uploads/article/2023/10/3-alasan-kenapa-cowok-33774aad217db0f.png

3 Alasan Kenapa Cowok Harus Pake Skin Care!

Sobat Gen, pernahkah kalian mendengarkan kalimat, “Cowok kok pake skincare”. Kalimat ini umumnya ditemukan di berbagai kolom komen media sosial. Seringkali, seorang cowok dianggap kurang maskulin apabila menggunakan produk-produk skin care. Anggapan masyarakat mengenai skin care hanyalah untuk perempuan pun rasanya adalah hal yang keliru.

Menggunakan produk-produk skin care pada dasarnya adalah cara seorang manusia untuk merawat kulitnya. Dan tentunya, penggunaan skin care tidak dibatasi dengan jenis kelamin seseorang. Sehingga, pada akhirnya siapapun berhak menggunakan skin care untuk menjaga kesehatan  kulit mereka. 

Selain untuk menjaga kesehatan, tentunya terdapat alasan-alasan lain untuk para cowok untuk menggunakan skin care. Apa saja alasan tersebut?

BACA JUGA: Kenapa Cowok Jarang Curhat? 

1. Aktivitas di Luar Ruangan

Cowok umumnya seringkali beraktifitas di luar ruangan. Sehingga, seringkali kulit seseorang cowok langsung terpapar sinar matahari yang tentunya dapat mengganggu kesehatan kulit. 

Dengan demikian, menggunakan skin care rasanya menjadi hal wajib untuk para cowok. Karena kembali lagi, produk-produk skin care bukanlah produk kecantikan, melainkan kesehatan. Sehingga, dengan menggunakan skin care para cowok sama saja dengan menjaga kesehatan kulit mereka. 

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kerutan pada kulit muncul akibat berkurangnya kolagen akibat penuaan atau terlalu banyak terpapar sinar UV. Dengan menjalankan rutinitas perawatan kulit, kita dapat mencegah masalah ini dan membuat kulit terlihat lebih muda.

Noda di wajah yang disebabkan oleh jerawat, komedo, atau bekas luka dapat dihapus dengan menggunakan pembersih wajah dan pelembab. Penting untuk memilih produk yang cocok dengan jenis kulit kita agar hasilnya optimal.

Paparan sinar UV dapat mengakibatkan kulit terbakar, munculnya bintik hitam, dan tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, ini juga bisa menyebabkan keratosis aktinik, yaitu benjolan kecil yang kasar dan bersisik, yang mungkin merupakan indikasi awal dari risiko kanker kulit.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kulit wajah yang tampak kusam dan mengalami jerawat seringkali dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri pada pria. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk melakukan perawatan kulit secara teratur. Pastikan memilih produk perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit Sobat Gen.

Setelah memahami alasan untuk menggunakan skin care, Sobat Gen perlu memahami bagaimana tahapan-tahapan penggunaan skin care pada kulit Sobat Gen nih. Berikut ini tata cara mengaplikasikan skin care ke kulit muka Sobat Gen:

BACA JUGA: Alasan Mengapa Anak Muda Jaman Sekarang Menyukai Tren-Tren Klasik dan Juga Old School

1. Facial Wash

Sobat Gen sebaiknya membersihkan wajah dengan facial wash minimal dua kali sehari. Lebih baik pilih pembersih wajah yang memiliki formula lembut yang cocok dengan jenis kulit Sobat Gen. Jika kulit Sobat Gen cenderung berminyak dan rentan terhadap penyumbatan pori-pori, disarankan untuk memilih facial wash yang mengandung butiran eksfoliasi atau scrub untuk membantu mengangkat kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori. Eksfoliasi ini efektif dalam membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan cerah.

2. Pelembab

Setelah membersihkan wajah dengan facial wash, keringkan dengan lembut menggunakan handuk atau tisu, dan selanjutnya terapkan pelembab. Tujuan dari langkah ini adalah untuk menjaga kelembaban kulit agar terasa lebih elastis dan sehat. Pastikan untuk mengoleskannya dengan merata, termasuk ke bagian leher.

3. Tabir Surya

Tahap akhir dalam perawatan adalah penggunaan tabir surya. Produk perawatan kulit pria ini berfungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV saat berkegiatan di luar ruangan. Keuntungan lainnya adalah mencegah kulit dari terbakar, mencegah penuaan kulit, dan mengurangi risiko kanker kulit.

Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 yang cocok dengan jenis kulit Sobat Gen. Penggunaan tabir surya sebaiknya dilakukan setiap hari, terutama saat Sobat Gen beraktivitas di luar ruangan.(*/)

(RRY)

banner