uploads/article/2023/12/promosi-lagu-lewat-tiktok--40974e8794b4207.png

Promosi Lagu Lewat TikTok, Emangnya Bisa? 

Jika dulu media sosial cuman digunakan untuk bersosial bersama teman, mutuals, atau orang random di media sosial. Kini, dengan terus berkembangnya media sosial, media sosial nggak lagi cuman jadi tempat untuk bersosial aja loh, Sobat Gen! Karena, kini banyak orang yang mempromosikan dagangannya di media sosial juga bukan? Mulai dari makanan ringan, catering, pakaian, dan lain sebagainya kini diperjual belikan juga di media sosial.

Maka dari itu, nggak heran kini banyak musisi yang menggunakan media sosial sebagai media promosi lagu-lagu mereka. Karena, selain reach audience yang jauh lebih besar, untuk musisi indie yang nggak punya sumber daya besar, tentunya promosi melalui media sosial tentunya nggak merogoh kocek yang membuat mereka rugi. 

Nah, ngomongin tentang musisi yang promosiin lagunya di media sosial. TikTok, dirasa menjadi salah satu platform media sosial yang paling direkomendasikan untuk mempromosikan lagu-lagu yang udah seorang musisi produksi. 

Akan tetapi, salah satu permasalahan musisi yang kayaknya layak untuk disepakati adalah mereka bisa membuat karya yang bagus, namun nggak bisa mempromosikan atau menjual karyanya dengan bagus. Makanya, melalui artikel ini penulis akan membagikan tips untuk Sobat Gen atau musisi-musisi di luar sana untuk bisa mempromosikan lagu atau karyanya melalui TikTok. 

BACA JUGA: 5 Lagu Populer di Tahun 2023 versi Gen FM 

Bikin Konten dengan Lagu yang Kamu Buat

TikTok nggak bisa dipungkiri menjadi media sosial yang memberikan Sobat Gen kebebasan untuk membuat konten. Tentunya, konten-konten yang ada di TikTok sendiri sangat bervariasi, dan tentunya variasi konten inilah yang bisa Sobat Gen manfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan lagu yang sudah dibuat.

Salah satu contohnya adalah Charlie Puth. Sobat Gen pastinya tau lagu Charlie Puth yang berjudul ‘Light Switch’ lan? Nah, salah satu konten promosi yang dilakukan Charlie Puth untuk mempromosikan lagunya adalah dengan membuat konten behind the scenes dari proses produksi lagu ‘Lights Switch’. Di sana, Charlie Puth menjelaskan bagaimana lagu ‘Lights Switch’ bisa tercipta. 

Atau, Sobat Gen bisa membuat konten sketsa atau kata-kata quotes yang dirasa relatable dengan lagu yang Sobat Gen produksi. Apalagi, kalau lagu Sobat Gen lagu galau, tentunya lagu yang Sobat Gen akan jauh diminati. 

BACA JUGA: Profil Perantaranya Band: Band Asal Kelapa Gading yang Sukses Menangkan Generasi Anak Band

Masukin Lagunya ke TikTok Music

Setelah Sobat Gen membuat konten dengan menggunakan lagu buatan Sobat Gen, jangan lupa masukan lagunya ke TikTok Music ya! Karena, nggak jarang lagu yang sudah dibuat menjadi konten justru nggak dimasukan ke dalam TikTok Music sehingga tidak visible atau tidak dapat digunakan oleh kreator lain.

Padahal, kans agar lagu Sobat Gen menjadi populer tentunya melalui konten-konten lain yang dibuat oleh kreator lainnya. Sehingga, memasukan lagu Sobat Gen ke dalam TikTok Music tentunya menjadi hal yang sangat krusial untuk mempromosikan lagu dari Sobat Gen.

Konsisten

Satu permasalahan yang akhirnya sering kali membuat lagu kita nggak populer di TikTok adalah inkonsistensi. Apabila Sobat Gen mau lagu Sobat Gen didengar oleh warga TikTok atau bahkan masyarakat Indonesia, Sobat Gen harus mempromosikan lagu tersebut secara konsisten.

Terlebih, promosi di TikTok pun sebenarnya nggak memakan biaya apapun juga kan? Pun kalau ada biayanya, biaya tersebut biasanya opsional sehingga nggak wajib untuk Sobat Gen gunakan. 

BACA JUGA: Salahkah Apabila Kita Melakukan Cover Terhadap Lagu Tertentu?

Nah Sobat Gen, tips-tips di atas adalah tips yang bisa Sobat Gen lakukan untuk mempromosikan lagu yang sudah Sobat Gen buat melalui platform media sosial TikTok. Dengan berkembangnya media sosial, tentunya hal tersebut pun akan semakin membantu para seniman yang kesulitan untuk mempromosikan karyanya ke masyarakat luas. (*/)

(RRY)

 

banner