uploads/article/2023/10/5-brand-fashion-lokal-47338e38fea6dd0.png

5 Brand Fashion Lokal yang Wajib Kamu Ketahui!

Salah satu hal yang penting bagi anak muda adalah fashion atau style outfit. Dua hal tersebut kini dianggap sebagai daya tarik anak muda apabila ingin dicap gaul dan juga keren. Makanya, Sobat Gen jangan heran kalau kini banyak anak muda yang suka banget menggunakan barang palsu dari brand terkenal di luar negeri hanya untuk mendapatkan validasi.

Padahal, harga-harga barang palsu yang mereka beli seringkali memiliki harga hingga ratusan ribu. Dengan harga yang relatif mahal tersebut, mereka sebenarnya dapat membeli berbagai barang fashion brand lokal yang dari segi looks dan kualitas siap diadu dengan brand-brand luar. 

BACA JUGA: Salahkah Menggunakan Barang Branded Sebagai Penunjang Pekerjaan?

Nah Sobat Gen, dibanding ngeluarin uang ratusan ribu hanya untuk barang palsu, mending Sobat Gen simak artikel ini deh! Karena, lewat artikel ini penulis akan memberikan rekomendasi brand lokal yang kelas, berkualitas, dan nggak kalah dengan produk brand luar. Apa sajakah brand tersebut?

1. The Executive

“Loh, The Executive bukan brand luar, min?” 

Memang dari segi nama, brand satu ini terdengar mewah dan kebarat-baratan. Tapi, nyatanya brand satu ini merupakan brand lokal yang diproduksi oleh PT Delami Garment Industries yang berlokasi di Bandung.

Buat Sobat Gen yang lagi mencari outfit semi formal untuk ngantor atau kuliah, The Executive bisa menjadi salah satu brand yang Sobat Gen pilih loh. Belum lagi toko fisik mereka kini sudah tersebar di berbagai mall di Indonesia. 

2. Eiger

Alam, kopi, dan senja. 3 kata ini sering banget disematkan bagi pengguna brand satu ini. Eiger, salah satu brand pakaian yang fokus pada outdoor activity ini nyatanya menjadi salah satu brand lokal mendunia yang dimiliki oleh Indonesia. 

Di bawah naungan PT. Eiger Multi Produk Industri, Eiger sukses menjadi pilihan bagi mereka yang menyukai pakaian yang dapat mereka gunakan di berbagai kegiatan yang berhubungan dengan alam maupun kegiatan outdoor lainnya. 

BACA JUGA: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Melakukan Thrifting 

Sejak memulai produksi di Cihampelas pada tahun 1989, Eiger selalu menjadi pilihan bagi para penggunanya. Akhirnya, di tahun 2010 Eiger sukses membuka outlet resminya di Dortmund, Jerman. Dan kini, Eiger sudah memiliki 81 outlet dan juga distributor yang tersebar hingga Jepang dan Lebanon.

3. Cotton Ink

Pada tahun 2008, Cotton Ink didirikan oleh Ria Sarwono dan Carline Darjanto dengan penekanan pada pembuatan kaos kustom. Namun, saat ini brand ini telah menjadi sangat terkenal dan mudah ditemui. 

Melalui platform resmi mereka, Cotton Ink telah merambah pasar di Malaysia, Singapura, Australia, dan beberapa negara Eropa. Merek ini bahkan berhasil meraih penghargaan sebagai Brand Paling Inovatif di acara Jakarta Fashion Week.

4. Matoa

Brand fashion Indonesia yang memiliki pengaruh internasional selanjutnya berasal dari bidang aksesoris. Jam tangan kayu buatan Bandung ini berhasil memikat pasar global dengan konsep urban yang ramah lingkungan yang diterapkan. Selain itu, penamaan produk-produk Matoa juga menonjolkan kekayaan budaya Indonesia. Produk jam tangan Matoa, seperti Gili, Flores, Jalak, dan Mayo, bahkan telah menyebar ke beberapa negara di Eropa.

BACA JUGA: Tren Berkain jadi Cara Anak Muda Lestarikan Batik di Indonesia

5. Erigo

Mungkin Sobat Gen sudah tidak asing dengan brand lokal ini. Namun, mungkin Sobat Gen tidak tahu bahwa saat pertama kali didirikan pada tahun 2010, Erigo dikenal dengan nama "Selected and Go" dan fokus pada pakaian batik kasual. Baru pada tahun 2013, brand fashion Indonesia yang kini dikenal secara internasional ini memutuskan untuk bertransformasi menjadi merek pakaian uniseks dengan gaya jalanan yang sangat digemari. Pada Maret 2021, Erigo mencapai puncak kesuksesannya dengan muncul di billboard Time Square di New York, Amerika Serikat, dan terus melanjutkan dengan kehadiran toko sementara (pop-up store) selama New York Fashion Week 2022.

Nah Sobat Gen, lima brand lokal ini nyatanya mampu bersaing di skala internasional loh. Dibandingkan dengan memberi barang palsu dari brand luar negeri dengan harga mencapai ratusan ribu, mending Sobat Gen beli produk-produk dari brand lokal Indonesia aja ya!(*/)

(RRY)

banner