uploads/article/2023/09/5-rekomendasi-kesenian-bela-97874637f7ee6a5.png

5 Rekomendasi Kesenian Bela Diri untuk Pelajar Indonesia!

Sobat Gen, beberapa waktu belakangan ini, pemberitaan di media-media Indonesia seringkali membahas aksi kekerasan yang dilakukan oleh pelajar terhadap pelajar lain. Tentunya, pemberitaan tersebut mencoreng Indonesia sebagai negara yang dianggap sebagai negara yang mengutamakan kerukunan dan asas gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.

Aksi kekerasan yang dilakukan oleh pelajar Indonesia ini tentunya disebabkan oleh berbagai alasan, salah satunya adalah tontonan perkelahian yang seringkali menjadi ‘makanan’ mereka sehari-hari. 

Padahal, banyak wadah atau olahraga yang dapat dilakukan oleh para pelajar guna menurunkan ‘kegemaran’ berkelahi mereka. Dibandingkan menggunakan fisik mereka untuk membully atau mengajak berkelahi teman sekolah, rasanya lebih baik kemampuan fisik mereka diturunkan ke berbagai kesenian bela diri.

BACA JUGA: Remaja Indonesia jadi Perokok, Kok Bisa? 

Seni bela diri bukan hanya tentang kemampuan fisik, melainkan juga tentang pengembangan karakter, disiplin, dan rasa percaya diri. Di Indonesia, seni bela diri telah menjadi pilihan yang bijak bagi pelajar dari berbagai usia. Berikut adalah rekomendasi seni bela diri yang cocok untuk pelajar Indonesia:

1. Pencak Silat

Pencak Silat adalah seni bela diri tradisional Indonesia yang kaya akan nilai-nilai budaya. Ini adalah pilihan yang bagus untuk memahami dan menghormati warisan budaya Indonesia sambil mengembangkan keterampilan fisik dan mental. Pelajar dapat belajar teknik bertarung, tetapi juga nilai-nilai seperti rasa hormat, kerjasama, dan disiplin.

2. Karate

Karate adalah seni bela diri asal Jepang yang telah menjadi populer di seluruh dunia. Ini membantu pelajar mengembangkan kekuatan fisik, keseimbangan, dan konsentrasi. Karate juga mengajarkan etika yang kuat, termasuk rasa hormat terhadap instruktur dan rekan latihan.

3. Taekwondo

Taekwondo berasal dari Korea dan merupakan seni bela diri yang menekankan pada teknik tendangan yang tinggi dan dinamis. Ini adalah pilihan yang baik untuk pelajar yang ingin mengembangkan kelincahan dan fleksibilitas, sambil belajar prinsip-prinsip moral dan etika.

BACA JUGA: Bosan Nongkrong di Waktu Weekend? Berikut 3 Kegiatan yang Bisa Dilakukan 

4. Judo

Judo adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang, fokus pada kelincahan, keseimbangan, dan teknik lempar. Ini adalah pilihan yang baik untuk pelajar yang ingin menguasai keterampilan pertahanan diri dan memahami prinsip-prinsip etika dalam olahraga.

5. Brazilian Jiu-Jitsu

Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ) adalah bentuk seni bela diri yang menekankan pertarungan tanah. Ini mengajarkan pelajar bagaimana menggunakan teknik dan strategi untuk mengalahkan lawan yang lebih besar atau lebih kuat. BJJ juga mempromosikan kebijaksanaan dan kerendahan hati.

Selain kesenian bela diri di atas, masih banyak rekomendasi seni bela diri lain yang dapat diterapkan untuk pelajar Indonesia. Selain untuk melatih fisik, dengan belajar seni bela diri, pelajar Indonesia dapat memahami esensi dari bela diri yang mereka pelajari. Dibandingkan digunakan untuk menindas lawan atau kawan, bela diri pada dasarnya dapat digunakan sebagai media untuk memami orang, sehingga para pelajar Indonesia dapat menghormati teman sebayanya. (*/)

(RRY)

banner