uploads/article/2023/09/3-alasan-mengapa-one-52969162a0c8833.png

3 Alasan Mengapa One Piece Masih Konsisten Mempertahankan Kepopulerannya

Dari sekian banyak anime-manga yang tengah populer baik di dunia maupun Indonesia, terdapat satu anime-manga yang tampaknya tidak pernah kehabisan masa kepopulerannya. One Piece, anime-manga legendaris yang rasanya menjadi satu-satunya dari anime Big Three (Bleach, Naruto, One Piece) yang jalan ceritanya masih berjalan atau belum tamat.

Jika Uzumaki Naruto dan Ichigo Kurosaki sudah memiliki anak, Monkey D. Luffy justru masih asyik mencari harta karun legendaris peninggalan Gol D. Roger, yaitu ‘One Piece’. 

One Piece sendiri memulai perjalanannya sudah sejak lama, manganya sudah ada sejak 1997 dan animenya sudah mengudara sejak 1999. Bisa dibilang, untuk anak yang tumbuh di tahun 90an dan 2000an, One Piece menjadi anime-manga legendaris yang masih mereka nikmati hingga sekarang. Bahkan, One Piece pun kini memiliki versi live actionnya yang ditayangkan oleh Netflix.

BACA JUGA: The Boy and the Heron: Karya Terakhir dari Hayao Miyazaki

Lantas, selama kurun waktu 26 tahun terakhir ini, mengapa One Piece masih menjadi anime-manga terpopuler? 

1. Cerita yang Belum Selesai 

Faktor utama yang akhirnya membuat One Piece tidak kehilangan kepopulerannya meskipun arus anime-manga new gen terus bermunculan adalah cerita yang belum selesai.

Sederhananya, bagaimana sebuah anime-manga kepopuleran bisa ‘tamat’ kalau ceritanya sendiri belum tamat? Dari total 1091 chapters anime dan 1074 episode anime, nyatanya alur cerita One Piece masih terus berjalan. 

Meskipun sempat ‘time skip’ selama 2 tahun, pada kenyataannya konflik dari cerita One Piece tetaplah sama. Sampai ke Laugh Tale dan menemukan One Piece. Dan sampai sekarang pun, Eiichiro Oda selaku komikus dari One Piece pun belum pernah memberikan sneak peek mengenai apa itu ‘One Piece’. Sehingga, rasa penasaran bagi mereka yang mengikuti One Piece pun terus ada bahkan sejak mereka pertama kali mengikuti anime-manga tersebut. 

2. Banyaknya Misteri yang Belum Terpecahkan

Alur cerita One Piece pada dasarnya sangatlah kompleks, dan kekompleksan cerita tersebut didukung dengan berbagai misteri yang belum terpecahkan pada anime-manga tersebut. Mulai dari rahasia arti nama ‘D’, siapa itu Joy Boy, kekuatan Monkey D. Dragon (ayah Luffy), dan lain sebagainya. 

Maka dari itu, dengan adanya elemen misteri yang belum terpecahkan, pada akhirnya One Piece masih sukses mempertahankan kepopulerannya. Karena, pada kenyataannya masih banyak misteri yang belum terjawab dari anime-manga tersebut.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Series On Going yang Bisa Kamu Tonton! 

3. Cerita yang Relatable dengan Dunia Nyata

Meskipun pada dasarnya kisah yang ada di dalam One Piece adalah kisah fiksi, namun pada kenyataannya beberapa bagian dari kisah di One Piece cukup relatable dengan keadaan di dunia nyata.

Bagaimana Eiichiro Oda membuat premis, bajak laut yang dicap musuh masyarakat namun bersikap baik terhadap masyarakat, dan bagaimana sosok marineford yang dianggap baik, namun justru seringkali bersikap semena-mena nyatanya seringkali dianggap memiliki kesamaan dengan apa yang di dunia nyata.

Selain itu, One Piece pun mengangkat isu-isu sosial yang relateable dengan apa yang ada di dunia nyata. Mulai dari, ras manusia ikan yang membahas mengenai rasisme, dan perbudakan, sampai ke kasus Tenryuubito yang membahas mengenai abuse of power dari orang yang memiliki kekuasaan.

Dengan adanya cerita-cerita yang relatable ini, One Piece dirasa mampu mempertahankan kepopulerannya, meskipun makin banyak anime-manga dengan judul baru bermunculan. 

3 alasan tersebut rasanya menjadi alasan mengapa One Piece tetap eksis dan populer meskipun telah menjadi anime-manga yang sudah ada sejak lama. Jadi, untuk kalian SObat Gen yang juga Nakama jangan lupa untuk terus menyaksikan Luffy mengejar impiannya menjadi Raja Bajak Laut ya! (*/)

 

banner