uploads/article/2023/10/alasan-mengapa-anak-muda-667833c4fed532f.png

Alasan Mengapa Anak Muda Jaman Sekarang Menyukai Tren-Tren Klasik dan Juga Old School

Sobat Gen, jika umumnya anak-anak muda jaman sekarang berusaha untuk mengikut hal-hal atau tren kekinian sesuai dengan perkembangan zaman. Namun, pada kenyataannya banyak juga anak muda yang justru memilih untuk mengikuti tren-tren di jaman lampau atau hal-hal yang berbau vintage dan jauh dari kata kekinian.

Hal-hal mulai dari selera musik, style outfit, sampai ke kendaraan jaman dahulu nyatanya kini diminati oleh anak muda. Banyak anak muda di jaman sekarang yang memiliki selera musik 80-90an, style outfit yang bertemakan vintage, atau mengendarai mobil atau motor-motor klasik.

Rasanya, anak muda jaman sekarang justru memiliki selera yang old school dibandingkan dengan umur mereka. Lantas, sebenarnya apa alasan anak muda jaman sekarang menyukai tren-tren old school?

BACA JUGA: Tren Berkain jadi Cara Anak Muda Lestarikan Batik di Indonesia 

Anak Muda Ingin Tampil Beda

Salah satu alasan terkuat mengapa banyak anak muda menyukai hal-hal berbau klasik dan old school adalah karena mereka ingin tampil beda. Jika biasanya anak-anak jaman sekarang menyukai tren-tren kekinian, mulai dari musik EDM, style HYPEBEAST, ataupun mobil elektrik seperti tesla. Pada kenyataannya, ada juga anak muda yang justru ingin tampil beda dengan menyukai tren-tren jaman dahulu seperti musik-musik dari The Beatles, ataupun Oasis, style vintage, ataupun mobil-mobil klasik seperti BMW jaman dulu ataupun mobil klasik lainnya.

Perasaan dan keinginan untuk tampil beda inilah yang menjadi alasan banyak anak muda menyukai tren-tren klasik. Mereka ingin terlihat stand out dibandingkan anak muda lainnya. Sehingga, mereka mencari tren-tren yang dirasa jarang peminatnya, atau tren yang jarang dan bahkan tidak diikuti oleh anak muda di usia mereka. 

Pengaruh Lingkungan

Alasan lain mengapa akhirnya banyak anak muda yang menyukai tren-tren klasik ataupun old school adalah pengaruh dari lingkungan. Mereka yang menyukai tren-tren klasik atau old school cenderung hidup dilingkungan yang memberdayakan tren-tren tersebut. Misalnya, orang tua yang masih sering nyetel lagu The Beatles di rumah atau ketika sedang berkendara bersama keluarga.

Dengan demikian, anak-anak yang cenderung mudah meniru perilaku orang tua pun cenderung mengikuti hal-hal yang disukai oleh orang tuanya. Sehingga, peran lingkungan dalam membentuk apa yang disukai oleh anak muda sangatlah kuat. 

Jenuh dengan Tren di Era Sekarang

Alasan terakhir yang akhirnya membuat banyak anak muda cenderung menyukai tren-tren klasik ataupun old school adalah mereka jenuh dengan tren di era sekarang yang relatif berkutat pada satu hal saja. 

BACA JUGA: Cara Unik Musisi Indonesia Promosikan Lagunya: Dari Dating Apps Sampai Situs Porno

Kini, banyak tren yang rasanya hanya berputar-putar di satu lingkaran saja. Sehingga, tidak ada variasi dari tren tersebut yang membuat anak muda tertarik dengan tren tersebut. Belum lagi, tren di jaman sekarang sangat cepat berubah-ubah. Sehingga, anak-anak muda jaman sekarang seringkali kesulitan untuk catching up dengan tren tersebut.

Dengan demikian, pada akhirnya anak-anak muda ini memilih tren yang memang sudah terjadi, tapi masih banyak diminati, dibandingkan dengan tren di jaman sekarang yang sangat mudah untuk dilupakan.(*/)

(RRY)

 

banner