uploads/article/2024/03/ojol-the-game-game-1691468dcb45c97.png

Ojol The Game: Game Viral Buatan Indonesia yang 'Melatih' Sobat Gen untuk Menjadi Ojol

Game nggak bisa dipungkiri menjadi salah satu alternatif hiburan bagi masyarakat Indonesia. Terlebih, kini untuk memainkan sebuah game Sobat Gen nggak harus memiliki konsol atau PC gaming. Karena, kini cukup banyak mobile games yang bisa Sobat Game mainkan melalui smartphone Sobat Gen. 

Ngomongin mobile games, tentunya Sobat Gen akan menyebut game-game seperti Mobile Legends, PUBG, dan Free Fire bukan? Tentunya ketiga game tersebut memang menjadi salah satu mobile games terpopuler di Indonesia saat ini. Namun, nyatanya seiring berkembangnya teknologi di Indonesia, kini banyak developer game asal Indonesia yang sukses memproduksi gamenya sendiri. 

Tentunya Sobat Gen masih ingat dengan game A Space for the Unbound. Game buatan TOGE Productions ini sukskes masuk nominasi The Game Awards untukk nominasi Games for Impact. Karena, salah satu daya tari dari game ini adalah bagaimana mereka membingkai fenomena-fenomena yang ada di Indonesia ke dalam sebuah game. Mulai dari suasana bangunan di dalam game, fenomena-fenomena yang terjadi, sampai penamaan karakter dan NPC yang dibuat Indonesia banget rasanya membuat game ini menjadi populer baik di Indonesia maupun luar negeri.

Namun, kini muncul satu game asal Indonesia yang kayaknya benar-benar mengangkat fenomena sosial di Indonesia. Apa kah game tersebut?

BACA JUGA: Keren! Game Asal Indonesia, A Space for the Unbound Masuk Nominasi The Game Awards 2023

Menjadi Ojol Lewat Ojol The Game

Ojol, bisa dibilang menjadi fenomena sosial terpopuler di Indonesia selama kurun waktu beberapa tahun yang lalu. Berbagai fenomena yang beririsan dengan ojol pun sangat ramai terjadi di Indonesia, sehingga membuat ojol menjadi fenomena tersendiri di Indonesia.

Maka dari itu, terinspirasi dari fenomena ojol, CodeXplore sebagai salah satu developer game indie asal Indonesia pun membuat game bernama Ojol The Game. Meskipun game ini baru eksis dan viral di awal tahun 2024, sebenarnya game ini sudah dibuat dan rilis sejak Januari 2021. Selain itu, CodeXplore pun sebelumnya telah merilis game serupa bernama 'Angkot D Game'.

Melalui game Ojol The Game, Sobat Gen akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan menjadi seorang driver ojol. Mulai dari menunggu orderan, mengambil atau menolak orderan, mengantar penumpang, sampai kecapean karena mengambil orderan. Dengan adanya game ini, setidaknya Sobat Gen akan merasakan experience menjadi seorang driver ojek online.

BACA JUGA: Seri Game Legendaris Grand Theft Auto akan Rilis Grand Theft Auto 6 2025 Mendatang

Kok Bisa Populer?

Sekarang, yang jadi pertanyaan adalah kenapa game yang sederhana dengan grafik yang kaku dan nggak bagus-bagus amat ini justru sukses menduduki peringkat 1 Google Play Store dengan total unduhan sebanyak 10 juta kali? Jawabannya sederhana. Karena game ini relatable dengan orang Indonesia.

Pada dasarnya kita sebagai manusia akan mudah tertarik dengan suatu hal yang dekat dengan kita. Dalam hal ini, ojol menjadi sebuah fenomena tersendiri di Indonesia, sehingga kita tahu persis bagaimana ojol ada di Indonesia. Dengan adanya game Ojol The Game, kkita merasakan sesuatu yang real, dekat, dan terjadi di hidup kita. Di Ojol The Game, Sobat Gen akan melihat nama-nama NPC yang merupakan nama orang Indonesia, Sobat Gen bisa melihat super mart khas Indonesia, Sobat Gen pun bahkan bisa melihat 'kelakuan' pengendara Indonesia. Sehingga, dengan adanya kedekatan ini lah yang akhirnya membuat kita merasa lebih 'terlibat' dalam suatu game. Karena, apa yang terjadi di game, terjadi juga di dunia nyata. 

BACA JUGA: Juarai Piala Asia eFootball: Indonesia Harus Kembali Perbanyak Warnet dan Rental PS!

Akan tetapi, selain karena game ini relatable dengan orang Indonesia. Peran-peran streamer seperti Windah Basudara untuk mempopulerkan game ini pun mengambil andil cukup besar. Sehingga, akhirnya Ojol The Game sukses menjadi game yang telah diunduh sebanyak 10 juta kali di Google Play Store. (*/)

(RRY)

banner