uploads/article/2023/11/mari-berkenalan-dengan-band-band-6503469394912c5.png

Mari Berkenalan dengan Band-Band yang Akan Tampil di GABFEST 2023!

Festival musik nggak bisa dipungkiri udah menjadi hiburan wajib orang Indonesia nih, Sobat Gen! Salah satu festival musik yang sebentar lagi akan diselenggarakan adalah GABFEST 2023 yang akan diadakan pada 02 Desember 2023 di Taman Kota Peruri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

GABFEST 2023 sendiri menjadi puncak dari kompetisi Generasi Anak Band yang diselenggarakan oleh Gen 98.7 FM, Net TV, Vidio, dan Musica sebagai ajang untuk mencari band terkeren di Indonesia. 

Per hari ini, GABFEST 2023 sudah mengumumkan line-up final yang akan hadir di Taman Peruri Sabtu, 02 Desember nanti. Berbagai musik nasional dari berbagai genre, seperti Barasuara, Pee Wee Gaskins, Stereo Walls, Cokelat, dan berbagai musisi nasional lainnya akan meramaikan GABFEST 2023 nanti.

Sebelum Sobat Gen membeli tiket GABFEST 2023, ada baiknya Sobat Gen kenalan dulu nih sama band-band yang udah disebutkan di atas!

BACA JUGA: GABFEST 2023 Hadirkan Barasuara, Pee Wee Gaskins, Cokelat, dan Top 3 Generasi Anak Band! 

1. Barasuara


(Foto: Instagram/Barasuara)

Anak indie mana yang nggak tahu Barasuara. Band yang beranggotakan Iga Massardi, TJ Kusuma, Gerald Situmorang, Marco Steffiano, Asteriska Widiantini, dan Puti Chitara ini baru saja menyabet penghargaan dari AMI Awards 2023 di kategori ‘Duo/Grup/Kolaborasi Rock Terbaik’ dengan lagu berjudul ‘Fatalis’. 

Band yang terbentuk dari proyek yang direncanakan sebagai proyek solo oleh Iga Massardi ini sukses menjadi salah satu band Indonesia yang dikenal di era ini. Ketika industri musik Indonesia kini fokus pada para musisi solois, kehadiran Barasuara tentunya memberikan warna pada industri musik Indonesia. 

Total, Barasuara sudah merilis 3 album yang diantaranya adalah Taifun (2015), Pikiran dan Perjalanan (2019), dan PQ-Race dan Perjalanan (2019). Selain itu, Barasuara pun sudah merilis 7 singles dan mengadakan tur 1x di tahun 2016. 

Tercatat, Barasuara sudah memenangkan berbagai penghargaan di Anugerah Musik Indonesia sebanyak 2x, yang diantaranya AMI Awards 2016 untuk kategori ‘Karya Produksi/Alternatif Terbaik’ dan AMI Awards 2023 untuk kategori ‘Duo/Grup/Kolaborasi Rock Terbaik’.

BACA JUGA: Iga Massardi: Vokalis Barasuara yang Menjadi Juri di Generasi Anak Band dan Tampil di GABFEST 2023 

2. Pee Wee Gaskins


(Foto: Instagram/pwgofficial)

Untuk anak punk di Indonesia, nama Pee Wee Gaskins atau PWG sudah sangat akrab di telinga para pecinta musik punk di Indonesia. Terbentuk pada 11 April 2007, PWG yang beranggotakan Dochi Sadega, Sansan, Omo, Aldy Kumis, dan Ayi yang menggantikan Tior kini menjadi salah satu band punk besar di Indonesia.

Sekadar informasi, PWG memiliki nama yang terinspirasi dari nama julukan seorang pembunuh berantai dari Amerika Serikat, Donald henry Gaskins. Dochi dan Sansan memilih nama tersebut karena merasa nama tersebut terkesan kejam namun tetap memberikan kesan lucu. 

PWG sendiri kini memiliki 5 Album yang diantaranya Stories from Our High School Years, The Sophomore, Ad Astra Per Aspera, A Youth Not Wasted, dan Mixed Feeling. Selain itu terdapat 4 EP yang diantaranya You and I Going South, The Transit, Extended Ply, dan Salute to 90’s.

