uploads/article/2023/09/sering-dianggap-remeh-berikut-158899674b7acf8.png

Sering Dianggap Remeh, Berikut 7 Alasan Pentingnya Tidur Siang!

Sobat Gen, siapa di sini yang suka banget tidur siang? Tidur siang, atau yang sering disebut dengan ‘power nap’, adalah kebiasaan yang sering dianggap sebagai kemewahan atau bahkan diabaikan oleh sebagian besar orang dewasa. Namun, seiring dengan pemahaman yang semakin mendalam tentang kesehatan dan produktivitas, tidur siang mulai mendapatkan perhatian yang lebih besar. 

Namun, pada kenyataannya, tidur siang seringkali dianggap sebagai kegiatan yang hanya dilakukan oleh anak kecil saja. Padahal, tidur siang atau power nap ini pun dibutuhkan oleh kita-kita yang jompo ini loh!

BACA JUGA: 5 Keuntungan Jika Kamu Menguasai Bahasa Isyarat! 

1. Meningkatkan Kewaspadaan dan Konsentrasi

Salah satu manfaat paling langsung dari tidur siang adalah peningkatan kewaspadaan dan konsentrasi. Setelah beraktivitas sepanjang pagi, otak kita cenderung mengalami penurunan energi. Tidur siang selama 20-30 menit dapat membantu "mereset" otak kita nih, Sobat Gen! Selain itu, dengan tidur siang pun, Sobat Gen dapat meningkatkan kemampuan untuk fokus pada tugas-tugas yang menuntut perhatian.

2. Meningkatkan Produktivitas

Selain membantu kita untuk berkonsentrasi, tidur siang dapat memberikan dorongan energi yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas. Meskipun waktu tidur siang relatif singkat. Nyatanya Sobat Gen tetap dapat merasa lebih segar dan siap menghadapi sisa hari dengan semangat yang tinggi. Sehingga, Sobat Gen dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih efisien dengan hasil yang lebih baik.

3. Memperbaiki Mood dan Kesejahteraan Emosional

Sobat Gen, tentunya ketika kita lelah, mood kita cenderung menjadi buruk, dan stres dapat meningkat. Tapi, Sobat Gen nyatanya dapat memperbaiki mood dengan cara melakukan tidur siang loh! Tidur siang dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati Sobat Gen. Tidur siang pun akhirnya menjadi salah satu cara untuk membantu Sobat Gen menghadapi situasi sehari-hari dengan lebih positif dan tenang.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang yang teratur dapat berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik. Istirahat singkat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menjadi Seorang Backpackers!

5. Meningkatkan Kreativitas

Sebagai anak muda yang dituntut untuk memiliki pemikiran kreatif, tidur siang dapat menjadi salah satu cara untuk merangsang ide kreatif yang ada di dalam pikiran kita. Selama tidur siang, otak tetap aktif dan dapat menciptakan asosiasi dan ide-ide baru. Sehingga, tidur siang menjadi salah satu momen yang baik untuk merenungkan ide-ide atau masalah yang kompleks untuk merumuskan suatu ide yang kreatif. 

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Nyatanya tidur siang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita loh, Sobat Gen! Saat tubuh beristirahat, tubuh memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri dan memerangi infeksi. Sehingga, daya tahan tubuh kita pun mampu untuk mencegah kita dari segala penyakit.

7. Menurunkan Risiko Kecelakaan

Kurang tidur adalah penyebab umum dari kecelakaan di jalan atau di tempat kerja. Tidur siang dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan dengan meningkatkan tingkat kewaspadaan dan konsentrasi.

Tidur siang bukan hanya kenikmatan sementara, tetapi juga investasi dalam kesehatan dan produktivitas kita. Jadi, jika Sobat Gen merasa lelah atau kurang fokus, pertimbangkan untuk mengambil "power nap" selama 20-30 menit. Ini dapat membantu Sobat Gen merasa lebih segar, lebih sehat, dan lebih produktif sepanjang hari. Tidur siang adalah salah satu cara sederhana untuk merawat diri kita sendiri dan meningkatkan kualitas hidup Sobat Gen secara keseluruhan.(*/)

(RRY)

 

banner