uploads/article/2023/11/5-jajanan-sd-yang-81852954e8861ce.png

5 Jajanan SD yang Paling Populer dan Masih Dinikmati Ketika Dewasa

Siapa yang nggak suka jajanan SD? Kayaknya, hampir kebanyakan dari kita suka dengan jajanan SD. Meskipun jajanan SD sering dianggap sebagai makanan yang kurang sehat, tapi masalah rasa, jajanan SD jadi juaranya.

Biasanya, di tiap SD terdapat berbagai jajanan wajib. Jajanan ini pun tentunya bisa ditemukan di hampir setiap SD di Indonesia. Kecuali, SD dengan taraf internasional yang di dalam kantin sekolahnya ada berbagai merk makanan franchise populer di Indonesia.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Kesenian Bela Diri untuk Pelajar Indonesia!

Nah Sobat Gen, melalui artikel ini, penulis ingin membagikan berbagai pilihan jajanan SD yang bisa Sobat Gen nikmati. Apa aja sih jajanan tersebut?

1. Telur Gulung

Telur gulung bisa dibilang menjadi jajanan SD terpopuler. Kayaknya, menjadi jajanan yang hampir ada di berbagai sekolah di Indonesia. 

Sebenarnya, telur gulung sendiri menjadi jajanan SD tersimpel dan rasanya bisa dibilang paling aman. Berbahan baku telur, air, dan saos sambal, telur gelung tentunya memiliki cita rasa yang relatif enak untuk semua orang.

Selain rasa yang enak, telur gulung pun memiliki proses pembuatan yang terbilang mudah dan simpel. Cukup siapkan minyak yang panas, masukan telur yang sudah tercampur air, lalu ketika telur sudah siap untuk digulung, siapkan stik kayu untuk menggulung telur tersebut. 

Rasa yang enak dan proses yang mudah ini juga yang akhirnya membuat harga dari telur gulung relatif murah. Biasanya, telur gulung pada jajanan SD dijual dengan harga Rp1000 per-tusuknya.

2. Telur Ping Pong

Masih dalam jajanan aneka telur. Selain telur gulung, salah satu jajanan SD terpopuler adalah telur ping pong. 

Dinamakan telur ping pong karena jajanan satu ini memiliki bentuk bulat seperti bola ping pong. Jadi, selain bakso, telur pun nyatanya bisa bulat seperti bola ping pong. Untuk membuat bentuk bulat seperti bola ping pong, adonan telur akan dicetak dengan wadah yang mirip bola kecil. Sehingga ketika matang, bentuk dari telur tersebut akan menjadi bulat.

Telur ping pong menjadi salah satu jajanan SD terpopuler selain telur gulung. Untuk menikmatinya, biasanya akan disajikan berbagai bumbu, seperti bumbu keju, balado, barbeque, ataupun saos sambal. 

3. Cilok

Masuk ke per-acian. Aci nggak bisa dipungkiri menjadi bahan baku jajanan SD terpopuler di Indonesia. Selain bahan baku yang murah, tekstur yang kenyal, dan cocok dengan berbagai bumbu micin tentunya membuat banyak dari kita menyukai dengan makanan yang berbahan dasar aci. 

Cilok menjadi salah satu jajanan SD berbahan aci terpopuler di Indonesia. Cilok sendiri merupakan singkatan dari aci dicolok, dan jajanan ini merupakan jajanan SD yang khas dan berasal dari Jawa Barat.

Biasanya, aci dibuat dari tepung tapioka dengan telur yang kemudian dibentuk bulat. Kemudian, cilok biasanya akan diisi dengan isian daging sapi ataupun ayam. Setelah dimasukan isian, cilok kemudian akan direbus hingga matang dan disajikan dengan bumbu kacang. 

4. Cilor

Selain cilok, kini kita masuk ke kombinasi antara aci dan telur, yaitu cilor. Sesuai dengan namanya, cilor merupakan singkatan dari aci telor. 

BACA JUGA: 5 Istilah yang Sering Digunakan Gen Z yang Wajib Kamu Ketahui!

Dengan demikian, kombinasi maut antara aci dan telur yang menjadi cilor ini menjadi salah satu jajanan SD favorit kebanyakan orang. Biasanya, untuk menikmati cilor, pembeli akan diberikan bubuk cabai ataupun saos cabai maupun tomat. 

5. Es Teh Plastik

Agar tidak seret, tentunya kita membutuhkan minuman untuk melancarkan tenggorokan. Dan apa minuman yang paling populer di tier jajanan SD? Tentunya es teh plastik.

Es teh plastik sebenarnya adalah es teh yang disajikan di plastik. Nggak ada yang spesial dari rasanya, namun kemasan plastiknya lah yang membuat spesial. Salah satu hobi yang dilakukan oleh anak-anak SD ketika meminum es teh plastik adalah menarik-narik plastik yang berisikan es teh plastik. Sehingga, nantinya akan muncul bagian yang menonjol dari plastik tersebut. 

Nah Sobat Gen, dari kelima jajanan SD tersebut, apa jajanan SD yang paling sering kalian beli? (*/)

(RRY)

 

banner