uploads/article/2023/11/6-hal-yang-perlu-89342ae0107a7f2.png

6 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan ketika Ingin Menonton Konser!

Konser atau festival musik di Indonesia di sepanjang tahun 2023 memang nggak ada habisnya. Salah satu konser terbesar di Indonesia di tahun 2023 ini adalah konser Coldplay yang diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu, (15/11/2023) lalu.

Tentunya, hadirnya Coldplay bukan menjadi konser musik terbesar di Indonesia. Masih banyak konser atau festival musik lain yang tentunya nggak kalah besar. Bisa dibilang, menonton konser dan festival musik di Indonesia sudah menjadi ajang hiburan bulanan atau bahkan mingguan bagi masyarakat Indonesia.

Dengan semakin banyaknya konser dan festival musik di Indonesia, Kemeparekraf pun membagikan beberapa informasi penting untuk Sobat Gen terkait safety procedure, dan do's and dont's ketika Sobat Gen sedang berada di konser atau festival musik.

BACA JUGA: Dari Andmesh Sampai Godbless: 21 Musisi Nasional akan Ramaikan Everyday Festival 2023 Desember Nanti 

Lantas, sebenarnya apa saja tips yang dibagikan oleh kementerian yang menaungi ekonomi kreatif seperti festival musik ini?

Kenali Venue Konser

Tentunya, setiap konser atau festival musik yang diselenggarakan memiliki berbagai kelas dan kategori yang berbeda. Selain itu, dengan ragam kategori yang tersedia, sering kali beberapa konser atau festival musik membedakan gate masuk para pemilik tiket. Biasanya, tujuan diterapkannya hal tersebut adalah untuk mencegah kerumunan antar penonton dari setiap kategori tiket. Sehingga, rasanya pemahaman mengenai denah dari venue konser atau festival musik menjadi hal yang cukup krusial.

Sobat Gen biasanya dapat mengakses denah venue melalui media sosial, website promotor, dan berbagai platform yang disediakan oleh penyelenggara. Coba perhatikan denah yang dikeluarkan penyelenggara untuk melihat gate atau pintu masuk, pintu keluar, titik kumpul, maupun lokasi toilet umum.

Datang Lebih Awal

Selain mengenai venue konser atau festival musik. Selanjutnya, Sobat Gen dapat datang lebih awal atau sebelum open gate. Sobat Gen bisa meluangkan waktu minimal 2 jam lebih awal dari jadwal konser berlangsung.

BACA JUGA: 5 Istilah yang Seringkali Kamu Lihat di Konser dan Festival Musik 

Tujuan dari datang lebih awal ini sebenarnya sebagai bentuk upaya untuk mencegah diri dari antrean panjang, mendapatkan spot yang lebih bagus, dan juga memberikan Sobat Gen kesempatan untuk berfoto terlebih dahulu di sekitar venue.

Antre dengan Tertib

Kemenparekraf pun menghimbau untuk tetap menjaga ketertiban selama masa mengantre masuk ke dalam venue konser. Karena, ketika Sobat Gen memilih untuk rusuh ketika mengantre. tentunya hal tersebut akan mengganggu pemilik tiket lain, membuat nggak nyaman. dan membuat suasana menjadi nggak kondusif.

Patuhi Aturan Konser

Untuk memastikan agar konser tetap nyaman dan lancar, penyelenggara umumnya menetapkan sejumlah peraturan yang berlaku selama acara tersebut. Oleh karena itu, sebagai penonton, penting bagi Sobat Parekraf untuk memahami dan mengikuti panduan do's and don'ts yang berlaku.

Salah satu aturan dasar yang harus dipatuhi ketika menonton konser adalah menjaga kebersihan di sekitar lokasi dengan nggak membuang sampah sembarangan. Selain itu, perlu diperhatikan barang apa yang diperbolehkan dan nggak diperbolehkan dibawa selama konser, serta pentingnya menjaga sikap yang sesuai selama acara berlangsung. Seluruh pengunjung diharapkan untuk mematuhi ketentuan terkait pengambilan gambar dan aturan-aturan lain yang ditetapkan untuk memastikan berjalannya konser dengan baik.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Sebenarnya, pakaian ketika ingin menonton konser atau festival musik bisa disesuaikan dengan venue dari konser atau festival musik itu sendiri. Karena, nggak jarang konser pun diadakan secara eksklusif di ruangan indoor dengan tempat duduk yang nyaman. Sehingga, menggunakan pakaian formal pun bukan menjadi masalah.

BACA JUGA: 5 Barang yang Wajib Kamu Bawa Ketika Menonton Konser! 

Akan tetapi, umumnya konser atau festival musik diadakan di tempat outdoor tanpa tempat duduk. Sehingga, pemilihan pakaian menjadi hal yang krusial ketika Sobat Gen ingin menonton konser.

Nikmati Momen

Menyelami setiap detil dari awal hingga akhir acara merupakan saran penting yang nggak boleh diabaikan saat menikmati konser musik. Meskipun diperbolehkan untuk mengabadikan momen melalui foto dan video, disarankan agar nggak berlebihan atau terlalu sering melakukannya. Tindakan ini bertujuan agar pengalaman menonton konser tetap optimal dan nggak menghambat pandangan penonton lain.

Nah Sobat Gen, tips di atas adalah tips menonton konser atau festival musik yang dibagikan oleh Kemenparekraf. Yang terpenting, pastikan Sobat Gen datang dengan bijak dan tertib dengan menaati segala peraturan yang ada ya! (*/)

(RRY)

banner