BACA JUGA: Bukan Cuma Last Child, Berikut 5 Band Emo Populer yang Ada di Indonesia!

3. Cokelat 


(Foto: Instagram/cokelat_band)

Cokelat bisa dibilang menjadi salah satu band rock yang lagunya sering kali dimainkan ketika timnas Indonesia bermain ataupun di acara 17an. Lagu-lagunya memang nggak bisa dipungkiri dapat memompa semangat masyarakat Indonesia. 

Cokelat sendiri merupakan band rock yang berasal dari Bandung pada tanggal 26 Juni 1996. Alasan band ini memiliki nama Cokelat karena mereka ingin musik yang dimainkan dapat dinikmati oleh semua kalangan. 

Cokelat sendiri cukup sering mengalami pergantian anggota. Setelah Kikan, vokalis pertama, berpisah dari Cokelat, band ini mengumumkan kepergian Sarah Hadju pada 19 Desember 2011. Keputusan ini diambil karena ketidakcocokan antara Sarah dan band. Resmi melepas status vokalisnya, Sarah Hadju memberikan jalan bagi Jackline Rossy untuk mengisi posisi tersebut. Kemudian, pada April 2014, Ernest memutuskan untuk meninggalkan dunia musik, diikuti oleh Otto yang juga mengundurkan diri.

Setelah lebih dari 4 tahun berjalan tanpa kehadiran beberapa personel, Cokelat berhasil merekrut Axel Andaviar sebagai drummer, mengisi kekosongan yang ada. Hal ini juga menandai kembalinya duo permainan gitar kakak beradik Edwin dan Ernest. Pada tanggal 29 November 2020, melalui saluran YouTube resmi mereka, Cokelat mengumumkan Ayu Ratna (mantan anggota Garasi) sebagai penyanyi baru. Fans, yang dikenal sebagai 'Bintang Cokelat', banyak memberikan komentar positif, menyebut formasi ini sebagai formasi terbaik setelah periode dengan Kikan dan Ervin.

Pada Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2022, momen yang dinantikan tiba. Kikan (vokalis) dan Ervin (drummer) kembali memperkuat Cokelat setelah 12 tahun berpisah. Pengumuman comeback ini dibagikan melalui media sosial resmi, dengan unggahan video yang memperlihatkan kehadiran kembali Kikan dan Ervin.

Tercatat Cokelat memiliki 6 Album Studio yang diantaranya Untuk Bintang, Rasa Baru, Rasa Baru Special Edition, Segitiga, Dari Hati, dan Panca Indera. Selain itu, Cokelat pun memiliki 5 album kompilasi bersama berbagai musisi lainnya, dan memiliki 19 singles.

BACA JUGA: Generasi Anak Band Hadir untuk Temukan Band Paling Keren dan Berbakat Se-Indonesia 

4. StereoWall


(Foto: Instagram/Stereowall)

Band lainnya yang akan tampil di GABFEST 2023 adalah StereoWall. Band yang bergenre alternative rock ini dibentuk pada tahun 2012. Kini StereoWall beranggotakan Cynantia Pratita, Rama, Usay,dan Ramadhan. 

StereoWall sendiri kini memiliki album yang berjudul ‘Prologue’ yang rilis di tahun ini, tepatnya pada tanggal  17 Maret 2023. 

Selain empat band di atas, masih banyak band-band lain yang akan memeriahkan GABFEST 2023. Selain band-band nasional, Top 3 dari Generasi Anak Band pun akan tampil di GABFEST 2023 ini. 

Untuk Sobat Gen yang ingin menyaksikan berbagai band nasional di GABFEST 2023, Sobat gen dapat membeli tiketnya di tiket.com atau Sobat Gen bisa membelinya melalui link di bio Instagram @generasianakband.official. Dengan harga Rp98.700, Sobat Gen sudah bisa menyaksikan band-band nasional yang akan hadir di GABFEST 2023. Jadi, segera beli tiketnya ya! (*/)

(RRY)

 

banner