uploads/article/2023/10/bukan-hanya-kaskus-berikut-934830e898dd011.png

Bukan Hanya Kaskus, Berikut 3 Platform yang Memungkin Kamu untuk Membangun Forum Diskusi

Bagi Sobat Gen yang besar di era 2010an mungkin mengenal Kaskus sebagai forum platform untuk berbagai komunitas membahas segala hal yang ada di dunia. Dari hadirnya Kaskus di Indonesia, muncul komunitas dan juga berbagai forum diskusi yang membahas segala isu yang menjadi populer atau permasalahan di Indonesia. 

Kini, nyatanya nggak cuma Kaskus aja yang menjadi forum diskusi online di Indonesia. Nyatanya, kini muncul berbagai forum diskusi online lain yang memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk saling berdiskusi dengan orang lain. 

BACA JUGA: Bikin Konten tapi Nggak Pernah Viral? Ikuti 3 Langkah Ini! 

Lantas, sebenarnya apa saja platform forum diskusi yang kini populer di Indonesia? 

1. Quora 

Untuk Sobat Gen yang memiliki banyak pertanyaan dalam hidup, Sobat Gen bisa mencoba bertanya di Quora. Quora adalah platform tanya jawab online yang dirilis pada tahun 2009. Melalui Quora, Sobat Gen dapat mengajukan pertanyaan sekaligus jawaban dari komunitas pengguna Quora.

“Terus, kita bisa nggak ngejawab pertanyaan orang?”

Tentunya bisa. Selain bertanya, Sobat Gen pun bisa memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna lainnya. Jadi, Sobat Gen nggak melulu harus bertanya apabila ingin masuk ke dalam forum diskusi yang ada di Quora. 

Biasanya, pembahasan yang ada di dalam Quora adalah pembahasan yang membahas hal-hal umum. Namun, Quora pun nyatanya memiliki pengguna dari berbagai latar belakang, sehingga pembahasan yang ada di dalam forum diskusi Quora pun beragam. 

Sobat Gen pun tidak perlu khawatir dengan jawaban yang diberikan oleh pengguna Quora. Karena, beberapa pengguna Quora pun merupakan seorang ahli atau profesional dari suatu bidang. Sehingga, Quora nggak melulu berisikan orang-orang sotoy ya! 

2. Facebook

Selain menjadi media sosial, Facebook nyatanya menjadi salah satu platform forum diskusi yang masih aktif hingga sekarang. Sebagaimana yang Sobat Gen tahu, di Facebook terdapat berbagai forum atau komunitas yang membahas mengenai berbagai topik tertentu. Sehingga, Sobat Gen pun dapat bergabung dengan salah satu komunitas yang memang Sobat Gen pahami. 

Komunitas di Facebook pun sebenarnya 11-12 dengan forum yang ada di Kaskus. Sebenarnya, beberapa pengguna Kaskus pun mulai berpindah ke komunitas Facebook, karena lebih ramai dibandingkan Kaskus. 

3. Discord

Discord memang bukan platform yang spesifik dibuat untuk menciptakan komunitas atau forum diskusi. Sebenarnya, Discord merupakan aplikasi chatting yang biasanya digunakan oleh para gamers. Namun, karena di Discord Sobat Gen diberikan kesempatan untuk membuat room dengan pengguna lainnya, akhirnya Discord kini menjadi salah satu platform yang digunakan untuk membangun suatu komunitas.

BACA JUGA: Jauh Sebelum Kepopuleran TikTok, Berikut  Media Sosial yang Sempat Populer di Dunia! 

Memang, dari segi topik Discord memiliki topik diskusi yang cukup eksklusif. Karena, pada dasarnya Discord memang populer di kalangan gamers. Makanya, topik obrolan di Discord biasanya membahas mengenai games, anime, tech, dan lain sebagainya. 

Tiga platform tersebut adalah platform yang umumnya digunakan untuk membentuk komunitas dan juga membuka forum diskusi. Selain tiga platform di atas, sebenarnya untuk membuka komunitas atau forum diskusi pun Sobat Gen nggak harus hanya mengandalkan ketiga platform tersebut. Karena, pada dasarnya segala aplikasi sosial tentunya memungkinkan Sobat Gen untuk membentuk komunitas yang dapat dimanfaatkan untuk membuka forum diskusi bersama. (*/)

(RRY)

 

banner