uploads/article/2023/08/pengen-diet-tapi-bingung-7036922ee1ce61e.png

Pengen Diet Tapi Bingung Mulai dari Mana? 

Salah satu dari sekian banyaknya masalah dari masalah kita adalah berat badan. Seringkali, ketika menimbang berat badan, kita merasa shock dengan berat badan kita yang kita anggap lebih berat dari biasanya. Dan biasanya, setelah shock dengan berat badan yang kita miliki, kita akan mulai memiliki pikiran untuk melakukan diet. 

Tapi, pada kenyataannya, diet tidak semudah dengan apa yang ada dalam pikiran kita. Pada kenyataannya, banyak orang yang gagal menjalani diet dengan alasan yang berbeda-beda. Mulai dari kesibukan, badan mudah lelah, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, ada salah pengertian dari diet itu sendiri. Banyak dari kita yang menganggap diet sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Namun, pada kenyataannya diet sendiri sebenarnya bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengatur pola makan. Jadi, menganggap diet hanya sebagai cara untuk menurunkan badan adalah hal yang keliru.

Lalu, jika ingin diet, baiknya mulai dari mana? 

BACA JUGA: 4 Tips yang dapat Dilakukan untuk Kalian Para Pejuang Skripsi 

1. Niat

Niat akan selalu menjadi langkah awal ketika kita ingin melakukan sesuatu, termasuk diet. Karena, niat inilah yang akhirnya menentukan seberapa serius keinginan kita untuk melakukan diet. Jadi, sebelum melakukan diet, kalian harus memupuk niat tersebut dulu ya!

2. Memilih Pola Makan yang Sesuai

Setelah kita sukses mengumpulkan niat, kita dapat memulai untuk memilih dan juga mengatur pola makan untuk diet yang kita jalani. Hal ini tentunya harus diperhatikan, karena pada dasarnya pola makan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kebiasaan dan juga nutrisi yang dibutuhkan.

Sehingga, rasanya berkonsultasi dengan ahli nutri menjadi hal yang perlu dilakukan untuk memulai mengatur pola makan yang ingin kita lakukan untuk diet yang akan kita jalankan. Jangan sampai, pola makan yang kalian lakukan tidak didasari dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh badan kalian ya!

3. Mengatur Pola Olahraga

Olahraga bisa dibilang menjadi salah satu aspek dalam diet yang kita jalani. Dan tentunya, sama seperti pola makan, olaharaga yang akan kita lakukan harus disesuaikan dengan kebutuhan yang kita butuhkan.

Jangan sampai, olahraga ini justru menjadi boomerang bagi tubuh kita, yang akhirnya berujung ke cidera atau justru membawa penyakit bagi tubuh kita.

BACA JUGA: Orang Indonesia nggak Sabaran? Emang Iya? 

4. Jadikan Rutinitas

Setelah niat sudah terkumpul, rencana pola makan dan olahraga sudah ada, yang perlu kita lakukan adalah tinggal melakukan diet tersebut secara rutin. Karena, ketika kita melakukan hal tersebut secara rutin, lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan bagi tubuh kita. Sehingga, apabila kita miss satu kali, badan kita akan merasakan dampak akibat miss tersebut. 

5. Komitmen

Diawali dengan niat, ditutup dengan komitmen. Membuat komitmen dengan diet adalah langkah penting untuk mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran untuk tubuh kalian. Ketika kita sudah berkomitmen untuk diet, pastinya rasa ingin berhenti untuk diet akan sirna karena keinginan yang kuat untuk hidup sehat.

5 hal tersebut pada dasarnya merupakan langkah awal untuk memulai diet untuk kesehatan tubuh dan mental kita. Jangan pernah takut untuk memulai sesuatu, terlebih apabila hal tersebut merupakan hal yang positif bagi diri kita. 

(RRY)

banner