affirmation

2. Quality Time (Waktu yang Berkualitas)

Nggak ada yang lebih menyenangkan dan menenangkan dibandingkan dengan menghabisi waktu bersama orang yang kita cintai maupun sayangi. Biasanya, ketika kita menjalani waktu bersama orang yang kita cintai, waktu akan terasa berkualitas dan menyenangkan. Belum lagi, apabila kegiatan yang dilakukan bersama orang yang kita cintai merupakan kegiatan yang positif maupun produktif, tentunya waktu yang kita habiskan akan sangat berkualitas.

Untuk Sobat Gen yang seringkali mengajak orang yang Sobat Gen cintai untuk pergi atau mengisi waktu senggang berduaan saja dengan pergi atau melakukan kegiatan produktif, bisa jadi love language yang Sobat Gen miliki merupakan quality time.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Topik Obrolan untuk Memulai Obrolan dengan Orang yang Kita Suka 

3. Receiving Gifts (Memberi Hadiah)

Memberi ataupun mendapatkan hadiah dari orang yang cintai merupakan hal yang menyenangkan. Apapun barangnya, apabila barang tersebut datang dari orang yang kita cintai seringkali membuat value dari barang tersebut naik menjadi berkali-kali lipat. 

Untuk Sobat Gen yang seringkali memberi ataupun mendapatkan hadiah dari orang yang Sobat Gen cintai meskipun sedang tidak merayakan sesuatu. Bisa jadi love language dari Sobat Gen adalah receiving gifts.

4. Acts of Services (Tindakan)

Tindakan-tindakan kecil atau sederhana seperti membukakan pintu mobil, menarik kursi, dan lain sebagainya nyatanya merupakan wujud rasa cinta seseorang terhadap kta. Terkesan sederhana, namun nyatanya tindakan-tindakan tersebutlah yang seringkali membuat diri kita merasa dicintai oleh seseorang.

Apabila Sobat Gen seringkali merasa bahagia ketika orang yang Sobat Gen cintai melakukan tindakan-tindakan di atas. Bisa jadi, love language yang dimiliki oleh Sobat Gen adalah acts of service. 

5. Physical Touch (Kontak Fisik)

Bersentuhan dengan orang yang kita cintai seringkali membuat diri kita merasa canggung, namun canggung disini bukan berarti tidak nyaman ya! Sentuhan-sentuhan fisik seperti membelai, mengusap, dan lain sebagainya nyatanya merupakan bentuk cinta seseorang terhadap kita. 

BACA JUGA: Siapa yang Perlu Kita Ajak saat Ingin Menonton Konser? 

Dengan demikian, untuk Sobat Gen yang senang ketika mendapatkan sentuhan fisik dari orang yang Sobat Gen cintai. Bisa jadi, love language yang Sobat Gen miliki adalah physical touch atau kontak fisik. 

Nah Sobat Gen, lima love languages tersebut merupakan bentuk kasih cinta seseorang terhadap kita. Namun, apabila orang yang kita cintai tidak melakukan hal-hal di atas, bukan berarti mereka tidak mencintai kita ya! Banyak cara untuk menunjukan rasa cinta, tanpa perlu didasari oleh teori.(*/)

(RRY)

 

banner