uploads/article/2023/12/apa-sih-arti-dari-86842d192d7ce56.png

Apa Sih Arti dari Let Him Cook? Meme yang Kini Populer di Media Sosial

Siapa yang nggak suka masak? Hobi masak umumnya identik dengan makanan, minuman, dan lain sebagainya. Tapi, apa jadinya kalau masakan yang dihasilkan dari ‘memasak’ justru bukanlah makanan. 

Meme ‘biarkan dia memasak’ atau ‘let him cook’ akhir-akhir ini menjadi topik perbincangan di media sosial nih, Sobat gen! Terlebih, saling adu ‘masak’ sering kali terjadi di media sosial. Apalagi, memasuki kalender politik, ‘masak-memasak’ bisa dibilang menjadi kegiatan wajib bagi netizen Indonesia. 

Agar Sobat Gen paham konteks yang dibicarakan, ‘memasak’ di dalam meme ‘biarkan dia memasak’ adalah memasak suatu gagasan yang brilian dan disukai oleh banyak orang. Saking briliannya ‘masakan’ orang tersebut, para netizen akan mengeluarkan meme ‘biarkan dia memasak’ untuk memberi kesempatan lebih banyak untuk orang tersebut untuk berpendapat. 

Sederhananya, meme ‘biarkan dia memasak’ adalah meme yang digunakan ketika seseorang mengeluarkan pendapat di ruang media sosial, dan pendapat tersebut tergolong ‘bagus’ sehingga harus dibiarkan agar terus ‘dimasak’ agar menjadi pendapat yang lebih komprehensif dan layak untuk didengar.

Atau untuk konteks yang lebih luas, meme ‘biarkan dia memasak’ dapat diartikan sebagai ekspresi seseorang untuk membiarkan netizen melakukan apapun yang dia mau.

BACA JUGA: Bukan Sekadar Gambar Lucu, Berikut Sejarah dan Fakta yang  Wajib Kamu Ketahui dari Meme! 

Asal Usul Meme ‘Biarkan Dia Memasak’

Meme ‘biarkan dia memasak’ sebenarnya muncul berkat salah satu rapper populer, Lil B yang mengatakan ‘let that boy cook’. Pada dasarnya, kalimat tersebut memiliki makna untuk membiarkan seseorang melakukan apapun yang ingin mereka lakukan. 

Pada awal penggunaannya, ‘let him cook’ biasa digunakan untuk netizen untuk melindung orang-orang yang lagi mencoba menggombal di media sosial. Kemudian, akhirnya meme ‘let him cook’ semakin digunakan di berbagai konteks. 

Selayaknya sebuah meme, pada akhirnya frasa ‘let that boy cook’ pun semakin populer dengan berbagai bentuk frasa yang berbeda dengan makna yang sama. Di luar negeri, meme ini dikenal dengan kalimat, “let him cook”. Di Indonesia, meme yang persebarannya cukup terpengaruh dengan meme di luar negeri, meme let him cook’ pun diadaptasi dengan kalimat, “biarkan dia memasak’. 

Jadi Sound TikTok

Sobat Gen yang aktif di TikTok pastinya pernah mendengar sound TikTok yang berbunyi, “Let him cook. I said let him cook.”. Sound TikTok ini lumayan populer di media sosial karena banyaknya orang yang menggunakan sound tersebut. Biasanya, video dengan menggunakan sound ‘let him cook’ ini akan menampilkan progress seseorang untuk mencapai apa yang dia mau. Jadi, bisa dibilang tren meme let him cook’ ini terbilang positif. 

BACA JUGA: Jadi Tokoh Jahat, 5 Tokoh Ini Justru Dicintai Banyak Orang 

Punya Antitesis

Lebih kerennya lagi, meme ‘biarkan dia memasak’ atau ‘let him cook’ memiliki antitesis loh, Sobat Gen. Biasanya antitesis ini akan berupa kalimat atau foto yang bertuliskan, “Why did y’all let him cook?”. Mereka yang menggunakan meme ini biasanya disebabkan karena apa yang mereka lakukan tergolong gagal dan bahkan nggak rasional, tapi di satu sisi mereka tetap merasa benar. 

Dengan demikian, akhirnya mereka yang memaksa hal yang salah namun merasa benar ini akan mendapatkan meme why did y’all let him cook?”. 

Nah Sobat Gen, tentunya sekarang Sobat Gen bisa lebih paham dengan meme ‘biarkan dia memasak’ atau ‘let him cook’ bukan? (*/)

(RRY)

banner