uploads/article/2023/09/valak-kembali-meneror-masyarakat-7121018f365a00e.png

Valak Kembali Meneror Masyarakat Melalui Film The Nun II

Sejak pertama kali muncul pada film ‘The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist’ di tahun 2016, sosok ‘Valak’ menjadi salah satu entitas menakutkan dari The Conjuring universe. Bukan hanya menakutkan, sosok Valak bisa dibilang menjadi sosok entitas paling ikonik dari universe tersebut.

Setelah sukses ‘menghantui’ sejak tahun 2016, kini Valak kembali lagi melalui film The Nun II. Film yang disutradarai oleh Michael Chaves ini sudah tayang sejak 6 September kemarin dan masih tayang hingga hari ini (11/09/2023).

BACA JUGA:Talk To Me: Film Horor dengan Cerita Klasik yang Mampu Membuat Penonton Ketakutan

Sinopsis The Nun II

Valak kembali menimbulkan ketakutan di dunia The Conjuring melalui sekuelnya, The Nun 2. Film ini tetap menampilkan para pemeran utama dari The Nun sebelumnya, seperti Taissa Farmiga, Jonas Bloquet, dan Bonnie Aarons yang memerankan karakter iblis Valak.

The Nun II melanjutkan cerita dari peristiwa dalam The Nun (2018) dan menjadi film kesembilan dalam franchise The Conjuring yang telah berusia satu dekade sejak The Conjuring pertama kali dirilis pada tahun 2013.

Cerita The Nun 2 berlokasi di Perancis pada tahun 1956. Kisah dimulai dengan pembunuhan seorang pendeta yang kemudian menjadi pemicu teror yang menyebar. Suster Irene, yang diperankan oleh Taissa Farmiga, sekali lagi harus menghadapi kekuatan jahat yang sangat kuat, yaitu Valak, biarawati iblis yang menyeramkan.

Kali ini, Suster Irene menghadapi ancaman yang lebih mengerikan. Bersama Suster Debra, mereka memulai sebuah misi yang membawa mereka ke berbagai tempat. Tujuan misi mereka adalah melacak dan menghentikan Valak.

Perjalanan mereka membawa mereka ke sebuah biara tua yang telah diubah menjadi sekolah perempuan. Namun, segera mereka menyadari bahwa ada sesuatu yang sangat tidak beres di sekolah tersebut.

Ternyata, Valak masih ada dan bersembunyi di dalam tubuh Maurice, seorang teman dari Suster Irene yang bekerja sebagai karyawan di sekolah tersebut.

BACA JUGA: Talk To Me: Film Horor dengan Cerita Klasik yang Mampu Membuat Penonton Ketakutan 

Kembalinya Sosok Valak

Valak bisa dibilang menjadi salah satu entitas iblis ikonik dalam universe The Conjuring. Soso fisiknya yang merupakan antitesis dari sosok biarawati yang dekat dengan tuhan memberikan efek horor yang jauh lebih menyeramkan dibandingan dengan sosok-sosok entitas iblis lainnya. 

Sosok Valak sendiri merupakan sosok entitas iblis yang dibuat oleh James Wan selaku sutradara The Conjuring 2 dengang mengambil referensi dari sebuah demonologi. 

Valak dalam demonologi nyatanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok jika dibandingkan dengan Valak di dalam universe The Conjuring. Jika sosok Valak di universe The Conjuring digambarkan sebagai sosok iblis yang menyamar sebagai seorang biarawati, dalam demonologi sosok Valak justru digambarkan sebagai sosok anak kecil bersayap yang menaiki naga berkepala dua.

Hadirnya Valak di The Nun II sebagai salah satu sosok entitas iblis di The Nun II tentunya menjadi poin plus tersendiri bagi film ini. Sosok Valak sebagai entitas iblis yang ikonik tentunya makin menarik penonton untuk menonton film tersebut.

(RRY)

 

banner