uploads/article/2024/01/20-tahun-berkarya-noah-401066f51d797b8.png

20 Tahun Berkarya, Noah Resmi Umumkan Hiatus

Salah satu tren yang paling populer di skena musik Indonesia adalah tren musik solois. Kini, bisa dibilang rata-rata musisi populer di Indonesia didominasi oleh para musisi solois. Nama-nama seperti Kunto Aji, Nadin Amizah, Pamungkas, dan lain sebagainya bisa dibilang menjadi musisi paling populer di Indonesia saat ini.

Akan tetapi, meskipun kini tren musisi solois mendominasi di Indonesia. Nyatanya, terdapat salah satu band yang masih eksis dan terus bersaing bahkan sejak era band sampai era solois sekarang ini. Band tersebut adalah Noah.

Band yang diisi oleh berbagai punggawa eks Peterpan ini tetap dapat eksis di panggung musik Indonesia. Nama Noah tentunya nggak asing ditelinga Sobat Gen dan pecinta musik Indonesia. Band legendaris yang beranggotakan Ariel, Lukman, dan David ini tetap bisa eksis di kancah permusikan Indonesia meskipun era band sudah tenggelam.

Setelah hampir 23 tahun berkarya, sejak masih bernama Peterpan hingga kini bernama Noah. Akhirnya Noah resmi mengumumkan untuk ‘pamit’ sejenak dari kancah permusikan Indonesia. 

Konser pada 3 Desember 2023 di Ancol menjadi konser terakhir Noah sebelum akhirnya resmi mengumumkan untuk hiatus di awal tahun 2024 ini. Tentunya, kabar hiatusnya Noah menjadi kabar yang dirasa cukup sentimentil untuk fans dan bahkan pecinta musik Indonesia. 

BACA JUGA: Profil Perantaranya Band: Band Asal Kelapa Gading yang Sukses Menangkan Generasi Anak Band

Profil Noah

Noah yang sebelumnya bernama Peterpan merupakan band dengan genre musik rock yang dibentuk di salah satu kota pencipta musisi berbakat, yaitu Bandung. Dibentuk pada tahun 2000, Noah yang awalnya bernama Peterpan beranggotakan Ariel (vokal, gitar akustik, dan tamborin), Andika (kibor dan piano), Indra (bass), Lukman (gitaris), dan Uki (gitaris) menjadi salah satu band dengan total sembilan juta album terjual di Indonesia yang akhirnya membuat Noah menjadi band rock alternatif terlaris di Indonesia. 

Akan tetapi, jauh sebelum menjadi salah satu band terpopuler di Indonesia, Noah mengawali karirnya sebagai band reguler di suatu kafe. Namun, berkat kemampuan mereka, saat itu bassist dari Java Jive, Noey, memasukan lagu mereka yang berjudull “Mimpi yang Sempurna” ke dalam album kompilasi yang dibuat oleh salah satu label musik terbesar Indonesia, yaitu Musica Studi dalam album kompilasi berjudul ‘Kisah 2002 Malam’. Dari album kompilas tersebut, Noah yang kala itu masih bernama Peterpan pun menandatangani kontrak musik perdana mereka dengan Musica Studio dan merilis album perdana yang berjudul ‘Taman Langit’ di tahun 2003.

Terus berkarya bersama-sama, namun pada akhirnya Andika dan Indra memilih keluar di tahun 2006. Terlebih, di tahun berikutnya ibu dari Andika merasa keberatan apabila nama ‘Peterpan’ terus digunakan ketika anaknya sudah tidak lagi menjadi bagian dari Peterpan secara profesional. Hingga akhirnya, di tahun 2012 nama Noah pun menjadi pengganti dari nama ‘Peterpan’. Bukan hanya nama baru, Noah pun langsung merilis single baru dengan judul ‘Separuh Aku’ yang kemudian disusul dengan album studio pertama mereka dengan judul ‘Seperti Seharusnya’ yang sukses terjual di atas satu juta kopi. 

Sejak saat itu, nama Noah terus dibawa hingga sekarang. Meskipun Reza memilih untuk keluar dari Noah, hal tersebut tidak menggoyahkan Noah untuk tetap eksis di panggung musik Indonesia. 

BACA JUGA: Iga Massardi: Vokalis Barasuara yang Menjadi Juri di Generasi Anak Band dan Tampil di GABFEST 2023 

Mengumumkan Hiatus

Kini, Noah beranggotakan Ariel, David, dan Loekman. Dari band kafe hingga mendapatkan kontrak dengan label terbesar di Indonesia, dari Peterpan menjadi Noah, pada akhirnya satu hal yang nggak pernah berubah dari Noah adalah kepopuleran dan juga fans yang setia untuk selalu mendukung mereka.

Kini, melalui unggahan yang diunggah oleh akun Instagram resmi Noah @noah_site, Noah resmi mengumumkan untuk hiatus melalui video yang menampilkan cuplikan aktivitas mereka di saat sedang bermusik. Dalam unggahan tersebut, Noah mengucapkan terima kasih kepada para fans dan juga orang-orang orang-orang yang sudah membantu mereka. 

"Sahabat. Terima kasih untuk segala-galanya selama ini. Terima kasih atas setiap dukungannya terhadap karya-karya kami, bahkan terhadap setiap individu yang ada di NOAH," tulis pengumuman yang diunggah di Instagram, Selasa (2/1).

"Kami akan merindukan setiap apresiasi kalian dan kami akan selalu mengingatnya," lanjut pengumuman tersebut.

Kini, yang bisa para fans Noah dan pecinta musik Indonesia lakukan adalah menunggu kembalinya Noah dari istirahatnya. Meskipun waktunya tidak pernah diumumkan, namun kembalinya Noah adalah sesuatu yang dapat dipastikan. (*/)

(RRY)




banner