uploads/article/2023/09/aplikasi-streaming-film-dan-22405780cbd6a95.png

Aplikasi Streaming Film dan Pengaruhnya terhadap Gaya Hidup Masyarakat Indonesia

Sejak internet semakin berkembang pesat di Indonesia, berbagai aneka layanan streaming online pun mulai bertebaran. Mulai dari aplikasi streaming musik, TV online, dan tentunya aplikasi streaming film.

Aplikasi streaming film pun kini makin bertambah jumlahnya. Nama-nama seperti Netflix, Disney+, VIU, Vidio, dan masih banyak lainnya menjadi alternatif aplikasi streaming film untuk masyarakat Indonesia. 

Kehadiran aplikasi-aplikasi streaming film ini pun nyatanya mempunyai dampak terhadap gaya hidup masyarakat Indonesia. Tanpa disadari, terjadi perubahan-perubahan pada gaya hidup masyarakat Indonesia pasca hadirnya aplikasi-aplikasi streaming film ini.

BACA JUGA: Gigs: Tempat Kecil untuk Melahirkan Musisi Besar 

Lantas, sebenarnya apa aja sih perubahan yang terjadi pada gaya hidup masyarakat Indonesia pasca hadirnya aplikasi streaming film di Indonesia?

Berkurangnya Kebiasaan Nonton bioskop

Dulu, rasanya menonton film di bioskop menjadi kegiatan wajib yang dilakukan ketika kita sedang hangout bareng keluarga maupun teman. Namun, sejak hadirnya aplikasi streaming film, rasanya nonton bioskop bukan lagi menjadi kegiatan wajib yang dilakukan ketika kita sedang kumpul bersama teman ataupun keluarga.

Karena, pada kenyataannya, aplikasi streaming film ini pun nyatanya menyajikan berbagai film yang tayang di bioskop. Meskipun penayangannya tidak sama dengan bioskop, namun seringkali karena menganggap film tersebut akan tayang di aplikasi streaming film tersebut, kita cenderung memilih untuk menonton film tersebut di aplikasi streaming film.

Harga yang relatifnya jauh lebih murah, kenyamanan menonton dari rumah, dan lain sebagainya akhirnya menjadi keuntungan dari menonton film di aplikasi streaming film dibandingkan menonton di bioskop. 

Membuat Orang Lebih Mager

Baik buruknya mager sebenarnya kembali lagi ke konteksnya. Mager apabila sedang memiliki pekerjaan dan tanggung jawab adalah hal yang buruk. Namun, mager ketika weekend dengan tujuan ingin bersantai pada dasarnya bukanlah hal yang buruk juga. 

Salah satu kegiatan positif ketika mager adalah dengan menonton film. tentunya, ketika kalian mager pergi ke bioskop adalah hal yang malesin banget. Namun, dengan hadirnya aplikasi streaming film, kalian dapat mengisi kemageran kalian dengan menonton film yang memang ingin ditonton.

Namun, jangan karena terlalu mager dan asyik menonton kalian lupa waktu ya! beri kesempatan untuk tubuh kalian untuk bergerak meskipun hanya gerakan sederhana saja agar tubuh kalian tidak kaku dan juga tidak mudah lelah.

BACA JUGA: Influencer di Indonesia: Banyak Drama atau Penonton Kita Butuh Drama? 

Mulai Berlangganan Aplikasi Legal

Sejak hadirnya aplikasi streaming film di Indonesia, perlahan masyarakat Indonesia mulai meninggalkan berbagai web ilegal yang membajak film-film yang tayang di bioskop. Perlahan, masyarakat Indonesia mulai menghargai suatu karya dengan membeli atau berlangganan di aplikasi streaming film.

Meskipun belum semua masyarakat Indonesia melakukan hal tersebut, tapi setidaknya munculnya kesadaran ini menjadi hal yang baik bagi industri film di Indonesia. 

Pada dasarnya, harga berlangganan pada aplikasi streaming film relatif terbilang murah. Selain itu, kalian pun nyatanya dapat berlangganan dengan patungan bersama teman atau keluarga kalian. Karena, kini banyak aplikasi streaming film yang menawarkan opsi sharing account , sehingga pengguna aplikasi streaming film tersebut bisa lebih dari satu orang. 

Pada akhirnya, kehadiran aplikasi streaming film di Indonesia menjadi salah satu dari dampak positif dari kemajuan internet di Indonesia. Dan tanpa disadari, nyatanya kehadiran aplikasi streaming film pun memberikan perubahan yang mengarah ke hal yang baik terhadap gaya hidup masyarakat Indonesia. 

(RRY)

 

banner